Rabu, 15 Januari 2020

Asyiknya Nongkrong di Alun Alun Pati Yang Baru

Asyiknya Nongkrong di Alun Alun Pati Yang Baru, Tempat Wisata Terindah - ALun-alun Pati sejak dulu sudah menjadi salah satu lokasi favorit warga masyarakat Pati yang ingin menghabiskan waktu terutama di malam hari. Alun-alun Pati dulunya banyak sekali dipenuhi para pedagang asongan. Pedagang ini menjajakan berbagai makanan dan juga barang-barang lain seperti mainan, pakaian dll. Keberadaan pedagang ini sebenarnya di satu sisi menguntungkan bagi warga pati karena dapat memenuhi kebutuhan para pengunjung alun-alun pati. Jadi ketika sedang jalan-jalan ke Alun-alun kemudian merasa lapar maka bisa langsung memilih berbagai makanan yang tersedia di alun alun tersebut mulai dari Nasi gandul, soto kemiri, nasi sop, nasi goreng, ayam goreng, empek-empek Pati dll. Para pedagang yang berjualan disana pun sudah pasti senang karena dapat meraup keuntungan sehingga bisa membantu perekonomian keluarga. Namun disisi lain keberadaan pedagang ini menjadikan Alun-alun Pati menjadi terlihat penuh sesak dan kurang tertata.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Pati mengambil inisiatif untuk memindahkan para pedagang yang ada di Alun-alun Pati dan juga pedagang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.Para pedagang ini dipindahkan di area belakang GOR Pesantenan Pati yang disulap menjadi pusat Kuliner Pati. Alun alun Pati yang sudah sepi pedagang kemudian dilakukan revitalisasi. Ada berbagai ornamen yang ditambahkan disekitar Alun-alun Pati. Berbagai lampu hias juga ditambahkan sehingga tampak lebih meriah lagi.

Peresmian Alun-alun Pati


Hal itu tentunya membuat warga Pati penasaran, perubahan seperti apa yang diberikan pada Alun alun kebanggaan warga pati ini. Pada hari peresmian Alun-alun Pati yaitu pada Hari Sabtu tanggal 30 November 2019 banyak warga pati yang menyerbu alun alun untuk mengetahui hasil dari Revitalisasi ini. Pembukaan alun-alun Kota Pati dilakukan dengan emecahan rekor MURI yaitu meminum kopi organik terbanyak di Indonesia. Tercatat ada sekitar 15.000 orang yang ikut berpartisipasi dalam pemecahan rekor ini. Pemecahan rekor ini sekaligus dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Pati untuk memperkenalkan produk kopi khas Pati yang bersal dari daerah Jolong.
Dengan wajah baru ALun-alun Pati ini kira kira bagaima
na ya respon masyarakat ? Menurut kami dengan wajah baru alun-alun ini menjadikan alun-alun menjadi tampak lebih bersih dan mewah. Waktu yang paling baik untuk berkunjung adalah malam hari karena pada malam hari ada berbagai macam lampu hias yang menghiasi Alun-alun pati. Di area sebelah timur terdapat Tulisan besar "Alun-alun Pati", pada malam hari di lokasi ini dapat dimanfaatkan sebagai foto bersama dan kalau beruntung pada saat-saat tertentu di tempat ini ada orang yang berpakaian kostum robot, upin ipin dll.

Foto Alun-alun Pati Malam Hari






Foto Alun-alun Pati Malam Hari

Foto Alun-alun Pati Malam Hari

Foto Alun-alun Pati Malam Hari

Foto Alun-alun Pati Malam Hari

Foto Alun-alun Pati Malam Hari

Foto Alun-alun Pati Malam Hari

Foto Alun-alun Pati Malam Hari

Namun jika anda ingin nongkrong di ALun-alun pati siap-siap saja kalau lapar tidak ada pedagang yang berjualan seperti dulu. Hal ini perlu difikirkan oleh Pemerintah Kabupaten Pati agar dapat menyediakan sentra kuliner di sekitar ALun-alun sehingga bisa menjadi tempat makan pengunjung Alun-alun Pati.