Rabu, 17 Juni 2015

Deretan 12 Pantai Indah Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta

Deretan 12 Pantai Indah Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta, Tempat Wista Terindah - Apa yang akan anda pikirkan jika mendengar tema "Pantai di Yogyakarta" ? Orang dari luar daerah pasti akan teringat dengan Pantai Parangtritis, yang memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta. Namun tahu kah anda jika Pantai di Yogyakarta tidak hanya Parangtritis ? Di wilayah Provinsi Yogyakarta sebelah selatan-timur, terdapat sebuah kabupaten yang bernama Kabupaten Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul memiliki batas langsung dengan Samudera Hindia. Hal itu menyebabkan banyak terdapat Pantai di kabupaten Gunung Kidul dan uniknya hampir semua pantai di Gunung Kidul ini memiliki pemandangan yang luar biasa cantik dan menarik.

Kebanyakan Pantai di Gunung Kidul memiliki ombak yang besar serta pasir pantai yang berwarna putih. Sebagian pantai di Gunung Kidul Yogyakarta ini malah masih sepi, sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk camping. Acara seperti ini sangat cocok untuk acara-acara khusus yang diikuti tidak banyak orang. Pada malam hari mereka bisa membuat api unnggun dan menikmati suasana malam di pantai. Tapi untuk saat ini keindahan wisata pantai di Gunung Kidul ini sudah banyak diketahui oleh banyak wisatawan sehingga pada hari-hari libur selalu ramai dikunjungi pengunjung.

 12 Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta

Berikut adalah Deretan 12 Pantai Indah Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta :

1. Pantai Baron

Pantai Baron


Pesona Pantai Baron di Gunung Kidul Yogyakarta ini sudah menjadi salah satu daya tarik tersendiri terhadap Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini memiliki deburan ombak yang deras ditambah lagi dengan keberadaan sungai air tawar yang menambah keindahan pantai yang sudah terkenal ini. Pada musim-musim liburan seperti pada saat liburan lebaran, biasanya di lokasi wisata ini ditampilkan pertunjukan dangdut, yang menambah semaraknya lokasi wisata pantai.

2. Pantai Krakal

Pantai Krakal


Pantai Krakal merupakan obyek wisata pantai di Gunung Kidul yang akan kita bahas selanjutnya. Pantai ini memiliki ciri khas berupa garis pantai yang panjang. Bahkan garis pantai Pantai Krakal diklaim sebagai yang terpanjang di Kabupaten Gunung Kidul. Selain garis pantai yang panjang, Pantai Krakal memiliki air laut yang bening sehingga sangat cocok untuk berenang. Namun tetap harus hati-hati ya karena pada dasarnya pantai ini memiliki ombak yang besar.



3. Pantai Kukup

Pantai Kukup


Pantai yang indah selanjutnya di Gunung Kidul adalah Pantai Kukup yang lokasinya masih berdekatan dengan Pantai baron. Pantai ini memiliki ciri khas berupa adanya Pulau Jumino yang terdapat di Pantai Kukup ini. Pulau ini sebenarnya adalah berupa karang besar yang terdapat di Pantai Kukup. Untuk menjangkau Pulau ini telah disediakan jembatan penghubung. Jika sudah ada di Pulau Jumino, anda dapat menikmati indhnya Pantai Kukup dari ketinggian yang tentunya sangat menawan sekali. (Baca : Keindahan wisata Pantai Baron Krakal Kukup )


4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti di Gunung Kidul sempat menjadi kontroversi karena pengelolaannya yang dipegang ole pihak swasta. Pantai ini sempet akan ditutup oleh Pemda DIY terkait masalah perizinan pengelolaan Pantai Indrayanti. Tetapi karena dikelola swasta sebenarnya menjadikan tempat ini lebih bersih dan lebih terawat. Di sepanjang Pantai Indrayanti terdapat gazebo dan restoran yang siap memanjakan pengunjung dengan hidangan khas laut yang sangat nikmat.

