Rabu, 15 Juli 2015

12 Tempat Wisata di Tegal yang sudah Populer

12 Tempat Wisata di Tegal yang sudah Populer, Tempat Wisata Terindah - Tegal merupakan nama dari Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Kabupaten Tegal beribukota di Slawi sedangkan Kota Tegal beribukota di Kota Tegal sendiri. Ada berbagai tempat wisata menarik baik di Kabupaten Tegal maupun di Kota Tegal. Dalam pembahasan ini kami akan jadikan dalam satu bahasan yaitu 12 tempat wisata di tegal yang sudah populer. Salah satu wisata di Tegal yang sudah sangat Populer adalah Pemandian Air Panas Guci. Tempat ini selalu ramai didatangi wisatawan terutama saat musim liburan tiba. Berikut ini adalah Daftar 12 obyek wisata populer di Tegal selengkapnya.

12 Wisata Tegal Jawa Tengah Populer

1. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci


Pemandian Air Panas Guci merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat terkenal di Kabupaten Tegal jawa Tengah atau tepatnya beralamat di Dukuh Pekandangan Desa Rembul, Kec. Bojong Tegal. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini memiliki keunikan berupa sumber air panas yang berada di kaki Gunung Slamet. Sumber air panas ini berjumlah 25 buah dengan tingkat suhu yang berbeda beda. Air yang keluar dari Sumber air panas Guci ini dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain terkenal dengan pemandian air panas nya, pemandangan di sekitar Guci ini juga sangat menarik karena berlokasi di kaki Gunung Slamet sehingga nuansa pegunungan yang berhawa sejuk sangat terasa.

2. Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah


Letak Kabupaten Tegal yang berada di tepi Pulau Jawa membuat Kabupaten ini  memiliki beberapa pantai yang diantaranya dijadikan sebagai tempat wisata karena memiliki pemandangan yang indah. Tempat wisata pantai di Tegal ini salah satunya adalah Pantai Purwahamba Indah. Pantai ini memiliki sederet fasilitas yang sangat lengkap dari mulai kolam renang, waterboom, sepeda air, kereta mini, gazebo cafe dll. Pantai Purwahamba Indah memiliki keindahan berupa warna air pantai yang biru jernih dengan ombak tak terlalu besar serta bibir pantai yan ditumbuhi nyiur yang subur. Jika anda berminat berkunjung ke pantai ini anda dapat mencari lokasinya di Jalan Raya Tegal - Pemalang kam 14.

3. Tirta Waduk Cacaban

Tirta Waduk Cacaban


Tirta Waduk Cacaban merupakan tempat wisata di Kabupaten Tegal yang indah. Pemandangan di wisata ini adalah berupa bangunan waduk yang dibangun sejak tahun 1952 dan peletakan batu pertamanya dilaksanakan oleh Presiden Soekarno. Waduk Cacaban sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi bagi persawahan disekitarnya namun juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten TEgal sebagai obyek wisata yang sangat potensial. Dan memang selama ini Tirta Waduk Cacaban dikembangkan secara serius menjadi obyek wisata. Hal itu dibuktikan dengan pembangunan beberapa fasilitas di sekitar waduk seperti bumi perkemahan, tempat bermain anak, panggung hiburan, warung apung, kapal wisata dll.

4. Agro Wisata Loco Antik

Agro Wisata Loco Antik


Ingin menikmati lokomotif antik mengelilingi perkampungan dan perkebunan tebu ? Di tegal anda dapat menikmatinya yaitu di Agro Wisata Loko antik yang dikelola oleh PG.Pangka di Kabupaten Tegal yang merupakan bagian dari PTPN IV Jawa Tengah. PG. Pangka ini merupakan perusahaan perkebunan dan pengolahan tebu peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda yang telah dinasionalisasi sebagai perusahaan Indonesia. Selain menikmati lokomotif antik, anda juga dapat mengujungi pabrik gula dan melihat secara langsung pembuatan gula pasir yang dilakukan dengan menggunakan mesin serta pada saat-saat tertentu khususnya sebelum musim dimulai akan dilaksanakan ritual temanten tebu, yang intinya adalah wujud rasa sukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang didapat pada tahun tersebut.

5. Curug Cantel Bumijawa

Curug Cantel Bumijawa


Curug Cantel Bumijawa memiliki pemandangan yang indah yaitu berupa curug atau air terjun setinggi 60 meter. Dengan ketinggian itu maka air yang jatuh akan terasa sagat deras sehingga sangat tidak disarankan utnuk mandi di bawah air terjun ini secara langsung. Namun sayang keindahan Curug Cantel Bumijawa belum bisa banyak dinikmati oleh khalayak ramai karena lokasi tempat wisata ini tersembunyi, yaitu terletak di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Akses untuk menuju lokasi wisata ini juga masih susah yaitu dengan tracking sejauh 400 meter dari jalan raya.

