12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah

shares |

12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Karanganyar merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Karanganyar sempat menjadi terkenal di Indonesia karena sebagai "Kota Jemani". Ya, dahulu pada saat demam jemani, Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu penghasil jemani dengan kualitas bagus. Selain Jemani tentunya juga banyak sekali dikembangkan tanaman hias disana seperti anthurium, gelombang cinta, adenium, dan lain sebagainya. Kondisi iklim di Kabupaten Karanganyar yang terdapat di lereng Gunung Lawu ini memang sangat cocok untuk tanaman hias serta tanaman buah dan sayur atau hortikultura. Sampai saat ini, tanaman hias masih dijadikan sebagai salah satu komoditas unggulan di Karanganyar, namun kepopulerannya sudah tidak seperti dulu. Para wisatawan yang berkunjung ke Grojogan Sewu masih banyak yang membeli tanaman hias ini sebagai oleh-oleh keluarga dirumah.
Lokasi Kabupaten Karanganyar adalah 14 km di sebelah timur Kota Surakarta atau Solo. Dengan demikian pariwisata di Karanganyar tidak bisa dilepaskan dari Pariwisata di Kota Solo. Banyak paket wisata yang menawarkan paket wisata di Kota Solo dan sekitarnya. Biasanya beberapa tempat wsiata di karanganyar juga dimasukkan dalam paket wisata Kota Solo ini.

Berikut ini adalah 12 tempat wisata unggulan di Kabupaten karanganyar Jawa Tegah yang harus anda kunjungi :

1. Grojogan Sewu

Jika orang sunda menyebut air terjun dengan curug, maka orang jawa menyebutnya dengan kata grojogan. Di Karanganyar terdapat tempat wisata yang sangat terkenal yaitu Grojogan Sewu. Grojogan Sewu terdapat di lereng Gunung Lawu atau tepatnya beralamat di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Tempat Wisata Grojogan Sewu ini merupakan tempat wisata unggulan dan sangat terkenal di Kabupaten karanganyar. Hal itu menjadikan tempat wsiata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Lokasi kawasan wisata ini sangat sejuk karena terletak di lereng gunung yang disekitarnya masih ditumbuhi hutan yang lebat. Di hutan sekitar Grojogan Sewu di Tawangmangu ini banyak terdapat kera yang hidup secara liar. Kera-kera ini seperti kera-kera lainnya, sering merebut tas bawaan para wisatawan. Oleh karena itu anda harus berhati-hati apabila berkunjung ke tempat wisata Grojogan Sewu ini. Untuk sampai ke air terjun pengunjung harus menempuh perjalanan dengan menuruni anak tangga sebanyak 1.250 buah. Cukup melelahkan bagi anda yang tidak terbiasa, namun rasa lelah itu seakan hilang setelah melihat pemandangan Grojogan Sewu yang sangat memukau.

2. Taman Ria Balekambang

Tak jauh dari lokasi parkiran wisata Grojogan Sewu terdapat sebuah taman yang sangat bagus untuk wisata bersama keluarga. Taman ini bernama Taman Ria Balekambang. Tempat Wisata di Kawasan Tawangmangu ini lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan. Disini anda dapat menikmati sejuknya udara khas pegunungan serta menikmati berbagai macam fasilitas, seperti Kolam Renang, Lapangan Tenis, Sanggar Lukis dan lain-lain. Perlu anda ketahui kawasan wisata di Tawangmangu ini juga terdapat berbagai macam hotel dan villa yang dapat anda sewa untuk liburan bersama keluarga atau teman. Ya, mungkin hampir mirip dengan di Puncak Bogor lah. Kawasan ini selalu ramai pada Hari Minggu.

3. Astana Giribangun

Dimanakah Presiden Kedua Indonesia Soeharto dimakamkan ? Apakah anda tahu ? Sepertinya tidak banyak yang tahu jika Presiden Kedia RI Soeharto dimakamkan di kabupaten Karanganyar, kecuali mereka yang benar-benar mengidolakannya. Makam Presiden Soeharto ini merupakan kompleks pemakaman keluarga yang diberi nama Astana Giribangun. Astana Giribangun dibangun diatas sebuah bukit yang terletak di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Sebelum Bapak Soeharto wafat, tempat ini sudah digunakan untuk pemakaman Ibu Tin Soeharto beserta beberapa keluarga beliau yang sudah wafat juga. Saat ini makam Bapak Soeharto ini banyak dikunjungi oleh warga masyarakat yang ingin mengenang jasa-jasa beliau dalam membangun Bangsa Indonesia.

