Minggu, 30 Juli 2023

Asyiknya Wisata ke Pantai Bandengan Jepara Jawa Tengah

Asyiknya Wisata ke Pantai Bandengan Jepara Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Anda bingung memilih tempat wisata alam yang indah? Di Jepara terdapat begitu banyak objek wisata alam yang begitu indah salah satunya adalah Pantai Tirto Samodra atau Pantai Tirto Samudro. Masyarakat mengenal Pantai Tirto Samodra ini dengan nama Pantai Bandengan. Pantai ini terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Jepara. Kenapa disebut dengan Pantai Bandengan ? Sebutan nama Pantai Bandengan ini erat kaitannya dengan salah satu legenda asal usul kepulauan pulau karimunjawa, yang dalam legenda dikisahkan Amir Hasan putra Sunan Muria yang diperintahkan untuk pergi memperdalam dan sekaligus mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan yang lantas pantainya biasa juga disebut sebagai Pantai Bandengan. Sejarah asal mula Pantai Bandengan tersebut sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas khususnya warga Jepara.

Pantai Bandengan Jepara Jawa Tengah

Pantai Bandengan Jepara Jawa Tengah



sunset di pantai bandengan jepara

fasilitas bermain di pantai bandengan jepara
Gambar pantai bandengan jepara


Pantai Tirto Samodra berlokasi di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pantai ini memiliki air yang begitu bersih dan jernih berwana hijau kebiruan serta hamparan pasir putih yang begitu halus. Pantai Tirto Samodra ini terletak dipesisir pantai utara Jawa sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke pantai ini. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata di kota Jepara yang banyak dikunjungi wisatawan pada musim liburan tiba selain pantai-pantai lain di Jepara seperti Pantai Kartini, Pantai Pungkruk, Karimunjawa dll.

Pantai Bandengan termasuk dalam deratan pantai utara Jawa, dimana memiliki ciri khas ombaknya tidak terlalu besar. Hal ini membuat Pantai Bandengan asyik untuk dijadikan ajang bermain bersama keluarga. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana air mulai dari menaiki perahu, bermain air dengan menggunakan ban dan juga bermain banana boat. Disini anda juga bisa menikmati pesona panorama laut yang begitu indah dan cantik seperti matahari terbenam dan matahati terbit yang sayang untuk anda lewatkan.

Fasilitas Pantai Bandengan Jepara  

Di Pantai Tirto Samodra ini juga terdapat resort, penginapan dan juga hotel. Jika anda ingin berlibur dan menginap disini, beberapa penginapan yang ditawarkan disini diantaranya adalah :

·    Hotel Bandengan Beach
·    Paradise Beach Resort
·    Villa Pantai Mororejo
·    Sunset Resto & Bungalow

Selain itu di Pantai Bandengan juga terdapat banyak fasilitas untuk memberi kenyamanan pengunjung yaitu :
Gazebo pantai
Lahan parkir
Toilet
Mushola
Area food court

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan Jepara

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Bandengan Jepara pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 7000 rupiah per orang pada hari biasa dan 10000 pada hari weekend. Selain tiket masuk pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas lain dengan tarif sebagai berikut :
Banana Boat : Rp 50.000,-
Sewa Ban : Rp 10.000,-
Jetski : Rp 60.000,-
ATV : Rp 25.000,-/15 menit
Kano : Rp 25.000,-
Sewa tikar : Rp 10.000,

Anda juga dapat ke Pantai Panjang Jepara melalui Pantai Bandengan dengan menyewa perahu dengan harga sekitar 100.000 rupiah. 

Demikian tadi Asyiknya Wisata ke Pantai Bandengan Jepara Jawa Tengah, Jadi anda tidak perlu khawatir lagi untuk berkunjung ke Pantai Tirto Samodra ini. Semoga info yang saya berikan ini berguna dan bagi anda tertarik dengan keindahan Pantai Tirto Samodra anda bisa langsung mengunjunginya. Selamat berlibur dan berkunjung.