Selasa, 11 Juli 2023

7 Rekomendasi Warung Nasi Gandul Khas Pati : Lezatnya Perpaduan Aroma dan Rasa Khas Kabupaten Pati Jawa Tengah

Rekomendasi Warung Nasi Gandul Khas, Tempat Wisata Daerah - Pati Jawa Tengah adalah tempat kelahiran berbagai hidangan lezat, dan salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Gandul Pati. Nasi Gandul adalah hidangan khas dari daerah Pati yang memukau dengan perpaduan aroma rempah-rempah dan rasa gurih yang menggugah selera. Nasi Gandul adalah hidangan nasi berkuah yang menggunakan bahan-bahan utama seperti daging sapi, santan kelapa, rempah-rempah, dan daun jeruk. Kuahnya yang kental dan beraroma harum berasal dari campuran bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, lengkuas, dan kemiri yang dihaluskan. Rempah-rempah inilah yang memberikan cita rasa khas dan aroma yang menggugah selera pada hidangan ini.

Makanan khas nasi gandul awalnya berasal dari sebuah desa di Kota Pati yaitu Desa Gajahmati Kecamatan Pati. Oleh karena itu di area wilayah Gajahmati dan sekitarnya adalah wilayah yang paling banyak ditemui warung nasi gandul.

Nasi Gandul Pati biasanya menggunakan aneka bagian dari sapi sebagai bahan utama proteinnya. Bagian ini seperti daging, iso, kulit, kuping, cungur, lidah, babat dll. Pengunjung bebas memilik potongan amna yang dikehendaki. Nantinya menjual akan memotong-motong bagian daging sapi ini ke dalam piring masing-masing sesuai selera menggunakan gunting khusus. Selain potongan daging, di warung nasi gandul juga identik dengan tempe krispi. tempe ini adalah khas pati dimana tempe dipotong persegi dan digoreng kering sampai kriuk. 

Warung Nasi Gandul Khas Pati
Nasi Gandul Khas Pati

Warung Nasi Gandul Khas Pati
Daging dan Tempe Pelengkap Nasi Gandul Khas Pati


Rekomendasi Warung Nasi Gandul Pati

Ada banyak warungnasi gandul di Pati. Hampir semuanya memiliki cita rasa yang enak. Namun diantara warung nasi gandul tersebut tentunya ada beberapa yang paling populer di kalangan penikmat nasi gandul. Berikut adalah rekomendasi warung nasi gandul yang ada di Kota Pati Jawa Tengah yang sudah banyak dikunjungi oleh pecinta kuliner

1. Nasi Gandul Romantis Pak Sardi

Nasi Gandul Romantis Pak Sardi
Nasi Gandul Romantis Pak Sardi

Salah satu warung nasi gandul di Pati yang cukup terkenal adalah warung nasi gandul romantis atau yang dimiliki oleh Pak Sardi. Dari namnya cukup unik sehingga banyak membuat orang pensaran. Warung ini banyak menjadi tujuan kuliner orang dari luar kota. Warung ini sudah ada sejak tahun 1978. Rasa kuah gandulnya enak dan juga lauk isiannya cukup beragam. Lokasi dari warung nasi gandul Romantis adalah di Jalan Panunggulan Desa Gajahmati Kecamatan Pati. Nasi Gandul Romantis mulai buka pukul 10.00 sampai dengan 21.00 WIB. 

2. Nasi Gandul Pak Meled

Nasi Gandul Pak Meled
Nasi Gandul Pak Meled

Selain Warung nasi gandul Romantis, warung nasi gandul yang berada di area Gajahmati adalah Warung Nasi Gandul Pak Meled. Warung Nasi Gandul Pak Meled kabarnya merupakan pelopor warung nasi gandul di Pati. Warung ini berdiri sejak tahun 1955 dan dikelola secara turun menurun oleh keluarganya. Cita rasa dari warung ini juga snagat khas sehingga banyak menarik pengunjung baik dari dalam Kota Pati maupun luar kota. Lokasi Warung Nasi Gandul Pak Meled adalah di Krajan Gajahmati, Kecamatan Pati. Warung Pak Meled buka mulai jam 11.00 sampai jam 21.00.

