Kamis, 01 Juni 2023

10 Obyek Wisata di Seputar Kawasan Bandungan Semarang

10 Obyek Wisata di Seputar Kawasan Bandungan Semarang, Tempat Wisata Terindah - Kawasan Bandungan merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Jawan Tengah. Kawasan wisata ini menjadi salah satu kawasan wisata unggulan yang ada di Jawa Tengah. Suasana pegunungan yang sejuk menjadi salah satu daya tarik kawasan ini, disamping ada berbagai macam wisata yang telah dikembangkan sehingga menambah jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bandungan. Di Kawasan Bandungan ada berbagai jenis tempat wisata, dari wisata alam di Bandungan yang terkenal sejuk, wisata sejarah, sampai wisata keluarga dapat dinikmati di Kawasana Bandungan Semarang ini. Dalam artikel ini akan kami sampaikan 10 Obyek Wisata di Seputar Kawasan Bandungan Semarang. Dengan artikel ini kami berharap dapat memberikan sedikit pencerahan bagi anda yang ingin berkunjung ke sana. beberapa wisatawan masih bingung menentukan pilihan mau kemana tujuan wisatanya, sehingga salah satunya jalan adalah buka google dan mencari keyword tentang tempat wisata di Bandungan. Jika anda menemukan artikel ini melalui google, kami ucapkan selamat dan semoga bermanfaat. Berikut adalah tempat wisata di kawasan Bandungan selengkapnya.

10 Obyek Wisata di Seputar Kawasan Bandungan Semarang

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo


Tujuan wisata pertama yang sudah terkenal adalah Candi Gedong Songo. Candi ini terdapat di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Candi Gedong Songo memiliki eksotisme yang tersendiri. Keberadaannya yang berada di pegunungan atau pada ketinggian 1200 mdpl membuat suasana sekitar candi menadi lebih sejuk. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, Candi Gedong Song juga sering digunakan sebagai lokasi prewedding. Di tempat ini juga terdapat kuda wisata yang dapat disewa wisatawan untuk mengelilingi kompleks Candi Gedong Songo ini.

2. New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort


Dahulu New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort dikenal sebagai Hotel PJKA dimana merupakan sebuah hotel tempat wisatawan menginap. Namun kemudian dikembangkan menjadi area tempat wisata di kawasan Bandungan dengan berbagai fasilitas yang sangat menarik. Luas area ini adalah 3 hektar, dimana didalamnya terdapat beragam fasilitas untuk pengunjung seperti Family Resort, Convention Hall, Waterpark, Gardening, Playground, Kidcastle, Pemancingan, Outbound, Sanctuary Butterfly, Cafe dan live Music. Jadi jika anda ke Bandungan jangan lupa mengunjungi tempat ini dimana anda dapat berlibur bersama keluarga dengan fasilitas yang sangat komplit. Untuk pemesanan dapat menghubungi kontak berkut :
New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort:
Alamat: Jl. Veteran No 3 Bandungan, Kab Semarang.
Nomor Telepon: 0298 – 711078 Fax : 0298 – 712084
Email : bandungani@yahoo.com
Website: www.bandunganindah.com
Facebook: New Bandungan Indah Waterpark.

3. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti


Umbul Sidomukti merupakan salah satu tujuan wisata yang juga sangat digemari oleh masyarakat berbagai lapisan. Di umbul sidomukti wisatawan dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga berbagai usia. Beberapa fasilitas yang tersedia misalnya Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, ATV, Flying fox, serta Meeting Room. Namun tentunya fasilitas yang paling utama adalah adanya kolam yang berada di ketinggian. Sehingga jika anda mandi di kolam ini anda dapat sambil menikmati pemandangan Kota Ungaran dari atas.

4. Pondok Kopi Sidomukti

Pondok Kopi Sidomukti


Tak jauh dari Pemandian Umbul Sidomukti tepatnya berada di atasnya terdapat sebuah kedai kopi yang lain dari yang lain. Kedai Kopi ini tak hanya menyajikan nikmatnya minum kopi, namun juga ditambah dengan suasana yang berbeda. Ya, terasa berbeda karena menikmati kopi di Pondok Kopi Umbul Sidomukti ini dilakukan di ketinggian dengan udara yang sejuk dingin. Di Pondok kopi ada berbagai macam menu yang disediakn, menu utama pastinya kopi yang dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin. menu lainnya misalnya  teh, susu, juice, minuman tradisional berupa bajigur, skoteng, bandrek, wedang jahe dll. Anda juga dapat memesan menu makanan seperti roti bakar, pisang bakar, nugget, kentang, sosis, singkong, tape, nasi goreng, bakmi goreng, bakmi jawa kuah, dan menu paket nasi. Harga berbgai menu di Pondok Kopi Sidomukti juga gak terlalu mahal kok, berkisar 3000 sampai 35.000 rupiah.

5. Pemancingan Bandungan

Pemancingan Bandungan


Selain menikmati indahnya pemandangan alam Bandungan yang indah, anda juga dapat menikmati salah satu wisata kuliner yang ada di seputar Bandungan yaitu berupa pemancingan. Seperti halnya pemancingan pada umumnya, di lokasi Pemancingan di Bandungan ini anda dapat menikmati berbagai macam sajian masakan khas ikan air tawar. Pemancingan di sekitar Bandungan ini paling banyak berada di Desa Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Beberapa pemancingan di Bandungan yang sudah terkenal misalnya Taman Pemancingan Suharno, Pemancingan Pondok Alam Bang Khohar, dll.

