Senin, 21 September 2015

12 Tempat Wisata di Kabupaten Blora yang Terkenal Indah

12 Tempat Wisata di Kabupaten Blora yang Terkenal Indah, Tempat Wisata Terindah - Bora merupakan sebuah kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Blora ini di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Rembang dan Pati, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tuban dan Bojonegoro Jawa Timur, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Ngawi dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Grobogan. Kabupaten Blora dikenal sebagai penghasil kayu jati dengan kualitas yang bagus. Kayu jati ini berasal dari hutan jati yang banyak dikelola oleh Perhutani dan juga oleh masyarakat setempat.

Di bidang pariwisata sendiri Kabupaten Blora memiliki beberapa tempat wisata yang cukup indah dan menjadi tujuan wisata para wisatawan dari berbagai daerah. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Kabupaten Blora yang Terkenal Indah.

12 Wisata Blora Jawa Tengah Paling Terkenal

1. Goa Terawang

Goa Terawang


Tempat wisata di Kabupaten Blora yang pertama akan kita bahas disini adalah Goa Terawang. Goa Terawang merupakan tempat wisata berupa goa alam yang terletak di tepi Jalan Todanan-Blora, Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Goa ini berada di tengah hutan jati yang dikelola oleh Perhutani. Kawasan wisata Goa terawang ini memiliki luas 13 hektar yang didalamnya terdapat satu goa induk yang berukuran agak besar, 5 goa kecil dan 1 sendang. Goa Terawang ini menjadi tujuan wisata karena keunikannya berupa goa yang terbentuk secara alami dan memiliki pemandangan yang luar biasa. Selain goa, di kawasan wisata ini juga sudah dibengun arena bermain anak.

2. Waduk Bentolo

Waduk Bentolo


Wisata alam di Kabupaten Blora lainnya yang dapat anda kunjungi adalah Waduk Bentolo. Waduk Bentolo di Blora ini terletak tidak jauh dari Goa Terawang sehingga anda dapat mengunjungi tempat ini sekaligus beserta Goa Terawang. Seperti waduk pada umumnya, Waduk Bentolo difungsikan sebagai sarana penampung air yang kemudian digunakan untuk mengairi persawahan di sekitar waduk. Namun selain untuk tujuan irigasi, Waduk Bentolo juga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat keidahan waduk yang terkenal di Kabupaten Blora ini.

3. Waduk Tempuran

Waduk Tempuran


Selain Waduk Bentolo, Waduk di Kabupaten Blora yang layak dijadikan sebagai tempat wisata anda bersama keluarga adalah Waduk Tempuran. Waduk ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan khususnya yang berasal dari daerah sekitar Blora seperti Pati, Kudus, Rembang, Grobogan dll terutama saat liburan tiba. Waduk ini memiliki pemandangan yang indah serta merupakan lokasi latihan atlit dayung, meskipun untuk latihannya hanya pada hari-hari tertentu saja. Di sekitar Waduk Tempuran anda dapat menikmati berbagai sajian khas Blora yang dijajakan warung milik penduduk setempat

4. Waduk Greneng

Waduk Greneng


Kabupaten Blora memang memiliki beberapa waduk yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang otensial. Wisata alam berupa waduk yang terdapat di Blora lainnya adlaah Waduk Greneng. Waduk ini dinamai sesuai dengan lokasinya yang terdapat di Greneng desa Tunjungan Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. Jarak Waduk Greneng sendiri dari pusat Kota Blora adalah sekitar 12 km. Lokasi Waduk Greneng ini berdekatan dengan hutan Jati milik PErhutani sehingga menambah keindahan alami dari Waduk Greneng ini.

5. Gunung Manggir

Gunung Manggir


Nah, satu lagi wiata alam di Kabupaten Blora yeng memiliki penadangan yang sangat indah, yaitu wisata di Gunung Manggir. Gunung Manggir di Blora ini merupakan sebuah perbukitan kapur yang terdapat di perbukitan Manggir, desa Ngumbul Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Wisata Gunung Manggir ini menawarkan pemandangan berupa perbukitan kapur yang diselimuti pepohonan serta terdapat beberapa goa alami yang banyak diminati wisatawan. Selain goa, juga terdapat sendang dengan air yang jernih. 

6. Loko Wisata Cepu

Loko Wisata Cepu


Nah tempat wisata di Blora yang keenam ini merupakan wisata yang sangat unik, yaitu menikmati loko wisata yang merupakan lokomotif kuno peninggalan jaman Belanda dulu. Lokomotif ini merupakan loko buatan Berliner Maschinnenbaun  Jerman tahun 1928. Dahulu loko ini digunakan sebagai sarana transportasi untuk mengangkut hasil hutan jati di Kabupaten Blora. Saat ini loko ini difungsikan sebagai loko wisata yang dikelola oleh Perhutani KPH Cepu. Namun sayangnya biaya operasional untuk menghidupkan loko ini lumayan tinggi sehingga biaya untuk berkeliling dengan loko ini juga relatif mahal.

