12 Tempat Wisata di Pemalang yang Paling Diminati Pengunjung

shares |

12 Tempat Wisata di Pemalang yang Paling Diminati Pengunjung, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Pemalang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang termasuk dalam deretan kabupaten di Pantura Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal di sebelah barat dan dengan Kabupaten Pekalongan di sebelah timur. Di sbelah utara Kabupate Pemalang berhadapan langsung dengan Laut Jawa, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga. Kabupaten Pemalang ini memiliki ibu kota di Kota Pemalang dan memiliki julukan Kota Ikhlas.

Kabupaten Pemalang memiliki beberapa obyek wisata yang menarik, oleh karena itu jika anda berkunjung ke Kabapaten Pemalang sempatkanlah untuk mampir dan menikmati berbagai obyek wisata pemalang yang menarik ini. Berikut kami pilihkan 12 Tempat Wisata di Pemalang yang Paling Diminati Pengunjung.

1. Pantai Widuri

Seperti telah disampaikan diatas bahwa Kabupaten Pemalang berbatasan langsung dengan Laut Jawa sehingga ada beberapa pantai yang terdapat di Pemalang. Salah satu pantai yang terkenal di Pemalang yaitu Pantai Widuri. Wisata Pemalang Pantai Widuri ini berada tidak jauh dari pusat kota Pemalang yaitu sekitar 3 km saja. Banyak wisatawan yang berlibur ke Pantai ini karena aksesnya mudah dan memiliki pemandangan laut yang indah. Banyak fasilitas yang disediakan di Pantai Widuri ini, seperti kolam renang, lapangan tenis, panggung hiburan, permaina anak dll. Bahkan kabarnya di Pantai Widuri ini akan dibangun waterboom yang akan menambah semaraknya Pantai Widuri di Pemalang ini.

2. Kebun Teh Semugih

Untuk menikmati indahnya pemandangan di kebun teh tidak harus datang ke Kawasan Puncak Bogor. Bagi warga Pemalang dan sekitarnya dapat menikmati indahnya suasana kebun teh di Kebun Teh Semugih yang berada di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Sidamulya Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Tempat wisata di Pemalang Jateng berupa Kebun teh ini pada waktu liburan banyak dikunjungi warga sekitar Pemalang yang ingn menikmati udara segar khas pegunungan serta indahnya pemandangan kebun teh. Di samping pemandangan kebun teh anda juga dapat menikmati indahnya Gunung Slamet dari kejauhan.

3. Curug Sibedil

Selain wisata Pantai di Pemalang juga ada wisata alam berupa curug, salah satunya adalah Curug Sibedil. Wisata ini menyuguhkan keindahan panorama alam berupa curug setinggi 20 meter dengan kondisi yang masih asri. Ada beberapa versi tentang penamaan Curug Sibedil ini. Versi pertama mengatakan bahwa nama Sibedil nigunakan karena di dekat curug ini terdapat sebuah batu yang bentuknya mirip dengan senapan atau bedil. Versi yang lain mengatakan bahwa di Curug ini pada malam tertentu seperti Malam Jumat Kliwon terdengar suara tembakan seperti suara tembakan bedil. Jika anda penasaran dengan pemandangan di Curug Sibedil ini anda dapat mendatanginya di Desa Sima, Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang.

4. Pantai Blendung

Jika anda ingin menikmati suasana pantai yang masih sepi dan jauh dari keramaian, datanglah ke Wisata Pemalang Pantai Blendung. Pantai Blendung terdapat di Desa Blendung Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Pantai ini belum banyak dikembangkan oleh Pemerintah daerah setempat  disana hanya dikelola sendiri oleh warga sekitar. Belum banyak fasilitas yang dibangun sehingga suasana menjadi lebih asri. Meskipun demikian apabila pantai ini dikembangkan dengan serius maka mungkin saja akan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi.

5. Pantai Joko Tingkir

Seperti halnya Pantai Blendung ada pantai lain yang belum banyak terjamah oleh keramaian manusia yaitu Pantai Joko TIngkir. Pantai Joko Tingkir beralamatkan di Desa Nyamplungsari, Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Di pantai Joko TIngkir ini terbilang teduh karena ada pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai. Selain itu juga ada beberapa pedagang dari warga sekitar yang menjajakan makanan untuk kebutuhan para pengunjung.



