Selasa, 30 Desember 2014

Taman Mini Indonesia Indah Miniatur Keragaman Indonesia

Taman Mini Indonesia Indah Miniatur Keragaman Indonesia, Tempat Wisata Terindah - Taman Mini Indonesia Indah  yang disingkat TMII adalah suatu area taman wisata  seluas 150 hektar yang menggambarkan keragaman dan keindahan budaya Indonesia dari sabang hingga merauke. Singkatnya TMII adalah gambaran kecil dari aneka ragam suku, bentuk bangunan rumah tradisional tiap provinsi yang ada di Indonesia. Mencakup berbagai macam contoh kecil aspek kehidupan yang terdapat di 26 provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Alamat taman mini indonesia indah adalah di Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah  memiliki banyak keindahan didalamnya. Didalamnya terdapat banyak sekali  bangunan  seni budaya asli Indonesia, yang beraneka ragam mewakili setiap identitas provinsi yang ada diseluruh wilayah Negara Indonesia, seperti rumah panggung, Rumah adat minangkabau, Rumah adat bali dsb. Selain bangunan-bangunan tersebut ada juga danau buatan yang menggambarkan wilayah Indonesia dalam bentuk miniatur pulau. Ada berbagai macam fasilitas yang disediakan sebagai tempat wisata di Taman Mini Indonesia Indah, diantaranya adalah Kereta gantung yang siap membawa pengunjung melihat pemandangan dari atas, Istana Anak-anak Indonesia, SnowBay Water Park, Teater IMAX Keong Mas, Teater 4 Dimensi, Teater Tanah Airku, Hotel Desa Wisata, Graha Wisata Remaja, Resto Puri Caping Gunung, Titihan Samirono/Aeromovel, Taman Bunga Keong Emas, Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga, Taman Burung dan Taman Bekisar, Museum Indonesia, Museum Keprajuritan, Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Penerangan, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Komodo dan Taman Reptilia, Museum Timor-Timor, Pusat Peragaan IPTEK dll. Tempat-tempat wisata tersebut diatas semuanya terdapat di dalam kompleks TMII dan memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda. Untuk lebih lengkapnya masalah tiket masuk anda dapat melihat di daftar harga tiket masuk Taman Mini ndonesia Indah di situs resminya Disini.

Karena memiliki sarana yang komplit TMII menjadi tujuan wisata yang ramai bila musim liburan tiba. Kebanyakan pengunjung adalah warga ibu kota. Banyak pula turis dari negara lain yang singgah ke TMII. Mereka beranggapan bahwa mengunjungi TMII sama halnya dengan mengunjungi seluruh wilayah Indonesia secara singkat dan praktis. TMII mempunyai ikon maskot dari tokoh pewayangan Hanoman bernama Anjani Putra ( NITRA ). Penggunaan maskot NITRA  diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1991 bertepatan  dwi windu usia TMII.

Sejarah Pembangunan Taman Mini Indonesia Indah diawali dari ide cemerlang ibu Negara saat Presiden Soeharto berkuasa. Yakni Ibu Siti hartinah atau yang lebih dikenal dengan nama Ibu Tien Soeharto. Ide beliau muncul saat pertemuan di cendana pada tanggal 13 maret 1970. Beliau berkeyakinan dengan dibangunnya TMII diharapkan seluruh warga Indonesia mempunyai rasa bangga dan rasa cinta tanah air. Maka setelah melakukan perbincangan dengan berbagai pihak terkait, dimulailah proyek miniatur Indonesia indah yang ditangani oleh Yayasan Harapan Kita.
Pembangunan dimulai tahun 1972, Arsitek perancang TMII memanfaatkan luas areal pembangunan seluas 150 hektar dengan topo grafi agak berbukit  Sebagai penggambaran penuh aspek kekayaan alam Indonesia. baik budaya, bangunan, hingga teknologi modern yang sedang berkembang. Tim perancang terbantu dengan topografi alami daerah lahan pembangunan TMII yang tinggi tidak merata untuk mengambarkan kondisi alam Indonesia secara landscape diatas permukaan tanah secara detail. Pada hari minggu biasanya digelar pertunjukan musik daerah, atau berbagai upacara adat yang ada di indinonesia. Di berbagai anjungan juga menyediakan macam-macam item khas provinsi yang diwakilinya. Berupa kuliner daerah, jajanan  ringan, ataupun hiasan cinderamata.

Setelah provinsi timor timur memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002. Anjungan timor timur  TMII berubah statusnya sebagai museum timor timur. Nah karna pada saat ini Negara kita terdiri atas 33 provinsi. Maka pembangunan anjungan baru juga dilaksanakan. Meliputi provinsi baru seperti provinsi Papua Barat, Kepulauan Riau, Gorontalo, Maluku utara,Bangka Belitung, banten, dan  Sulawesi barat. Itulah sedikit gambaran tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah

Peta Taman Mini Indonesia Indah

Berikut kami tampilkan Peta Taman Mini Indonesia Indah


Gambar dan Foto Taman Mini Indonesia Indah

 


Demikian tadi sekilas tentang tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah. Tempat wisata alam yang ada di Jakarta sangat banyak, salah satunya anda dapat mengunjungi Kepulauan Seribu. (Baca : Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib anda Kunjungi )