Selasa, 18 Juli 2023

Waduk Gunung Rowo, Tempat Wisata di Pati yang Indah

Waduk Gunung Rowo, Tempat Wisata di Pati yang Indah - Pati merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang berdekatan dengan pantai utara Jawa Tengah. Kabupaten Pati memiliki berbagai tempat wisata dengan pemandangan yang menawan. Namun sayang berbagai tempat wisata daerah ini masih belum digarap dengan serius oleh Pemerintah Kabupaten sehingga tempat wisata ini masih sepi pengunjung. Padahal apabila dikelola dengan baik, Waduk Gunung Rowo dapat menghadirkan pengunjung yang banyak karena lokasinya yang indah. Saat ini Waduk Rowo banyak dikunjungi wisatawan lokal terutama pada Hari Minggu. Dissana pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan Waduk dan juga sambil menikmati kuliner khas berupa aneka masakan ikan.

Wisata Waduk Gunung Rowo di Pati Jawa Tengah

Waduk Gunung Rowo


Waduk Gunung Rowo di Pati Jawa Tengah


Salah satu tempat wisata yang masih sepi di Pati yaitu Waduk Gunung Rowo. Waduk Gunung Rowo terletak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong Kab Pati. Waduk ini berada di lereng Gunung Muria sebelah timur dan memiliki luas sekitar 320 ha. Dengan luas tersebut Waduk Gunung Rowo dapat menampung air sebanyak 5,5 juta meter kubik. Air yang berada di di Waduk Gunung Rowo dapat menyuplai Waduk Seloromo yang letaknya berdekatan. Kedua waduk ini mampu mengairi sawah di beberapa Kecamatan di Pati seperti Kecamatan Margorejo, Wedarijaksa, Juwana, Tlogowungu dan Pati yang luasnya sekitar 10.000 ha.

Waduk Gunung Rowo dibangun pada masa Penjajahan Belanda sekitar tahun 1928. Tujuan pembangunan waduk ini tentu saja untuk menampung air pada musim penghujan dan menggunakannya untuk mengairi persawahan pada musim kemarau. Saat ini sudah banyak warga Pati yang memanfaatkan Waduk Gunung Rowo sebagai tempat wisata. Untuk menjangkaunya juga tidaklah sulit karena sudah ada angkutan kota dengan trayek Terminal pati - Waduk Gunung Rowo. Namun kebanyakan pengunjung menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil. Tempat ini juga sering dijadikan tujuan untuk bersepeda di hari libur. Banyak rombongan / klub sepeda yang menyusuri tempat ini. Dengan rute yang sedikit naik turun pastinya akan menimbulkan kesan tersendiri. Meskipun capek, kalau sudah sampai Waduk Gunung Rowo dan melihat pemandangannya yang indah pastinya capek akan langsung hilang.

Aktivitas yang dilakukan di Waduk Gunung Rowo sangat beragam. Anda dapat sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan, atau bisa juga memancing ikan di pinggir danau. bagi pehobi mancing, mancing di Gunung Rowo pasti akan sangat menarik. apabila tidak ingin memancing dan ingin menikmati ikan, anda dapat membelinya di warung sekitar Waduk. Di sekitar waduk ada banyak warung yang menjual aneka jajanan dan juga masakan ikan.
Baca juga : 12 Wisata Pati Pilihan  

Gambar Waduk Gunung Rowo Pati Jawa Tengah

Waduk Gunung Rowo di Pati Jawa Tengah



Waduk Gunung Rowo