Jumat, 29 Mei 2015

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Menarik

10 Tempat Wisata Di Palembang Yang Menarik, Tempat Wisata Terindah - Palembang adalah ibukota propinsi dari Sumatera Selatan yang mempunyai potensi menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal adalah Sungai Musi dan Sungai Terpanjang. Di Palembang juga terdapat wisata kuliner yang wajib anda coba. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Palembang :

10 Tempat Wisata Di Palembang


1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera


Jembatan ini memiliki panjang 1.177 meter. Jembatan Ampera ini terletah di atas Sungai Musi yang menjadi penghubung antara daerah Seberang Ulu dan daerah Seberang Ilir. Jembatan ini adalah ikon kota Palembang, yang dibangun tahun 1962. Sungai ini adalah sungai terpanjang di pulau Sumatera, sungai ini menjadi jantung perekonomian warga kota Palembang. Disepanjang Sungai Musi terdapat banyak objek wisata yang bisa dikunjungi misalnya, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Benteng Kuto Besak, Pasar 16 Ilir, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Jembatan Musi II, Kilang Minyak Pertamina, Rumah Sakit, Pantai Bagus Kuning, Masjid Al Munawar dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Museum Sultan Mahmud Badaruddi II

Museum Sultan Mahmud Badaruddi II



Terletak diantara Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak yang merupakan peninggalan keraton kerajaan Palembang Darussalam.

3. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak


Tempat wisata di Palembang ini terletak di Sungai Musi, tidak jauh dari Jembatan Ampera. Benteng ini adalah sebuah bangunan yang merupakan peninggalan dari kesultanan Darusalam. Di dalam benteng tersebut ada kantor kesehatan yakni Kodam Sriwijaya II serta rumah sakit. Tempat ini juga merupakan benteng satu-satunya yang dibangun dengan dinding batu. Zaman dahulu, benteng ini dimanfaatkan untuk pertahanan diri dari serangan musuh.

4. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang


Masjid ini terletak dipusat kota dan merupakan masjid terbesar yang ada di Sumatera Selatan. Masjid ini memiliki kapasitas 15.000 jama’ah.

5. Gedung Kantor Walikota Palembang

Gedung Kantor Walikota Palembang


Gedung ini terletak dipusat kota, tadinya gedung ini digunakan untuk menara air yang mengalirkan air ke seluruh kota dan dikenal dengan kantor ledeng. Saat ini gedung Walikota Palembang digunakan untuk tempat wisata.

6. Kembang Iwak Family Park

Kembang Iwak Family Park


Tempat wisata di Palembang ini adalah sebuah danau yang terletak dipusat kota dan berdekatan dengan rumah atau tempat tinggal walikota Palembang. Ditempat ini memiliki banyak tempat rekreasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Di Kembang Iwak Family Park juga ada air mancur dengan sorotan lampu warna-warni saat malam hari.

7. Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu


Tempat wisata di Palembang ini berada dipusat kota, jaraknya kurang lebihnya 7 km. Hutan Wisata Punti Kayu ini luasnya mencapai 50 hektar. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1998 dan ditetapkan untuk hutan lindung.

8. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya


Tempat wisata di Palembang ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya. Taman ini terletak di pinggir Sungai Musi. Di tempat ini juga tersimpan sebuah prasasti atau batu peninggalan dari kerajaan.

9. Taman Purbakala Bukit  Siguntang

Taman Purbakala Bukit  Siguntang


Tempat wisata di Palembang ini terletak di bagian barat dari kota Palembang. Di taman ini ada beberapa peninggalan kerajaan seperti makam kuno dan lain sebagainya.

10. Monumen perjuangan rakyat

Monumen perjuangan rakyat


Lokasi dari monumen ini adalah di tengah-tengah kota, tidak terlalu jauh dari Jembatan Ampera maupun Masjid Agung. Di dalam monumen ini ada banyak benda bersejarah dan peninggalan setelah masa penjajahan.

Selain beberapa tempat atau objek wisata di atas, anda juga dapat mengunjungi obyek wisata di Palembang yang lain. Seperti: Masjid Cheng Ho Palembang, Kawah Tengkurep, Kampung Arab Al Munawwar 13 Ulu, Kampung Kapitan, Kilang Minyak Pertamina, Pusat Kerajinan Songket, Bagus Kuning, Pulau Kemaro, Fantasy Island dan masih banyak lagi. Semoga informasi di atas dapat memberikan inspirasi berlibur di kota Palembang.