Sabtu, 11 April 2015

12 Tempat Wisata Pilihan di Balikpapan yang Terkenal

12 Tempat Wisata Pilihan di Balikpapan yang Terkenal, Tempat Wisata Terindah - Apakah anda pernah berkunjung ke Kota Balikpapan ? Kota Balikpapan ini memiliki berbagai potensi pariwisata yang sangat bagus untuk dikembangkan. Balikpapan adalah sebuah Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Konon katanya Kota Balikpapa merupakan kota degan biaya hidup termahal di Indonesia. Hal itu menunjukkan pendapatan perkapita masyarakat yang tinggi. Kota Balikpapan juga dikenal dengan penghasil minyak yang melimpah di Indonesia. Tak salah kalau banyak yang menyebut Balikpapan dengan Kota Minyak. Lalu bagaimana dengan Potensi Pariwisata di Balikpapan ? DIsini kami akan membahasa berbagai tempat wisata yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi yang terdapat di Balikpapan. Berikut adalah daftar tempat wisata di Balikpapan tersebut :

12 Wisata Balikpapan Paling Terkenal

1. Pantai Kemala Balikpapan

Pantai Kemala Balikpapan


Tempat wisata favorite di Balikpapan yang pertama adalah Pantai Kemala, dimana pantai ini terletak di pusat kota Balikpapan tepatnya di Jalan Jenderal Soedirman Balikpapan. Dengan lokasinya ini maka otomatis akses untuk menuju pantai ini sangat mudah, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung di Pantai Kemala ini. Pemandangan di Pantai Kemala ini sangat indah, hamparan pasir pantai yang berwarna putih serta deburan ombak menjadi daya tarik pantai ini. Banyak orang yang menyamakannya dengan Pantai Jimbaran di Bali. Hal itu ditambah dengan pemandangan sunset pada sore hari yang sangat menawan. Selain pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat bermain flying fox, jet sky,  banana boat dll.

2. Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan

Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan


Pantai Manggar Segara Sari merupakan salah satu tempat wisata pantai yang terdapat di Balikpapan dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak. Pantai ini biasanya dipadati pengunjung saat liburan tiba. Memang pantai ini sanat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang ada di pantai ini, dari sekedar mandi di air laut, berain layang-layang, bermain voly pantai, sepak bola sampai menyewa jet sky juga sudah tersedia. Selain itu jika hanya ingin menikmati pemandangan laut saja, anda dapat menikmatinya sambil menyantap berbagai macam kuliner yang sudah tersedia di banyak warung yang berjejer di sepanjang Pantai Manggar Segara Sari.

3. Pantai Melawai Balikpapan

Pantai Melawai Balikpapan


Tempat wisata Pantai Melawai ini letaknya tidak jauh dari Pantai Kemala, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kemala melanjutkan destinasinya ke Pantai Melawai ini. Di Pantai Melawai ini juga memiliki pemandangan alam pantai yang sangat indah. Biasanya, Patai ini akan banyak dikunjungi oleh para wisatawan justru saat sore hari. Tentu saja, mereka akan melihat pemandangan berupa sunset yang indah di Pantai Melawai ini. pada sore hari juga banyak sekali pedagang makanan yang membuka lapak di sekitar pantai. Pedagang makanan yang berjualan ini menjual aneka makanan dengan harga yang murah meriah.

4. Pantai Lamaru Balikpapan

Pantai Lamaru Balikpapan


Tempat wisata pantai selanjutnya yang jadi pilihan di Balikpapan adalah Pantai Lamuru. Pantai ini berlokasi di Desa Teritip, dekat dengan Penangkaran biaya Teritip. Untuk menuju pantai yang indah ini anda harus menempuh perjalanan darat selama 30 menit ddari pusat kota Balikpapan. Lantai ini memiliki hamparan pasir yang luas serta permukaan yang landai, sehingga sangat cocok untuk mandi dan bermain di pinggir laut. Tiket masuk ke loaksi tempat wisata ini juga tidaklah mahal, anda cukup membayar dengan harga 10.000 rupiah saja.

5. Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan

Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan


Penangkaran Buaya teritip ini bisa dikatakan sebagai salah satu wisata andalan di Balikpapan. Di lokasi ini terdapat sebuah penangkaran buaya yang jumlahnya saat ini sudah mencapai 1500 ekor lebih. luas penangkaran ini adalah sekitar 5 hektar. Lalu apa yang menarik dari wisata Penangkaran Buaya Teritip ini ? Disini anda dapat melihat proses penangkaran buaya yang tentunya tidak akan anda temui di sembarang tempat. Tertarik dengan makan daging buaya ? disini ada juga lho yang menyediakan makanan berbahan dasar daging buaya. Selain itu ada juga berbagai macam souvenir keren yang berbahan baku kilit buaya. Kita tahu bahwa kulit buaya dapat dijadikan benda-benda dengan nilai ekonomis tinggi seperti tas, ikat pinggang dll.

6. Bukit Bangkirai Balikpapan

Bukit Bangkirai Balikpapan


Apa yang anda pikirkan jika mendengar kata Bangkirai ? Ya, Bangkirai adalah nama sejenis kayu yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Kayu Bangkirai ini banyak sekali diperjualbelikan di Pulau Jawa, Biasanya mereka menamainya dengan Kayu Kalimantan. Di Balikpapan ada sebuah bukit yang dinamai Bukit Bangkirai, karena di bukit ini memang terdapat banyak sekali pohon Bangkirai. Bukit ini saat ini dijadikan sebagai lokasi wisata yang unik di Balikpapan. Di Bukit ini terdapat pohon bangkirai yang berusia 150 tahun lebih dengan tinggi 50 meter dan diameter 2,3 meter. besar sekali bukan ? Selain itu di tempat ini anda dapat berpetualang menyusuri canopy bridge atau sebuah jembatan yang menghubungkan 5 buah pohon bangkirai. Jembatan ini terbuat dari tali dan alasnya dari papan.

