Sabtu, 03 Juni 2023

Wisata Gratis ke Bendungan Rentang Majalengka Jawa Barat

Wisata Gratis ke Bendungan Rentang Majalengka Jawa Barat, Tempat Wisata Terindah - Bendungan rentang merupakan salah satu bendungan terbesar yang berada di bagian utara Majalengka. Bendungan ini menampung beberapa sungai di Jawa Barat seperti sungai Cimanuk, sungai Citarum dan sungai-sungai kecil di sekitarnya.

 Bendungan Rentang Majalengka Jawa Barat


Bendungan Rentang Majalengka



Sejarah Pembangunan Bendungan Rentang di Majalengka



Bendungan ini dibangun oleh seorang kontraktor dari Prancis yang  bekerjasama dengan PT. Hutama Karya Pusat dan diberikan dana oleh Bank Dunia. Sejak tahun 1982 sampai sekarang bendungan ini  masih beroperasi . Bendungan ini mempunyai luas DPS 6.950 km2 dengan mencakup sebagian wilayah kabupaten Garut, Sumedang, Majalengka dan Indramayu. Besar sekali bukan ?

Keindahan Bendungan Rentang di Majalengka



Seperti apakah keindahan dari bendungan ini ? mari kita lihat beberapa informasi tentang Bendungan Raksasa Rentang. Bendungan ini termasuk bendungan yang ramai dikunjungi para warga. Di sekitar bendungan terdapat area bermain, salah satu permainan adalah menaiki odong-odong (becak mainan). Para warga biasanya melakukan wisata dengan membawa beberapa rombongan. Para anak-anak ABG pada hari libur sering melakukan lari pagi, berolah raga dan jalan-jalan.  Jika anda merasa sedikit lapar, anda bisa mampir ke penjual makanan dan minuman yang berada sebelum bendungan. Penjual menyediakan menu khas makanan tradisional sunda yaitu serabi. Untuk memaski kawasan Bendungan Rentang ini tidak dikenakan biaya alias gratis, namun apabila menghendaki makan di sekitar bendungan ya harus beli ya.

Lokasi Bendungan Rentang di Majalengka



Bendungan Rentang terletak di Dusun Rentang Desa Panongan kecamatan Jatitujuh, kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dari pusat kota jarak yang harus ditempuh sekitar  kurang lebih 35 Km. Letak koordinat Bendungan Rentang adalah -6.661539, 108.221169. Kondisi jalan untuk saai ini sedikit memprihatinkan, jalannya agak rusak, rumput-rumput disekitarnya kurang  terawat dengan baik. Akses jalan tergolong mudah, anda bisa  menggunakan kendaraan pribadi atau  bisa juga menggunakan angkutan umum dari  Desa Kadipaten - Jatitujuh.

Potensi Wisata Bendungan Rentang di Majalengka



Objek wisata ini mempunyai potensi yang sangat baik apabila di ekspose lebih dalam. Akan tetapi, pemerintah Kabupaten yang menangani potensi pariwisata di Desa Jatitujuh belum memberikan mandat kepada pihak-pihak terkait untuk mengembangkan objek wisata Bendungan Rentang agar menjadi tempat wisata yang dapat menarik lebih banyak pengunjung..

Terima kasih sudah membaca artikel Wisata Gratis ke Bendungan Rentang Majalengka Jawa Barat. Semoga kita dapat melestarikan objek-objek wisata yang berada di Indonesia ini. Banyak tempat-tempat berpotensi yang belum tergali sebagai objek wisata. ( Baca Informasi Wisata : Tempat Wisata Terindah di Garut )