6. Curug Putri

Curug Putri


Curug Putri ini juga memiliki pemandangan yang indah, yaitu berupa curug yang berada di tengah pepohonan yang rindang. Curug ini tidak setinggi Curug Cantel, yaitu hanya memiliki ketinggian 25 meter saja. Curug Putri ini berlokasi di perbatasan dua Kebupaten yaitu Kabupaten Tegal dan Brebes. Jalan akses menuju Curug Putri ini sangatlah mudah sehingga menjadikan Curug Putri ini sebagai tempat wisata di Tegal yang tak pernah sepi pengunjung.

7. Kompleks Pantai Alam Indah

Kompleks Pantai Alam Indah


Inilah salah satu Pantai yang ramai dikunjungi di Kota Tegal, karena letaknya yang strategis di lingkungan Kota Tegal Jawa Tengah. Kompleks Pantai Alam Indah memiliki bentuk yang datar dengan pasir pantai yang berwarna coklat. Pantai ini memiliki panjang 2100 meter serta memiliki pemandangan yang bagus karena bersih dari sampah. Di lokasi Kompleks Pantai Alam Indah ini sudah dibangun beberapa fasilitas yang menarik diantaranya adalah waterboom, Monumen Bahari serat wisata perahu yang sangat diminati wisatawan. Jika anda berminat berkunjung ke Kompleks Pantai Alam Indah ini anda dapat datang ke alamat jalan Sangir Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.

8. Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark

Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark


Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark merupakan tempat wisata lain yang terdapat di Kota Tegal. Tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga anda terutama saat musim liburan tiba. Di tempat wisata ini terdapat berbagai macam wahana yang siap dinikmati putra-putri kita. Hanya dengan tiket masuk seharga 15.000 pada hari biasa atau 25.000 pada hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional maka anda dapat menikmati berbagai macam permainan air seperti kolam renang, kolam ombak, wet futsal, kiddy pool dll. Oh ya Lokasi obyek wisata di Kota Tegal yang satu ini berada berdekatan dengan terminal Kota Tegal.

9. Telaga Air Cempaka

Telaga Air Cempaka


Telaga Air Cempaka di Kabupaten Tegal ini merupakan tempat wisata berupa sumber air yang masih alami. Lokasi wisata ini berada di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Telaga air Cempaka ini memiliki suasana yang asri dengan pemandangan berupa telaga di tengah pepohonan yang rinang dan berudara sejuk. Sangat nyaman untuk berlama-lama bermain air disini, sehingga tempat wisata ini lumayan ramai dikunjungi. Luas telaga air Cmpaka adalah 15 meter persegi dan digunakan oleh warga sekitar untuk keperluan sehari-hari serta sebagai sarana irigasi persawahan di sekitarnya.

10. Rita Park

Rita Park


Ingin tahu tempat wisata keluarga di Kota Tegal yang sedang naik daun ? Pastinya Rita Park, yang merupakan tempat wisata baru yang terdapat di Kota Tegal. Rita Park saat ini merupakan wahana permainan terbesar di Jawa Tengah, mantab kan ? Di Rita Park anda dan keluarga dapat menikmati berbagai macam wahana permainan yang lengkap sehingga Rita Park ini sering disebut dengan Dufan nya Jawa Tengah. Wahana permainan yang ada disini diantaranya adalah Bom – bom Car, Cinema 5D, Circus Travel, Flying Tiger, Frog Jump, Kiddie Ride dll. Lokasi Tempat Wisata Rita park ini sangat strategis yaitu berada di kompleks Rita Supermall Jl. Kol. Sugiono No.155, Tegal.

11. Gunung Tanjung

Gunung Tanjung


Gunung Tanjung atau juga sering disebut dnegan Bukit Sitanjung merupakan kawasan perbukitan yang beradad di Kecamatan Lebaksiu, Tegal. Di kawasan ini kita dapat menikmati beberapa pemandangan yang sangat menarik, diantaranya adalah Sungai Gung dengan hamparan bebatuan yang terlihat indah, Jembatan Sunglon, Bukit Sitanjung dll. Di daerah ini juga terdapat sebuah warung makan yang dilengkapi dengan pemancingan yang menyediakan berbagai macam menu andalan berbagai masakan ikan serta martabak telor khas Lebaksiu.

12. Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA)

Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA)


Destinasi wisata terakhir di Tegal yang akan kita bahas kali ini adalah Taman Rakyat Slawi Ayu  yang merupakan sebuah taman yang digunakan sebagai tempat berkumpul, santai serta menikmati kuliner khas Tegal. Taman Rakyat Slawi Ayu bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang masih baru arena baru dibuka pada tahun 2013. Taman Rakyat Slawi Ayu  berlokasi di depan terminal bus Slawi sehingga untuk menjangkaunya sangat mudah sekali. Tujuan pendirian Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa)  di RTH Slawi adalah sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal dalam berbagai aktivitas, seperti aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya.

Demikian tadi 12 tempat wisata baik di Kabupaten Tegal maupun Kota Tegal Jawa Tengah. Jika anda sedang berkunjung ke Tegal atau memiliki teman kerabat di Tegal jangan lupa menyempatkan untuk berkunjung ke tempat tempat yang indah diatas. Untuk info menarik lain di Jawa Tengah dapat diklik pada LINK ini.