Sejarah dari Monumen Mandala

shares |

Di pusat Kota Makasar terdapat sebuah Monumen yang bernama Monumen Mandala. Monument Mandala ini dibangun untuki mengenang  Pembebasan Irian Barat. Monument ini teletak di jl. Jendral Sudirman, tak jauh dari lapangan kaberosi, sehingga untuk menuju monument ini dapt ditempuh dengan berjalan kaki.
Sejarah dari Monumen Mandala
Dalam sejarah dari Monument Mandala ini terdapat berbagaimacam relief dan diorama tentang perjuangan Pembebasan Irian Barat. Bangunan monument berbentuk segitiga sama sisi ini terlihat begitu menawan dan elegan dilengkapi dengan menara yang menjulang timnggi sekitar 75 meter dari permukaan tanah. Bangunan yang berbentuk segitiga merupakan symbol dari Trikora (Tiga Komando Rakyat). Pada bagian bawah dan atas bangunan terdapat relief yang berbentuk kobaran api menandakan semangat juang Trikora. Monument Trikora yang beralntai duan ini menyimpan banyak keunikan disetiap lantainya.
Pada lantai pertama terdapat berbagai macam relief dan juga 12 diorama. Diorama yang terdapat dilantai pertama menceritakan gambaran perang yang terjadi di Makassar hingga peristiwa Andi Azis. Pada lanatai kedua juga terdapat diorama yang menggambarkan perjuangan pembebasan Irian Baratserta mengembalikannya ke NKRI. Selain itu tiga relief pada lantai ini menggambarkan rapat atau diskusi guna membahas rencana atau strategi yang akan digunakan dalam pembebasan Irian Barat, relief Tiga Komando Rakyat (Trikora) dan relief Jenderal Basuki Mawa Bea.
Ada pula ruang – ruang yang dimanfaatkan sebagai ruang gallery serta ruang pertemuan. Selain itu di bagian belakang Monumen Mandala juga terdapat sebuah panggung yang biasa digunakan untuk acara – acar tertentu yang diadakan oleh PEMKAB setempat untuk menghibur masyarakat kota Makasar.
Sejarah dari Monumen Mandala
Jadi anda saat anda berkunjung ke Makasar kurang lengkap rasanya jikan anda tidak menyempatkan untuk mampir ke tempat wisata daerah Monumen Mandala. Sebab selain di sini anda bisa mengetahui tentang cerita perjuanan Trikora anda juga bisa menikmati keindahan serta hiburan yang terdapat disekitar Monumen Mandala.
Tempat ini sangat terjangkau sehingga anda bisa menggunakan kendaraan apa saja untuk sampai ke tempat sejarah Monumen Mandala ini. Untuk masuk ke dalam Monumen Mandala ini anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-/kepala. Selamat berkunjung 


Wisata Yang Berhubungan