Senin, 10 Juli 2023

Keindahan Alam Goa Pancur di Pati Jawa Tengah, Airnya Bisa Bikin Awet Muda ?

Goa Pancur di Jimbaran kayen Pati, Tempat Wisata Daerah - Jawa Tengah terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, dan salah satu tempat yang patut dikunjungi di wilayah ini adalah Goa Pancur di Pati. Goa Pancur adalah destinasi wisata yang menarik dengan kombinasi misteri, keindahan alam, dan aura spiritual yang kuat. Goa Pancur merupakan salah satu goa yang unik di Kabupaten pati. Goa Pancur adalah goa karst yang beradi di Pegunungan Kendeng dimana didalamnya mengalir aliran sungai. Panjang dari Goa Pancur mencapai sekitar 8 km namun yang bisa dijangkau oleh manusia hanya sekitar 1 km saja.  

Untuk menikmati keindahan Goa Pancur, pngunjung harus menyusuri goa yang didalamnya ada aliran air setinggi orang dewasa. Oleh karena itu diperlukan peralatan yang memadai, dari mulai pelampung, helm pelindung dll. Di dalam goa, pengunjung dapat melihat kemegahan goa pancur yang dihiasi stalaktit dan stalagmit. 

Goa Pancur di Kayen Pati
Goa Pancur di Kayen Pati

Goa Pancur di Kayen Pati
Suasana di dalam Goa Pancur di Kayen Pati


Di area sekitar goa pancur, sudah banyak fasilitas pendukung yang dibangun untuk dapat dinikmati wisatawan. Beberapa spot yang instagrammable juga sudah dibangun, contohnya tugu tulisan Goa Pancur yang sangat unik. Mushola dan juga warung-warung juga sudah ada, sehingga dapat melayani pengunjung yang ingin sekedar makan atau minum di lokasi wisata.

Keunikan lain yang ada di Goa Pancur di Kayen Pati adalah adanya Danau di dekat goa. Danau ini berukuran kecil, namun sudah dikembangkan dengan baik oleh pihak terkait sehingga dapat menambah daya tarik wisata Goa Pancur.

Goa Pancur di Kayen Pati
Warung dan souvenir di Goa Pancur di Kayen Pati

Goa Pancur di Kayen Pati
Danau di dekat Goa Pancur di Kayen Pati


Asal usul Goa Pancur di Jimbaran Pati

Goa Pancur pastinya sudah ada sejak zaman dahulu, namun baru ditemukan oleh masyarakat sekitar pada tahun 1932. Warga yang pertama kali menemukan Goa Pancur adalah Mbah Sarto. Mbah Sarto menemukan goa ini karena menurut pengakuannya, beliau mendengar percikan air dari dalam pegunungan. Setelah dicari sumber suara ternyata air tersebut berasal dari aliran air di dalam Goa Pancur. Menurut warga sekitar, Goa Pancur dahulu merupakan tempat persembunyai para pejuang kemerdekaan dari tentara penajajah. Hal itu dibuktikan dengan penemuan pakaian dari dalam Goa Pancur ini. Pada tahun 1955, goa ini mulai dibersihkan dan dijadikan sebagai tempat wisata warga sekitar. 

Mitos di Goa Pancur di Kayen Pati

Di Goa Pancur Pati, bagi yang bisa merasakannya terdapat 2 jenis air yaitu air dingin dan hangat. Air hangat di Goa Pancur ini dipercaya sebagai petilasan Syeh Jangkung. Di Goa Pancur juga terdapat 7 batu dengan kehasan masing masing. Ketujuh batu ini adalah watu jaran, watu dom (jarum), watu Semar, watu jodo, watu sayap malaikat, watu lintang dan watu flowstone. Sedangkan air dari Goa Pancur ini juga dipercaya masyarakat dapat memiliki khasiat tersendiri. Khasiat dari air Goa Pancur ini diantaranya adalah untuk menyembuhkan penyakit, menjadikan awet muda, membuat lebih cantik, jadi cepat mendapatkan jodoh dan bija juga mendatangkan pengasihan. Namun itu hanyalah sebuah mitos, benar dan tidaknya dikembalikan pada pribadi masing-masing.

Lokasi Goa Pancur di Kayen Pati

Goa Pancur terdapat di Pegunungan Kendheng, Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk Goa Pancur Kayen Pati

Untuk masuk ke dalam lokasi Goa Pancur pengunjung hanya diminta membeli tiket masuk seharga 20.000 rupiah saja.

Jam Buka Goa Pancur

Goa Pancur di Kabupaten Pati mulai dibuka untuk pengunjung pada jam 08.00 sampai 17.00 WIB setiap hari.

Goa Pancur di Pati Jawa Tengah, adalah tempat yang memikat dan penuh dengan keindahan alam serta misteri spiritual. Dengan kombinasi air terjun yang mempesona, keunikan goa yang menarik, dan aura spiritual yang kuat, Goa Pancur menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, siapkan diri Anda untuk petualangan dan jelajahi keindahan Goa Pancur yang memukau.