4. Candi Cetho

Tempat Wisata di Kabupaten Karanganyar selanjutnya adalah Candi Cetho. Candi Cetho merupakan sebuah Candi Hindu yang terdapat di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi Kabupaten Karanganyar. Menurut sejarah, Candi Cetho merupakan candi peninggalan Kerajaan majapahit. Di kompleks ini juga terdapat petilasan Ki Ageng Krincingwesi yang merupakan leluhur Dusun Cetho. Apa keunikan Candi Cetho di Karanganyar ini ? Candi Cetho memiliki keunikan tersendiri yang tak ada di candi lainnya, yaitu terdapat patung berupa kalacakra atau alat kelamin laki-laki. Selain itu candi Cetho ini dibangun pada lahan yang berundak. Ada sebelas teras yang masing-masing teras memiliki keunikan bangunan tersendiri.

5. Candi Sukuh

Tak jauh dari obyek wisata Candi Cetho, terdapat obyek wisata lain yang tak kalah uniknya dibanding Candi Cetho, yaitu Candi Sukuh. Candi Sukuh terdapat di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, yang lokasinya tak jauh dari Candi Cetho. Seperti halnya di Candi Cetho, di Candi Sukuh ini juga banyak terdapat patung-patung beraroma erotis. Namun menurut beberapa literatur patung-patung ini memiliki arti sebagai simbul kesuburan. Ada yang unik di Candi Sukuh ini, yaitu struktur bangunan candinya ternyata tidak sama dengan candi lain di Indonesia. Malah struktur Candi Sukuh ini lebih mirip dengan bangunan suku Maya di Meksiko atau suku Inca di Peru. Penasaran bukan, mari berkunjung ke Karanganyar Jawa Tengah !

6. Perkebunan Teh Kemuning

Tempat wisata unggulan di Kabupaten karanganyar Jawa Tengah selanjutnya adalah berupa perkebunan Teh Kemuning. Bagi warga Solo dan sekitarnya, apabila ingin menikmati indahnya perkebunan teh, maka tidak harus pergi ke puncak Bogor, karena di tetangga mereka di Kabupaten karanganyar terdapat sebuah perkebunan teh dengan pemandangan yang tak kalah memukaunya dibanding Puncak Bogor. Perkebunan teh ini disebut dengan Perkebunan Teh Kemuning. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati indahnya perkebunan teh yang hijau dengan udara yang sejuk. Selain itu di tempat ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk hobi aero sport paralayang tepatnya di Venues Bukit Paralayang Ds. Segoro Gunung Kemuning Karanganyar. Lokasinya memang di lereng Gunung Lawu sehingga udara khas pegunungan menjadi ciri khas daerah ini. Jalur yang ditempuh untuk ke Perkebunan Kemuning ini sejalan dengan jalur yang ditempuh apabila ingin ke Candi Cetho, Candi Sukuh dan Air terjun Jumog.

7. Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar juga terdapat Air TErjun Jumog. Tempat wisata di Karanganyar ini bisa dibilang masih baru dan belum sebanyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pengunjung tempat wisata ini hanya terbatas pada keluarga dan rombongan dari seputar Wilayah Solo Raya. Suasana yang ditawarkan di kawasan wisata Air Terjun Jumog ini adalah suasana pegunungan dengan udara yang sejuk dengan ditambah dengan air terjun yang indah. Jika anda pernah ke Grojogan Sewu, air trjun di Jumog ini sedikit lebih kecil dibandingkan di Grojogan Sewu. Namun akses untuk menuju ke sini tidaklah begitu sulit. hanya menuruni sedikit tangga dan anda akan sampai di Lokasi wisata, tidak seperti di Grojogan Sewu yang harus menuruni ribuan tangga.