3. Nasi Gandul Pak HA Warsimin

Nasi Gandul Pak HA Warsimin
Nasi Gandul Pak HA Warsimin

Warung nasi gandul lainnya yang juga cukup terkenal di Pati adalah Nasi Gandul Pak HA Warsimin. Warung Nasi Gandul Pak HA Warsimin buka mulai pukul 03.00 sampai dengan 19.00 WIB. Warung ini memang terkenal buka sangat pagi, karena warung ini terletak berdekatan dengan area terminal Pati. Jadi bagi anda yang punya keperluan untuk ke luar kota dan naik bis ke terminal pati pada pagi hari, anda dapat mampir sarapn dulu di warung Nasi Gandul Pak HA Warsimin. Nasi Gandul memang salah satu makanan yang dapat dinikmati kapan pun, bisa pagi hari, siang ataupun malam hari. Lokasi Nasi Gandul Pak HA Warsimin adalah di Jl. Roro Mendut, Semampir, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 57141.

4. Nasi Gandul Pak Harjo

Nasi Gandul Pak Harjo
Nasi Gandul Pak Harjo

Nasi Gandul Pak Harjo merupakan nasi gandul yang cukup populer di Kabupaten Pati. Warung ini terdapat berdekatan di area Halte Puri Pati. Jadi hampir sama dengan warung nasi gandul Pak warsimin, warung ini banyak melayani masyarakat yang melakukan perjalanan dengan menggunakan bus. Jam buka Nasi Gandul Pak Harjo termasuk malam hari yaitu mulai pukul 15.30 sampai pukul 22.00 WIB. Loksi Nasi Gandul Pak Harjo adalah di Jl. Raya Pantura No.25, Puri, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59112. Nasi Gandul Pak Harjo berdekatan dengan Halte Puri dan Kantor Dinas Pertanian Kab Pati. Jika anda sedang melintasi jalan ini silakan mampir untuk menikmati sajian kuliner khas Pati ini.

5. Nasi Gandul Kasmaran Pak Mutiman

Nasi Gandul Kasmaran Pak Mutiman
Nasi Gandul Kasmaran Pak Mutiman

Jika anda ingin menikamti nasi gandul di area Kota Pati maka anda dapat datang ke Nasi Gandul Kasmaran Pak Mutiman. Warung Nasi Gandul ini lumayan banyak pengunjung karena memiliki rasa yang enak dan gurih. Lokasi Nasi Gandul Kasmaran Pak Mutiman adalah di Jl. Kiai Saleh, Kaborongan, Pati Lor, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59111. Jam buka Nasi Gandul Kasmaran Pak Mutiman adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan 21.00 WIB.

6. Nasi Gandul Pak Hadi (Budhe Tembong)

Nasi Gandul Pak Hadi (Budhe Tembong)
Nasi Gandul Pak Hadi (Budhe Tembong)

Satu lagi warung nasi gandul yang ramai dikunjungi oleh penikmat kuliner yaitu Nasi Gandul Pak Hadi. Lokasi Nasi Gandul Pak Hadi  di sebelah utara tugu bandeng puri pati. Jadi kalau dari arah barat mau masuk ke Kota Pati maka anda akan menemui tugu bandeng yang terletak di Puri. Bukan tugu Bandeng yang dekat Pabrik Dua Kelinci ya. Nah Nasi Gandul Pak Hadi terletak di sebelah utara tugu, tinggal menyeberang sedikit maka anda akan sampai di Nasi Gandul Pak Hadi ini. Kelebihan dari Nasi Gandul Pak Hadi Pati adalah potongan daging sapinya braneka ragam, dari kikil, kulit, daging, kuping, koyor, otak, babat, iso dll. Jam buka Nasi Gandul Pak Hadi adalah pukul 16.00 sampai dengan 21.00 WIB.

7. Nasi Gandul Ngangeni

Nasi Gandul Ngangeni
Nasi Gandul Ngangeni

Masing- masing Warung Nasi Gandul memiliki jam buka masing-masing. Namun apabila anda ingin menikmati nasi gandul pada tengah malam, anda tetap bisa menimatinya yaitu di Nasi Gandul Ngangeni. Warung Nasi Gandul Ngangeni buka selama 24 jam, jadi kapan pun anda bisa datang ke warung ini. Lokasinya cukup strategis karena berdekatan dengan Halte Puri, namun agak masuk ke selatan. Lokasinya cukup luas dan sering didatangi para pelancong dari luar daerah yang menggunakan jalur bus.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Pati, Jawa Tengah, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Nasi Gandul yang menggugah selera ini. Rasakan perpaduan unik antara aroma rempah-rempah dan rasa gurih yang memanjakan lidah Anda. Nasi Gandul Pati adalah hidangan yang memperkaya kekayaan kuliner Jawa Tengah. Dengan rempah-rempah yang khas dan rasa yang lezat, hidangan ini akan memanjakan lidah Anda dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Nasi Gandul Pati saat Anda berada di Pati dan merasakan kelezatan hidangan yang otentik ini.