7. Taman Sarbini

Taman Sarbini


Taman Sarbini sering dikenal dengan water splash, yang merupakan sebuah taman wisata yang terdapat di pusat Kota Blora. Taman Sarbini di Blora ini sangat cocok apabila digunakan sebagai tempat wisata keluarga, karena di tempat ini banyak terdapat permainan anak. Selain itu di Taman Sarbini juga sudah ada patung binatang, perpustakaan, mainan anak-anak, sepeda roda tiga, mobil anak-anak dll. Taman Sarbini ini menjadi alternatif obyek wisata bagi warga Blora dan sekitarnya disamping harganya murah, juga fasilitasnya cukup lengkap, daripada harus jauh-jauh ke tempat wsiata yang berada di luar kota.

8. Monumen Hutan Jati Alam

Monumen Hutan Jati Alam


Selain wisata alam dan wisata keluarga, di Kabupaten Blora anda juga dapat menemukan sebuah wisata edukasi yang sangat menarik yaitu Monumen Hutan jati alam. Monumen Hutan Jati Alam ini dibangun diatas sebuah hutan jati yang dikelola Perhutani KPH Cepu yang sering juga dikenal dengan tempat wisata alam Gubug Payung. Di tempat ini anda dapat menjumpai banyak tanaman jati dengan umur lebih dari 100 tahun dengan diameter lebih dari 80 cm.

9. Pemandian Sayuran

Pemandian Sayuran


Wisata keluarga di Kabupaten Blora juga merupakan wisata yang banyak diminati, salah satunya adalah Pemandian Sayuran. Di lokasi pemandian sayuran ini terdapat 2 buah kolam renang yang dapat digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak. Di sekitar kawasan wisata Pemandian sayuran ini terdapat perbukitan yang hijau sehingga menimbulkan hwa sejuk yang menenangkan. Pemandian Sayuran ini terdapat di Desa Soko, Kecamatan Jepon Kabupaten Blora dan merupakan tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan pada waktu itu. Namun sayangnya kondisi sekarang kurang terawat sehingga sepi pengunjung.

10. Agrowisata Temanjang

Agrowisata Temanjang


Luasnya hutan di Kabupaten Blora kemudian banyak dikembangkan sebagai tempat wisata alam yang menarik. Salah satu wisata yang berbasis pada pengembangan hutan adalah Agrowisata Temanjang. Agrowisata Temanjang dikenal juga dengan Agrowisata Dungmandur, karena di tempat ini terdapat kedung yang tidak pernah habis airnya. Di tempat wisata agro ini banyak terdapat pepohonan jati dan buah. Agrowisata Temanjang ini dapat dijadikan sebagai alternatif wisata terutama bagi warga Blora pada saat musim liburan tiba.

11. Wisata Geologi

Wisata Geologi


Istilah wisata geologi nampaknya masih sangat asing di telinga kita. Wisata Geologi sebenarnya hampir mirip dengan wisata pendidikan dimana fokus utama pembahasan adalah pada ilmu geologi. Seperti kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Blora merupakan salah satu lokasi penambangan minyak bumi di Indonesia. Sampai saat ini pengebran minyak di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora masih tetap berlangsung. Selain itu banyak juga pengeboran minyak skala kecil yang dilakukan oleh penduduk sekitar di pedalaman hutan Kabupaten Blora. Kondisi ini tentunya sangat sangat menarik bagi anda yang sedang mempelajari ilmu geologi karena dapat belajar banyak dari aktifitas di Kabupaten Blora ini.

12. Taman Budaya dan Seni Tirtonadi

Taman Budaya dan Seni Tirtonadi


Pembanhasan tentang obyek wisata di Kabupaten Blora kali ini akan kita akhiri dengan wisata terakhir yaitu Taman Budaya dan Seni Tirtonadi. Taman budaya ini banyak diminati oleh warga Blora khususnya para remaja dan anak-anak. Lokasi Taman budaya Tirtonadi sendiri terdapat di Kota Blora sehingga untuk aksesnya snagatlah mudah. Taman Budaya dan Seni Tirtonadi ini sudah berdiri sejak lama, bahkan di tahun 1960 an taman ini sempat menjadi primadona, karena di tempat ini banyak terdapat koleksi hewan langka. Pada waktu itu masyarakat menyebutnya dengan Kebun Binatang Taman Tirtonadi.
Baca Juga :
Tempat wisata Terindah di Kabupaten Pati
Tempat wisata Terindah di Kabupaten Rembang
Tempat wisata Terindah di Kabupaten Kudus

Demikian tadi pembahasan tentang 12 Tempat Wisata di Kabupaten Blora yang Terkenal Indah. Semoga informasi wisata Blora kali ini dapat menambah wawasan anda khususnya tentang dunia pariwisata di Indonesia.