8. Agrowisata Sondokoro

Tak jauh dari Kota Karanganyar terdapat sebuah pabrik gula yang masih dalam naungan PTPN IX Jawa Tengah yaitu Pabrik Gula Tasikmadu. pabrik gula ini merupakan salah satu pabrik peninggalan zaman Balanda dulu. Saat ini manajemen PTPN IX membuka agrowisata di sekitar Pabrik Gula Tasikmadu yang digunakan untuk wisata keluarga di sekitar Karanganyar yaitu Agrowisata Sondoloro. Di area ini wisatawan dapat menikmati berbagai macam fasilitas permainan yang disediakan misalnya flying fox, waterboom dan arena bermain lainnya. Selain itu juga anda dapat mengelilingi kawasan wisata dengan menggunakan kereta tua yang sangat unik dan antik. Hal ini tentunya dapat menjadikan pengalaman tersendiri bagi anda dan anggota keluarga anda.

9. Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso

Kalau biasanya orang mengenal rafting, di Karanganyar anda dapat melakukan tubing. River Tubing atau biasa disingkat dengan tubing merupakan aktivitas menyusuri sungai dengan menggunakan ban. Peralatan yang digunakan sebagai standard keselamatan hampir sama denga rafting yaitu dengan menggunakan helm dan pelampung. Permainan tubing di Karanganyar terletak di area Banyu Bening Arena yang berada di Desa Punthukrejo Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar. Aktivitas tubing ini sangat menyenangkan apalagi dilakukan dengan rombongan. Biasanya rombongan ini bisa sekeluarga, teman kampus atau teman sekantor. Di sepanjang rute sungai yang ditempuh ini pesrta dapat menikmati dinginnya air sungai yang sangat jernih serta bebatuan khas pegunungan. Pemandangan di sekitar sungai juga sangat mengagumkan.

10. Pemandian Sapta Tirta Pablengan

Obyek wisata di Kabupaten Karanganyar selanjutnya adalah Pemandian Sapta Tirta yang berada di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Merujuk pada namanya, Sapta Tirta, di tempat ini terdapat 7 buah sumber mata air yang masing-masing memiliki rasa yang berbeda. Padahal ketujuh sumber mata air ini terletak dalam satu area. Ketujuh sumber air tersebut adalah Pertama, Sumber Air Bleng yang airnya digunakan sebagai bahan pembuatan karak atau kerupuk. Kedua, Sumber Air Kasekten, airnya dipercaya dapat menambah kekuatan dan mensucikan badan. Ketiga, Sumber Air Mati yang dianggap unik sebab airnya selalu tetap, tidak bertambah dan tidak berkurang, namun konon air dari sumber ini tidak boleh digunakan untuk mandi, cuci muka apalagi diminum. Keempat adalah Sumber Air Urus-Urus yang airnya digunakan untuk memperlancar buang air besar atau obat pencuci perut. Kelima, Sumber Air Hangat, airnya dipercaya dapat menyucikan badan sekaligus untuk mengobati berbagai penyakit kulit, gatal-gatal, dan rematik. Keenam Sumber Air Hidup yang airnya dipakai untuk membasuh muka agar seseorang awet muda dan tampak cantik penampilannya, Sedangkan ketujuh Sumber Air Soda, yang airnya berasa soda alami dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit dalam seperti ginjal, TBC, liver serta gula.

11. Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort dan Sekipan

Masih di Kawasan Wisata Tawangmangu, tak jauh dari lokasi Grojogan Sewu, terdapat sebuah tempat wisata yang tak kalah seru, yaitu berupa Bumi Perkemahan atau Buper. Buper ini sering digunakan untuk melakukan camping baik oleh siswa-siswi sekolah, mahasiswa maupun dari kalangan lainnya. Lokasinya yang sangat sejuk menjadikan tempat ini ramai dikunjungi. Tak hanya untuk tujuan camping, pada saat liburan tiba banyak juga yang sekedar datang untuk menikmati pemandangan berupa jajaran pohon pinus yang sangat indah. Bumi Perkemahan (BUPER) Camping Lawu Resort  terletak di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Masyarakat sekitar sudah sangat familiar dengan Buper SEkipan. Jadi kalau anda kesana anda dapat bertanya dengan masyarakat di sekitar Tawangmangu, hampir dipastikan mereka tahu Buper Sekipan.

