Kamis, 02 April 2015

Wisata Religi Kahyangan di Wonogiri

Wisata Religi Kayangan di Wonogiri, Tempat Wisata Terindah - Masyarakat Jawa memang bisa dibilang unik dalam hal kepercayaannya. Meskipun sebagian besar masyarakat Jawa mengaku muslim namun berbagai praktek berupa ritual, upacara adat, lelaku dsb masih banyak dilakukan hingga kini. Ada berbagai tempat di Pulau Jawa yang sering dijadikan sebagai tempat ritual untuk masyarakat tertentu, salah satunya adalah yang terdapat di Wonogiri Jawa Tengah. Tempat wisata yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah wisata religi terutama untuk masyarakat kejawen, yang sering dijadikan sebagai tempat ritual di kabupaten Wonogiri yaitu di Kahyangan. Sebagian orang menyebutnya dengan Kayangan.

Wisata Religi Kahyangan di Wonogiri

Kahyangan di Wonogiri




Tempat wisata Kahyangan merupakan sebuah kawasan yang terdapat di Wonogiri di tengah hutan alam yang masih asri. Di lokasi ini nuansa mistis sangat terasa. Tempat ini memiliki daya tarik terseniri untuk dijadikan sebagai tempat bermeditasi karena menurut kepercayaan masyarakat, Kahyangan merupakan petilasan Panembahan Senopati sebelum menjadi Raja Mataram. Pada waktu itu Danang Sutowijoyo, Nama kecil Panembahan Senopati menginginkan untuk menjadi raja di tanah jawa. Beliau kemudian bertirakat, bersemedi di kahyangan tersebut. Di dalam semedinya Danang Sutowijiyo bertemu dengan Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa Pantai Selatan. Nyi Roro Kidul kemudian mengadakan perjanjian dengan Sutowijoyo untuk membantu menjadi raja. Menurut cerita Nyi Roro Kidul ini akhirnya menikah dengan Sutowijoyo. Hal itu lah yang kemudian menjadikan Kerajaan Mataram yang dipimpin Sutowijoyo disegani wilayah lain di Nusantara. Kerajaan Mataram merupakan Kerajaan di tanah jawa yang berdiri setelah Kerajaan Pajang yang dipimpin Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir mengalami kehancuran. Kerajaan mataram ini yang dikemudian hari melahirkan Kasultanan Yogyakarta dan Kerajaan Surakarta dimasa sekarang.

Kahyangan memiliki enam bagian kawasan yang sudah sangat terkenal yaitu Sela Betek, Sela Gapit/Penangkep, Sela Payung, Sela Gilang/Pesalatan, Sela Gawok dan Pemandian Kahyangan yang tidak lain merupakan pertemuan dua arus sungai yang dalam bahasa jawa disebut dengan nama Kedung. Di dalam kedung ini lah banyak dilakukan laku kungkum oleh masyarakat yang jika dilakukan dipercaya dapat membantu terkabulnya segala keinginan.

Demikian tadi sekilas tentang tempat wisata religi yang terdapat di Wonogiri yaitu Kawasan Kahyangan. Terlepas dari itu semua, segala bentuk ritual yang dilakukan masyarakat merupakan hasil dari kepercayaan mereka sendiri. bagi anda yang tidak percaya dengan berbagai ritual ini cukup mempelajarinya sebagai pengetahuan. ( Baca juga : Tempat Wisata Terindah di Wonogiri )