6. Karaoke Bandungan

Karaoke Bandungan


Pengembangan pariwisata di Kawasan Bandungan memang luar biasa pesatnya. Hal itu dibuktikan dengan tumbuhnya berbagai macam fasilitas yang ada di Kawasan ini. Salah satu fasilitas yang saat ini sudah menjamur adalah adanya berbagai macam hotel, penginapan, villa serta karaoke yang berada di kawasan wisata Bandungan. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya fasilitas berupa karaoke dan hotel ini juga dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menyediakan fasilitas mesum berupa wanita penghibur. Ya, semua kembali pada individu masing-masing. Kalau memang hobi menyanyi, tidak ada salahnya mencoba beberapa karaoke keluarga yang terdapat di Kawasan Bandungan ini bersama teman-teman anda. Tapi cukup karaoke saja ya, jangan yang macam-macam, hee.

7. Camp Mawar

Camp Mawar


Bosan dengan wisata yang biasa ? Anda dapat mencoba wisata dengan cara yang berbeda dan lain dari biasanya. Wisata seperti ini salah satunya disediakan di Camp Mawar. Seperti namanya, di lokasi wisata ini anda dapat mengajak rombongan baik itu keluarga, teman, rekan kantor atau lainnya untuk camping di Camp Mawar dalam suasana pegunungan yang indah. Terdapat lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda di Camp Mawar dengan pemandangan berupa perbukitan serta hutan pinus yang indah. Dengan berkamping bersama ini anda dapat lebih mengakrabkan hubungan dalam rombongan itu. Jika tidak ingin repot membawa tenda, di Camp Mawar juga sudah disediakan tenda dengan sistem sewa.

8. Susan Spa

Susan Spa


Ini menjadi salah satu ide yang sangat menarik, yaitu memanjakan diri dengan spa tetapi di atas ketinggian. Fasilitas seperti ini hanya akan anda dapati di Susan Spa. Susan Spa terletak di atas Pasar Bandungan serta memiliki pemandangan aam yang sangat elok. Beragam fasilitas dapat anda daati di Susan Spa seperti Eden park, Ballroom, Restaurant, Semi outdoor swimming pool, souvenir shop, cafe, wedding venue, fitnes studio, sauna dan jacuzzi. Banyak pengunjung yang berminat untuk melakukan spa di Susan Spa. Hal itu karena banyak wisatawan yang lelah berkeliling menikmati suasana pegunungan di seputar Bandungan dan ingin memanjakan diri dengan Spa.

9. Pasar Kembang Bandungan

Pasar Kembang Bandungan


Daerah di Sekitar Bandungan merupakan wilayah pegunungan yang dikembangakan juga sebagai agrowisata. Ada berbagai macam produk yang dikembangkan di Bandungan yang kebanyakan dari kelompok hortikultura berupa sayur, buah dan bunga. Sebagai sarana memasarkan berbagai macam produk ini maka digunkan pasar ang salah satunya adalah pasar kembang Bandungan. Pasar ini mulai aktif pada pagi buta sekitar pukul 3-5 pagi. Ada berbagai macam bunga yang dijual di pasar ini misalnya adalah Krisan, sedap malam, gladiol, melati, aster, dahlia dan mawar. Anda dapat juga membeli bunga ini di pasar kembang sebagai oleh oleh.

10. Wisata Kuliner Bandungan

Wisata Kuliner Bandungan


Sebagai penutup dari pembahasan tempat wisata di seputar Bandungan ini akan kami sampaikan wisata kuliner yang tentunya akan menggugah selera. Yang dapat anda nikmati sekaligus dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bandungan adalah buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak dijual di Pasar Bandungan. Buah dan sayur ini merupakan produk asli dari Bandungan, misalnya durian, tomat, cabe, paprika dll. Selain itu ada bebrapa panganan dan jajanan yang juga khas Bandungan seperti Torakur yang merupakan kepanjangan dari Tomat rasa kurma, tempa, tahu serasi, getuk lipet dll.

Dengan banyaknya tempat wisata di sekitar Kawasan Bandungan maka alangkah baiknya apabila anda dalam mengunjungi wisata Bandungan ini mengunakan jasa rental mobil di dekat Bandungan. Salah satu jasa rental mobil yang kami rekomendasikan adalah DOcar sewa mobil Semarang. anda dapat mengunjungi situsnya di link diatas.

Demikaian tadi 10 Obyek Wisata di Seputar Kawasan Bandungan Semarang yang cukup populer dikalangan masyarakat Jawa Tengah. Memang kawasan wisata Bandungan ini sangat cocok digunakan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Selain ada banyak lokasi wisata, akses menuju lokasi wisata Bandungan juga sangat mudah karena dekat denagn Ungaran yang merupakan ibu kota Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Terus ikut blog kami di Tempat wisata terindah terutama 12 tempat wisata di Kabupaten Semarang.