12. Puncak Gunung Lawu

Wisata di Karanganyar yang juga sudah terkenal berikutnya adalah Puncak Gunung Lawu atau di Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Tempat wisata ini kami masukkan karena memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri Kabupaten Karanganyar terutama bagi anda pecinta alam di seluruh Indonesia. Lokasi jalur pendakian ini terletak di perbatasan antara Kabupaten karanganyar Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan jawa Timur. Untuk mendaki puncak Gunung Lawu ini kami sarankan didampingi oleh pendaki yang sudah berpengalaman. Karena memang mendaki di puncak gunung manapun tidak boleh disepelekan, harus dengan persiapan yang matang serta pengalaman di pegunungan yang mumpuni. Biasanya para pendaki akan memulai mendaki dari pos di Cemoro Sewu dan nantinya berakhir di Cemoro Kandang. Sebelum memulai mendaki anda dapat menikmati segelas kopi dan jajanan yang dijajakan oleh warung di sekitar kawasan ini. Untuk proses pendakiannya biasanya dimulai pada malam hari, harapannya nantinya di pagi hari sudah dapat mencapai puncak dan melihat sunrise dari puncak Lawu Hargo Dumilah. Ada keunikan tersendiri dari Puncak Lawu ini, yaitu di atas Gunung Lawu sebelum sampai puncak ada sebuah warung yang menjajakan makanan untuk para pendaki. Warung ini namanya Warung Mbok Yem yang Lokasinya masih di jalur pendakian ini. Hal ini tentunya sangat membantu para pendaki, karena dapat beristirahat menggelar tenda sambil menikmati berbagai makanan yang dijajakan serta minum berbagai minuman hangat yang juga disediakan. Yang kami tidak habis pikir bagaimana perjuangan pemilik warung ini untuk membawa berbagai macam bahan makanan untuk dibawa ke atas gunung. Perjalanan yang ditempuh padahal hampir sama dengan perjalanan ke puncak Lawu Hargo Dumilah.

Bagaimana info tentang tempat wisata Karanganyar diatas ? Menarik Bukan ? Sedikit informasi apabila anda sedang berkunjung ke Karanganyar kemudian ingin berkeliling ke tempat wisata Karanganyar dengan menggunakan mobil rental, anda dapat menyewa jasa rental mobil di Karanganyar dengan mengakses situs Docar.co.id. Disana ada banyak sekali mobil yang dapat anda sewa. Untuk berkunjung ke situs resminya anda dapat klik di DOcar sewa mobil Solo.

Nah, Demikian tadi 12 Tempat Wisata Unggulan di Karanganyar Jawa Tengah. Di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah sendiri tidak hanya terdapat 12 wisata diatas saja, namun banyak juga wisata lain yang mungkin belum banyak terekspos dan belum banyak dikembangakn oleh pemerintah setempat. Berikut ini kami sampaikan juga beberapa tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik yang terdapat di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Pemandian Air Hangat Cumpleng terletak di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu
Monumen Joko Songo, merupakan Makam Pahlawan dari para Tentara Pelajar (TP) yang tergabung di Pasukan Ala-alap yang gugur melawan penjajah Belanda 

Candi Planggatan, letaknya di tidak terlalu jauh dari Candi Sukuh

Monumen Tanah Kritis, berupa wisata pendidikan untuk mengenang keberadaan tanah kritis yang terletak di Desa Sukosari, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar.

Waduk Lalung, dibangun untuk keperluan pengairan, perikanan serta pertanian namun belum serius dikembangkan untuk Pariwisata.

Situs Watu Kandang, merupakan situs peninggalan zaman pra sejarah yang terletak di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Astana Mengadeg, terletak di Desa Karang Bangun Kecamatan Matesih merupakan komplek makam raja-raja dari Istana Mangkunegaran, Surakarta.

Goa Tlorong terletak di Desa Lempong Kecamatan Jenawi, merupakan goa alami yang memiliki ukuran mulut goa dua meter kali 1,5 meter.

Air Terjun Pringgodani terletak di Kelurahan Blumbang empat kilometer dari terminal bus Tawangmangu, Karanganyar.

Monumen RRI tersembunyi di Desa Balong Jenawi

Pura Peninggalan Leluhur Bali di Karanganyar yang awalnya berupa petilasan yang semula berwujud makam Ki Ageng Pasek (Pemacekan), Beliau adalah leluhur Bali yang dimakamkan di Desa Pasekan Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Wisata Gunung Bromo merupakan kawasan hutan penelitian yang ditumbuhi berbagai jenis pohon, termasuk pohon-pohon langka, seperti Cendana.

Wisata Yang Berhubungan