6. Hutan Mangrove Pemalang

Hutan Mangrove selain digunakan sebagai konservasi lahan juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata. Apalagi yang berkunjung adalah anak-anak di usia sekolah, sekaligus dapat digunakan sebagai sarana edukasi tentang pentingnya tumbuhan mangrove di tepi pantai. Di Pemalang terdapat hutan Mangrove yang lumayan luas, salah satunya adalah yang terdapat di Hutan Mangrove Pemalang yang berlokasi di Desa Mojo, kecamatan Ulujami, kabupaten Pemalang. Hutan Mangrove ini seluas 2350 hektar yang terdiri dari 410 hektar berupa hamparan tanaman bakau dan 1940 untuk pertambakan.

7. Curug Dhuwur

Wisata Pemalang Curug Dhuwur termasuk wisata yang tersembunyi di Kabupaten Pemalang. Tempat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, hanya warga sekitar saja yang mengunjungi karena memang belum sepopuler tempat wisata yang lain. Lokasi Curug Dhuwur sendiri terdapat di dusun Karang Pucung, desa Wanarata, kecamatan Bantarbolang, kabupaten Pemalang. Meskipun masih sepi, curug ini memiliki panorama yan sangat memukau dan tak kalah dengan curug lain di Pemalang.

8. Rafting di Sungai Comal

Kabupaten Pemalang dilintasi oleh sungai besar yaitu Sungai Comal. Sungai besar ini ternyata dapat dijadikan sebagai jalur rafting karena memiliki arus yang deras sehngga dapat memacu adrenalin bagi para pesertanya. Rafting di Sungai Comal ini tergolong wisata baru di Pemalang karena bar saja dibuka beberapa bulan yang lalu. Tapi karena jalur rafting yang menantang dan pemandangannya yang indah, rafting di Sungai Comal ini sudah banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Jika anda berminat, anda dapat mendatangi pengelola rafting Sungai Comal ini di jalan raya Randudongkal-Moga, km 5. No. 99, desa Kecepit, Randudongkal, Pemalang.

9. Curug Bengkawah

Obyek wisata di Pemalang ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena lokasinya yang lumayan tersembunyi. Sebelum sampai ke Curug Bengkawah anda harus menyusuri jalan setapak sepanjang 2 km. Namun di sepanjang perjalanan anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang masih asri berupa pepohonan dan lahan warga. Lokasi dari Curug Bengkawah ini adalah di Desa Sikasut Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang jawa Tengah.

10. Telaga Rengganis

Telaga Rengganis menawarkan pemandangan alam yang tak kalah menawan dibanding wisata alam Pemalang yang lainnya. Obyek Wisata Pemalang Telaga Renganis memiliki air yang jernih serta berada di tengah hutan pinus yang indah. Telaga yang tidak terlalu besar ini terdapat di Desa Gapura Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Saat liburan tempat ini sering didatangi wisatawan yang ingin mnikmati pemandangan telaga yang indah ini.


11. Mata Air Moga

Kondisi geografis Kabupaten Pemalang yang banyak terdapat pegunungan menyebabkan di wilayah Kabupaten Pemalang banyak ditemui mata air di pegunungan. Salah satu mata air yang menarik untuk dikunjungi adalah Mata Air Moga. Air yang keluar dari Mata Air Moga ini kemudian dibuat menjadi kolam renang. Air dari Mata Air Moga ini sangat jernih dan segar, sehingga menjadikan tempat ini banyak diminati. Mata air Moga sering dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Pemandian Moga dan merupakan satu manajemen dengan Pengelola Hotel Moga Indah.

12. Gunung Mendelem

Gunung Mendelem adalah salah satu Gunung yang terdapat di Kabupaten Pemalang. Gunung ini tidak terlalu tinggi dimana ketinggiannya hanya 1454 mdpl sehingga sagat cocok untuk anda yang masih pemula dalam mendaki gunung. Meskipun begitu untuk mendaki GUnung Mendelem ini sebaiknya tetap bersama dengan orang lain yang sudah berpengalaman dalam mendaki terutama yang pernah mendaki Gunung Mendelem ini. Gunung Mendelem memiliki nama lain yaitu Gunung Jimat.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Pemalang yang Paling Diminati Pengunjung. Jangan lupa untuk selalu menjaga alam di sekitar lokasi wisata ya agar kelestarian alam kita akan selalu terjaga.

Baca juga :
12 Tempat Wisata di Pekalongan Jawa Tengah
12 Tempat Wisata di Tegal Paling Populer

Wisata Yang Berhubungan