5. Pantai Sundak

Pantai Sundak


Pantai Indah di di Gunung Kidul selanjutnya adalah Pantai Sundak. Pantai ini sebenarnya berukuran kecil, namun tetap memiliki keindahan yang menjadikannya dikunjungi banyak wisatawan. Di Pantai Sundak terdapat hamparan karang yang menjadi tempat tinggal biota laut. Pengunjung dapat menyusuri karang ini sambil melihat pemandangan di bawah karena air laut Pantai Sundak sangat bening. Namun hati-hati ya, siapa tahu ada binatang laut yang berbahaya apabila terkena kaki kita.

6. Pantai Drini

Pantai Drini


Pantai selanjutnya yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta adalah Pantai Drini. Pantai ini juga memiliki pemandangan alam pantai yang super eksotis. Pantai Drini memiliki ombak yang tidak terlalu besar, karena di pantai Drini terlindung oleh beberapa bukit karang. Di Pantai drini anda juga dapat bermain air dan melihat beberapa biota laut yang biasanya berada di dasar karang.

7. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo


Sesua dengan namanya, Wedi Ombo yang memiliki arti Pasir yang luas, Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan luas. Hamparan pasir menghiasi salah satu tempat wsiata pantai yang belum banyak terjamah ini. Selain pemandangannya yang indah, lokasi Pantai Wedi Ombo ini juga dijadikan sebagai tempat pemancingan ikan laut. Mereka yang berminat memancing biasanya akan mencari tempat strategis di atas tebing-tebing karang yang ada di sekitar Pantai Wedi Ombo.


8. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok


Jika anda menginginkan tempat wisata pantai yang masih bersih dan asri di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta maka anda harus mengunjungi Pantai Watu Kodok. Pantai Watu Kodok terdapat di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. DInamakan Watu Kodok karena di pantai ini terdapat batu yang bentuknya menyerupai kodok.

9. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan


Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang masih sepi. Pantai ini memiliki ombak yang indah serta hamparan pasir putih yang menawan. Namun karena memang belum banyak dilakukan pembenahan maka belum banyak fasilitas yang tersedia. Namun hal itu artinya pantai ini masih belum banyak dikunjungin sehingga jika anda ke tempat ini seperti berlibur ke pantai milik pribadi, hehe.



10. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang


Pantai Sepanang merupakan pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang memiliki garis pantai yang panajng, sesuai dengan namanya. Garis pantai yang panjang ini dilengkapidengan adanya hamparan pasir pantai yang berwarna putih. Hal itu yang menjadikan pantai Sepanjang dijuluki Pantai Kutanya Jawa. Penasaran bukan ? Makanya kalau ke Yogyakarta jangan lupa mampir ke Deretan Pantai Indah Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta ya.

11. Pantai Jogan

Pantai Jogan


Lanjut ya kita bahas Pantai Indah di Gunung Kidul Yogyakartanya. Pantai selanjutnya adalah Pantai Jogan. Namanya cukup unik ya. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Keunikan tersebut dapat terlihat dari adanya air terjun yang terdapat di bibir pantai Jogan. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun keberadaan air terjun ini menambah eksotisme Pantai Jogan Yogyakarta. Pantai Jogan ini terdpat di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

12. Pantai Siung

Pantai Siung


Tempat Wisata Pantai di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta memang tiada habisnya. Selanjutnya yang akan kita bahas sebagai penutup dari daftar 12 wista pantai di Gunung Kidul ini adalah Pantai Siung. Pantai Siung menawarkan keindahan alam pantai yang berbeda dari pantai lainnya. Keindahan alam ini berupa adanya hamparan batu karang yang kokoh berdiri di pantai ini. Selain itu terdpat juga 250 jalur panjat tebing yang diakui oleh dunia internasional, sehingga menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata para pecinta alam di Indonesia.


Jangan lupa baca informasi wisata lainnya di :
Tempat Wisata di Yogyakarta Lengkap
Tempat Wisata Goa Terindah di Gunung Kidul Yogyakarta

Demikian tadi Deretan 12 Pantai Indah Menawan di Gunung Kidul Yogyakarta pilihan kami dari admin tempatwisatadaerah.blogspot.com semoga dapat dijadikan sebagai rujukan untuk menentukan tujuan wisata saat musim liburan tiba. Oh ya untuk memperlancar liburn anda, sebaiknya anda membooking hotel yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta jauh-jauh hari karena Hotel disana saat liburan biasanya penuh dengan para wisatawan.