7 Tempat Wisata Goa yang Indah di Gunung Kidul Yogyakarta

shares |

7 Tempat Wisata Goa yang Indah di Gunung Kidul Yogyakarta, Tempat Wisata Terindah - Pernah mengunjungi wisata pantai di Gunung Kidul ? Pasti seru ya karena Gunung Kidul terkenal dengan deretan pantainya yang sangat indah. Namun wisata gunung kidul selain pantai apa ya ? Selain terkenal dengan wisata pantainya, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta juga terkenal dengan wisata berupa goa alami. Goa yang terdapat di Gunung Kidul ini ada lebih dari 60 an goa. Apa ? Ya, kami sendiri sedikit heran kenapa bisa terbentuk goa yang demikian banyak dalam satu wilayah kabupaten. Setelah mencari informasi di beberapa website, akhirnya kami menemukan sedikit jawaban. Keberadaan goa alami yang ada di Gunung Kidul tidak dapat dilepaskan dari keberadaan kawasan karst di kabupaten tersebut. Menurut sumber dari Wikipedia, Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Daerah karst terbentuk oleh pelarutan batuan terjadi di litologi lain, terutama batuan karbonat lain misalnya dolomit, dalam evaporit seperti halnya gips dan halite, dalam silika seperti halnya batupasir dan kuarsa, dan di basalt dan granit dimana ada bagian yang kondisinya cenderung terbentuk gua (favourable). Masih menurut wikipedia juga, kawasan karst yang ada di Kabupaten Gunung Kidul ini masih termasuk dalam Kawasan Karst Pegunungan Sewu, yang membentang dari Kabupaten Bantul di barat hingga Kabupaten Tulungagung di timur.

Nah dengan adanya puluhan goa yang ada di Kabupaten Gunung Kidul ini tentunya sangat potensial untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata. Beberapa tempat wisata goa di Gunung Kidul diantaranya memang sudah dikembangkan sebagai tempat wisata yang sangat digemari masyarakat. Hal itu karena goa yang ada di Gunung KIdul ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang menjulang di tengah goa. Beberapa diantaranya bahkan dialiri aliran sungai bawah tanah, sehingga menambah keindahan goa di Kabupaten Gunung Kidul ini. Berikut akan kami sampaikan 7 tempat wisata goa alami di Kabupaten Gunung Kidul yang sudah populer di masyarakat.

1. Goa Pindul

Tempat wisata goa di Gunung Kidul Yogyakarta yang pertama yang akan kita bahas saat ini adalah Goa Pindul. Goa Pindul terdapat di Dusun Gelaran I, desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Goa ini memiliki panjang 300 m, lebar 5 m serta di bawahnya mengalir sungai bawah tanah. Untuk menyusurinya, sudah disediakan pelampung berupa ban yang cukup besar. Satu pengunjung satu ban kemudian biasanya akan dibagi kedalam kelompok-kelompok sekitar 5-20 orang. Satu kelompok akan ditarik oleh satu orang petugas khusus yang sekaligus berfungsi sebagai pemandu wisata. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan stalagtit dan stalagmit yang luar biasa.

2. Goa Jomblang

Tempat wisata goa di Gunung Kidul selanjutnya adalah Goa Jomblang. Goa Jomblang terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Goa Jomblang merupakan goa yang unik yaitu karena goa ini berbentuk vertikal dengan kedalaman sekitar 60 m dan di dasarnya terdapat hutan purba. Hal ini menyebabkan adanya cahaya yang turun ke bawah gua menyusuri lorong dan terlihat sangat indah. Orang menyebutnya dengan cahaya surga. Di Goa Jomblang ini pengunjung harus ekstra hati-hati ya dan harus memperhatikan faktor keselamatan pengunjung.

3. Goa Kalisuci

Tempat Wisata Goa Kalisuci menawarkan keindahan dalam goa yang luar biasa serta dilakukan dengan cara menyusurinya dengan pelampung berupa ban dalam mirip dengan yang ada di Goa Pindul. Aktivitas ini dinamakan cave tubing dan diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. Jadi cave tubing ini diawali dari Goa Kalisuci kemudian diikuti di Goa Pindul. Goa Kalisuci sendiri terdapat di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Untuk sampai ke bibir Goa Kalisuci, pnegunjung harus menuruni tangga barupa tebing bebatuan yang curam sekitar 10 menit. Oleh karena itu hati-hati ya apalagi pada saat musim hujan, jalannya licin.

4. Goa Rancang Kencono

Tempat wisata Goa Rancang Kencono merupakan goa di Gunung Kidul yang sangat bersejarah. Disana pernah ditemukan artefak dan tulang belulang yang kemudian disejajarkan dengan Goa Braholo di Kecamatan Rongkop Gunung Kidul. Selain itu di Goa Rancang Kencono pernah dilakukan pertemuan untuk menyusun rencana perlawanan terhadap penjajah Belanda oleh para Laskar Mataram Kasultanan Yogyakarta. Nama Rancang Kencono ini konon diambil dari peristiwa sejarah ini, karena di goa inilah pernah dilakukan perancangan yang bersifat mulia yaitu untuk mengusir penjajah.

5. Gua Seropan

Obyek wisata Goa seropan sangat erat hubungannya dengan pecita alam dan olahraga ekstrim. Disini anda dapat melakukan kegiatan penyusuran goa atau sering disebut dengan caving atau juga panjat tebing atau rock climbing. Disamping medannya yang sangat cocok untuk melalukan dua aktivitas tersebut, juga didukung dengan pemandangan alam goa berupa stalaktit dan stalagmit yang akan menambah semangat memanjat tebing-tebing di sekitar goa.