7. Kampung Atas Air Margasari Balikpapan

Kampung Atas Air Margasari Balikpapan


Di Pulau Kalimantan memang terkenal dengan transportasinya yang menggunakan perahu. Pemerintah Daerah setempat pernah membuat sebuah kampung yang berdiri diatas air. Kampung ini bernama Kampung Atas Air Margasari. Di kampung ini anda dapat menikmati suasana kampung yang mengapung diatas air, mirip dengan yang ada di Venice, Eropa. Pengunjung dapat megelilingi kampung ini dan berinteraksi dengan warga kampung. Selain itu juga dapat memancing dengan menggunakan alat pancing yang sudah disediakan.

8. Taman Bekapai Balikpapan

Taman Bekapai Balikpapan


Taman Bekapai yang terdapat di Pusat Kota Balikpaan juga bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang menarik di Balikpapan. Seperti yang kami sampaikan di awal bahwa Balikpapan merupakan Kota yang terkenal sebagai penghasil minyak bumi. Untuk itulah dibuat sebuah monumen di Taman Bekapai yang menggambarkan kelebihan Kota Balikpapan itu. Monumen ini berbentuk patung abstrak yang dapat mengeluarkan air mancur. Pada malam hari, air mancur ini disorot dengan pencahayaan yang menarik sehingga menyerupai pancuran minyak bumi. Untuk menikmati indahnya Taman Bekapai ini lebih baik anda mendatanginya pada malam hari.

9. Caribbean Island Waterpark Balikpapan

Caribbean Island Waterpark Balikpapan


Selain terkenal dengan wisata alamnya berupa pantai yang indah, Balikpapan juga terkenal dengan wisata keluarga yang menawarkan berbagai macam permainan untuk anggota keluarga yang sngat lengkap. Tempat wisata keluarga di balikpapan ini adalah Caribbean Island Waterpark. Caribbean Island Waterpark terletak di Jl. Kol Syarifuddin Yoes II Balikpapan. Seperti terlihat dari namanya, Caribbean Island Waterpark menyediakan permainan air yang pastinya sangat seru bagi keluarga. Tapi juga tidak hanya keluarga saja lho, banyak juga rombongan sekolah yang berlibur ke tempat wisata yang megah ini.

10. Pasar Kebun Sayur Balikpapan

Pasar Kebun Sayur Balikpapan


Setelah puas keliling Balikpapan, tentunya anda juga ingin membawakan oleh oleh untuk keluarga di rumah kan ? Nah tempat yang satu ini biaa dijadikan rujukan bagi wisatawan di Balikpapan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kalimantan berupa berbagai macam souvenir. Souvenir yang disediakan dari mulai batu mulia, akik, delima, berlian, gantungan kunci, gelang, dan berbagai benda khas suku Dayak. Lokasi Pasar Kebun Sayur ini juga cukup terjangkau karena dekat dengan bandara.


11. Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan

Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan


Hutan Bakau Margomulyo merupakan sebuah kawasan konservasi mangrove yang terdapat didekat pusat Kota Balikpapan. Tepatnya, Hutan Bakau Margomulyo berada di SMAN 8 Balikpapan. Setiap hari, banyak masyarakat yang berdatangan ke tempat ini untuk menikmati rindangnya hutan bakau yang terdapat di kawasan ini. Oh ya yang membuat Hutan Mangrove ini menjadi lebih menarik adalah adanya jembatan kayu yang dibuat untuk dijadikan jalan bagi pengunjung menikmati indahnya kawasan Hutan Bakau Margomulyo ini. Dengan adanya jembatan ini tentunya akan menambah sisi artistik apabila dijadikan sebagai ajang foto.

12. Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan

Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan


Pulau Kalimantan memang terkenal dengan Hutan Tropisnya yang sangat lebat. Hal ini menjadi kelebihan Pulau Kalimantan karena dianggap sebagai paru-paru dunia. Oleh karena itu sudah selayaknya keberadaan hutan ini harus dilestarikan agar keseimbangan alam dapat terjaga. Salah satu usaha untuk menjaga kelestarian hutan ini adalah dengan menetapkan suatu kawasan hutan tertentu sebagai hutan lindung. hutan lindung yang terdapat di Balikpapan salah satunya adalah Hutan Lindung Sungai Wain. Disini pepohonan yang tumbuh di kawasan itu masih terjaga dengan baik. Luas Hutan Lindung Aungai Wain adalah 10 ribu ha. Selain untuk menjaga kelestarian hutan, Hutan lindung ini juga dijadikan sebagai tempat perlindungan dari beberapa fauna yang dilindungi seperti orangutan, beruang madu, bekantan dll.

Demikian tadi beberapa informasi tentang 12 Tempat Wisata Pilihan di Balikpapan yang Terkenal, semoga dapat membantu anda menyediakan informasi jika ingin berkunjung ke Kota Balikpapan Kalimantan Timur. Tentunya masih banyak tempat wisata di balikpapan yang juga tidak kalah bagus, namun disini kami hanya memilih 12 diantaranya yang menurut kami paling rekomended bagi anda.