12 Tempat Wisata di Boyolali yang Perlu Anda Tahu

shares |

Tempat Wisata di Boyolali yang Perlu Anda Tahu, Tempat Wisata Terindah - Boyolali merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini dahulu tergabung dalam karesidenan Surakarta atau Solo. Lokasi Kabupaten Boyolali juga berdekatan dengan Kota Solo, yaitu sebelah Utara Kota Solo ke arah Semarang. Boyolali dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah sebagai penghasil susu sapi. Di kabupaten ini banyak ditemukan peternak susu yang memproduksi susu sapi yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan pembuat susu. Selain dijual ke perusahaan susu, biasanya ada juga yang dijual langsung ke konsumen sebagai susu segar atau dijajakan di pinggir jalan dengan ditambah aneka rasa.
Kabupaten Boyolali Jawa Tengah sebenarnya memiliki potensi pariwisata yang cukup banyak, namun memang keberadaannya kurang terekspos sehingga kurang diminati oleh wisatawan. Hal itu menyebabkan pengunjung tempat wsiata di Kabupaten Boyolali didominasi oleh wisatawan lokal saja. Selebihnya mereka biasanya lebih tertarik berkunjung ke tempat wisata yang ada di Solo ataupun Yogyakarta.  Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Boyolali yang Perlu Anda Tahu.

1. Wisata Tlatar

Tlatar merupakan sebuah Dukuh yang beralamat lengkap di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Di kawasan wisata Boyolali ini terdapat 2 buah pemandian dengan mata air yang sangat jernih. Pemandian ini adalah Pemandian Umbul Pengilon dan Pemandian Umbul Asem. Setiap menjelang Bulan Raadhan, ada tradisi menarik di pemandian ini yaitu "Padusan". Dimana masyarakat akan berduyun-duyun melakukan mandi bersama di tempat pemandian dengan tujuan untuk mensucikan badan dan jiwa untuk memasuki Bulan Puasa. Selain pemandian terdapat juga beberapa pemancingan dan rumah makan yang menyediakan menu ikan air tawar seperti lele, nila, gurameh dan mujair. Masakan di sini sangat enak, sehingga banyak rombongan yang berdatangan untuk melakukan kegiatan tertentu beik syukuran, ulang tahun, komunitas, reuni dll.

2. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Gunung Merapi dan Gunung Merbabu merupakan 2 buah gunung besar yang terletak berdampingan. Di sela kedua gunung tersebut terdapat salah satu kecamatan yang masih masuk dalam Kabupaten Boyolali, yaitu Kecamatan Selo. Di kawasan ini terdapat pos pendakian menuju Puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Namun yang paling ramai adalah pendakian Gunung Merapi, karena dari Selo hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 jam Sedangkan untuk mencapai Puncak Merbabu dari Selo dibutuhkan waktu 8 jam. Sehingga untuk mendaki Gunung Merbabu banyak yang memilih memulai dari Kopeng. Jalur Selo juga merupakan jalur yang menghubungkan Kota Boyolali dengan Kota Magelang. Jika anda melewati jalur ini maka anda akan mendapati pemandangan yang sangat indah. Puncak kedua gunung dapat terlihat jelas. Apalagi Puncak Merapi yang ujungnya dipenuhi lahar dingin berwarna putih masih terlihat dengan jelas. Namun anda juga harus hati-hati karena jalur ini cukup berbahaya.

3. Pemandian Umbul Pengging

Pemandian Umbul Pengging adalah obyek wisata di Boyolali selanjutnya yang akan kita bahas. Pemandian ini terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Kawasan wisata Umbul Pengging ini terdapat beberapa pemandian dengan gaya arsitektur yang masih kuno. Pemandian ini memiliki nilai historis yang tinggi. Konon katanya Pemandian ini merupakan tempat peristirahatan Raja Kasunanan Surakarta. Pemandian yang ada di dalam kompleks Pengging itu juga dipergunakan untuk pemandian keluarga kerajaan.

4. Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Air Terjun Kedung Kayang ini merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa air terjun yang lumayan deras. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang ini beraa di antara dua Gunung yaitu Merbabu dan Merapi. Keberadaan tempat wsiata ini juga banyak menjadi perdebatan karena berada di perbatasan dua wilayah yaitu Magelang dan Boyolali. Sampai saat ini kami sendiri belum mengerti yang sebenarnya pengelolaan obyek wisata ini dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali ataukah Magelang. Lokasi Air Terjun Sawangan ini berad di perbatasan antara  Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

5. Waduk Badhe

Di Boyolali juga terdapat waduk yang dijadikan sebagai tempat wisata. Ada beberapa waduk diantaranya adalah Waduk Badhe. Waduk Badhe merupakan tempat wisata di Boyolali yang terdapat di Desa Badhe, Kecamatan Klego Boyolali. Waduk Badhe dibangun untuk keperluan irigasi, perikanan dan juga sebagai tempat wisata bagi masyarakat Boyolali dan sekitarnya.


6. Waduk Cengklik

Selain Waduk Badhe, Kabupaten Boyolali juga memiliki sebuah waduk lain yang bernama Waduk Cengklik. Tempat Wisata Waduk Cengklik ini terdapat di Dukuh Cengklik, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Destinasi Wisata di Boyolali ini sebenarnya lebih diperuntukkan bagi pehobi mancing, karena di tempat ini banyak yang memanfaatkan waduk untuk memancing. Namun jika anda  ingin menikmati suasana dan keindahan Waduk Cengklik juga bisa. Di tempat ini juga sudah tersedia beberapa warung makan yang menyediakan menu berupa ikan air tawar dengan berbagai macam olahan yang tentunya sangat nikmat.

7. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo meruakan sebuah waduk yang terdapat di perbatasan Kabupaten Boyolali, Grobogan dan Sragen. Wilayah yang masih masuk daerah Boyolali adalah Desa Wonoharjo KEcamatan Kemusu. Di sekitar waduk terdapat hutan yang sangat seru dijaikan tempat wisata serta dapat juga dijadikan sebagai tempat memancing bagi anda yang hobi memancing.





8. Bendungan Sidorejo

Obyek wisata di Boyolali selanjutnya adalah Bendungan Sidorejo. Bendungan Sidorejo ini terdapat di Desa Ngleses, Sidorejo, Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Bendungan ini juga difungsikan sebagai sarana irigasi, namun karena pemandangannya yang indah anda dapat merencanakan liburan anda untuk berkunjung di tempat ini. Bendungan Sidorejo ini merupakan sebuah tempat wisata yang tersembunyi di Boyolali. Akses lokasi wista ini agak jauh dari jalan raya, sehingga sehari-hari bendungan ini cenderung sepi pengunjung.

9. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Seperti telah disampaikan di depan bahwa Kabupaten Boyolali merupakan salah satu penghasil Susu sapi perah yang terkenal. Salah satu produks susu sapi ini dipasok dari sebuah wilayah di Kecamatan Cepogo. Untuk menambah wawasan tentang budidaya sapi perah maka dikembangkan sebuah agrowisata di Kecamatan Cepogo ini. Di Agrowisata ini pengunjung dapat melihat langsung proses budidaya sapi perah dari mulai pemberian pakan, manajemen kandang, pemerahan susu dsb. Selain melihat langsung anda dapat juga mencoba langsung, terutama proses pemerahan susu sapi. Aktifitas ini sangat digemari pengunjung karena dapat menambah pengalaman tersendiri. Tak lupa pula di tempat ini anda dapat juga mencicipi langsung hasil perasan susu sapi segar ini, tentunya yang sudah dimasak ya.

10. Kampung Lele

Apa sih yang dimaksud dengan Kampung Lele di Boyolali ? Kampung lele merupakan sebuah julukan yang diberikan kepada sebuah wilayah di Boyolali karena sebagian warganya beternak lele. Lokasi Kampung lele adalah di desa Tegalrejo, Mangkubumen ,kecamatan Sawit, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kampung lele ini dicanangkan menjadi Kampung Lele oleh Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto, Juni 2006, kemudian dikunjungi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Februari 2007. Di Kampung lele anda dapat belajar langsung budidaya ikan lele serta melihat pengolahan ikan lele menjadi berbagai masakan serta menjadi abon lele.

11. Makam R. Ng. Yosodipuro

R. Ng. Yosodipuro merupakan seorang pujangga besar yag berasal dari keluarga Kerajaan Mataram. Ada brbagai macam karya beliau yang sampai saat ini masih terkenal. Beberapa karya beliau adalah Serat Rama yang merupakan saduran dari Kakawin Ramayana, Serat Bratayuda yang merupakan saduran dari Kakawin Bharatayuddha, Serat Mintaraga yang merupakan saduran dari Kakawin Arjuna Wiwaha serta Serat Arjuna Sasrabahu yang merupakan saduran dari Kakawin Arjuna Wijaya. R. Ng. Yosodipuro wafat pada 1802 dan kemudian dimakamkan di Pengging, berdekatan dengan Pemandian Pengging Boyolali. R. Ng. Yosodipuro memiliki cicit bernama Ranggawarsita. Ranggawarsita inilah yang mewarisi kepujanggaan Yasadipura dari kakeknya, Yasadipura II.

12. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga

Siapa Ki Ageng Kebo Kenongo ? Kebo Kenongo adalah cucu dari Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir dari Kerajaan Majapahit. Kebo Kenongo bermukim di daerah Pengging Boyolali, maka beliau dijuluki juga dengan Ki Ageng Pengging. Ki Ageng Pengging memiliki Putra Joko Tingkir yang di kemudian hari menjadi Sultan di Kerajaan Pajang bergelar Sultan Hadiwijoyo. Makam Ki Ageng Kenongo juga berdekatan dengan Pemandian Pengging. Wisata religi di Boyolali ini selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama masyarakat yang masih percaya dengan ektifitas ngalap berkah.

Nah, demikian tadi 12 Tempat Wisata di Boyolali yang Perlu Anda Tahu. Jika anda sedang mampir ke Kabupaten Boyolali alangkah baiknya anda mencoba beberapa tempat wisata menarik di Boyolali tersebut diatas. Namun tidak hanya 12 tempat diatas, Kabupaten Boyolali juga memiliki destinasi wisata yang lainnya yang tak kalah seru. Obyek wisata di Boyolali lainnya tertuang dibawah ini.

Agrowisata Sayur Selo
Kawasan Pengging, Pemandian Tirto Marto, Masjid Cipto Mulyo, Umbul Sungsang, Pengging Fair
Pesanggrahan Pracimoharjo
Makam Ki Ageng Pantaran
Makam Prabu Handayaningrat
Petilasan Kebo Kanigoro
Gunung Tugel dan Makam Ki Ageng Singoprono
Agrowisata Samiran
Candi lawang
Susuh angin
Tepak noto
Selo Pass
(Baca Juga Tempat Wisata Terindah di Jawa Tengah )

Wisata Yang Berhubungan