6. Goa Gelatik

Destinasi wisata goa di Gunung Kidul selanjutnya adalah Goa Gelatik. Goa ini menyajikan pemandangan alam berupa gugusan stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Goa ini memiliki panjang sekitar 400 m. Goa ini agak sempit sehingga untuk memasukinya anda harus menundukkan kepala. Goa Gelatik berlokasi di wilayah desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta dan berdekatan dengan Goa Pindul. Oleh karena itu jika kurang puas menyusuri Goa Pindul anda dapat lanjut ke Goa Gelatik ini.

7. Goa Braholo

Puas dengan wisata goa dengan pemandangan yang menakjubkan, sekarang sebagai penutup, kami akan menampilkan wisata goa di Gunung Kidul yang berkaitan dengan keberadaan manusia purba pada zaman prasejarah. Di Kabupaten gunung Kidul pernah ada penemuan fosil atau artefak masa purba yang terdapat di Goa Braholo. Goa Braholo terdapat di kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Di goa ini ditemukan sekitar 10 kerangka fosil manusia purba dengan kondisi yang masih utuh. Ekskavasi ke goa tulang manusia purba, Braholo dilakukan oleh Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan Tim Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Arkeologi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dari ekskavasi tersebut kerangka manusia purba diperkirakan berumur kurang lebih 10.000 SM, hal ini didukung oleh perkakas yang ditemukan.

Nah menarik buka menyusuri Goa-goa indah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta ini. Daftar 7 Goa di Gunung Kidul tadi hanya sebagian saja, ya karena disana masih ada banyak goa yang belum dikembangkan secara serius menjadi tempat wisata. Untuk mengeksplorasi wisata di Gunung Kidul alangkah baiknya anda memiliki peta wisata di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.  Jangan lewatkan juga informasi wisata lainnya di Yogyakarta serta Deretan Pantai-pantai Indah di Gunung Kidul Yogyakarta. Berikut ini kami tampilkan sekalian kumpulan goa yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

1.    Sigolo-golo - Giriasih, Kec. Purwosari
2.    Langse - Giricahyo, Kec. Purwosari
3.    Cemplong - Giricahyo, Kec. Purwosari
4.    Jlamprong - Giricahyo, Kec. Purwosari
5.    Tapan - Girijati, Kec. Purwosari
6.    Suci  - Girijati, Kec. Purwosari
7.    Dagang  - Girijati, Kec. Purwosari
8.    Sumurup  - Giritirto, Kec. Purwosari
9.    Ploso - Giritirto, Kec. Purwosari
10.  Cerme - Giritirto, Kec. Purwosari
11.  Kesirat - Girikarto, Kec. Panggang
12.  Gebangtinatar - Giriharjo, Kec. Panggang
13.  Kaligede  - Giriharjo, Kec. Panggang
14.  Banyaksogo  - Giripurwo, Kec. Purwosari
15.  Cikal  - Girisekar, Kec. Panggang
16.  Watukebo  - Girimulyo, Kec. Panggang
17.  Gebang  - Girisuko, Kec. Panggang
18.  Sodong  - Giriwungu, Kec. Panggang
19.  Banteng  - Krambilsawit, Kec. Saptosari
20.  Ngobaran - Kanigoro, Kec. Saptosari
21.  Rancang Kencono - Bleberan, Kec. Playen
22.  Nogosari - Plembutan, Kec. Playen
23.  Dengok - Dengok, Kec. Playen
24.  Maria Tritis - Giring, Kec. Paliyan
25.  Grengseng - Kemadang, Kec. Tanjungsari
26.  Nguluran - Banjarejo, Kec. Tanjungsari
27.  Kedokan - Sumberwungu, Kec. Tepus
28.  Slili - Sidoharjo, Kec. Tepus
29.  Sundak - Sidoharjo, Kec. Tepus
30.  Toto - Ngeposari, Kec. Semanu
31.  Semuluh - Ngeposari, Kec. Semanu
32.  Ngreneng - Ngeposari, Kec. Semanu
33.  Jlamprong - Ngeposari, Kec. Semanu
34.  Jomblang - Ngeposari, Kec. Semanu
35.  Gesing - Ngeposari, Kec. Semanu
36.  Sinden - Ngeposari, Kec. Semanu
37.  Ngrancah - Candirejo, Kec. Semanu
38.  Bribin - Dadapayu, Kec. Semanu
39.  Kalisuci - Pacarejo, Kec. Semanu
40.  Wotlemah - Pacarejo, Kec. Semanu
41.  Gedilan - Pacarejo, Kec. Semanu
42.  Grubug - Jetis, Kec. Semanu
43.  Ceblog - Pucanganom, Kec. Rongkop
44.  Braholo - Semugih, Kec. Rongkop
45.  Ngricik - Melikan, Kec. Rongkop
46.  Ngerong - Karangwuni, Kec. Rongkop
47.  Greweng - Jepitu, Kec. Girisubo
48.  Pindul - Bejiharjo, Kec. Karangmojo
49.  Glatik - Bejiharjo, Kec. Karangmojo
50.  Longop - Ngipak, Kec. Karangmojo
51.  Sioyot - Bejiharjo, Kec. Karangmojo
52.  Seropan - Gombang, Kec. Ponjong
53.  Gremeng - Umbulrejo, Kec. Ponjong
54.  Lowo - Umbulrejo, Kec. Ponjong
55.  Cokro - Umbulrejo, Kec. Ponjong
56.  Songgilap - Kenteng, Kec. Ponjong
57.  Paesan - Tambakromo, Kec. Ponjong
58.  Gadung - Pundungsari, Kec. Semin
59.  Pari - Karangtengah, Kec. Wonosari
60.  Bening - Karangtengah, Kec. Wonosari
61.  Ngingrong - Mulo, Kec. Wonosari
62.  Mangir - Kec. Girisubo

Wisata Yang Berhubungan