Kamis, 06 Agustus 2015

Wisata Telaga Merdada Dieng, Telaga Terluas Di Dieng yang Unik

Wisata Telaga Merdada Dieng, Telaga Terluas Di Dieng yang Unik, Tempat Wisata Terindah - Dataran Tinggi Dieng yang mencakup wilayah Wonosobo dan Banjarnegara memang bisa dikatakan sebagai surganya wisata alam. Ada berbagai macam keindahan alam yang tersaji di kawasan ini. Ada kawah, telaga, perbukitan bahkan candi dapat anda temui di Kawasan Dieng Plateau. Berbagai macam bentang alam ini sebagian disebabkan karena pada dasarnya kawasan Dieng merupakan gunung berapi raksasa, sehingga disana sini banyak ditemui fenomena alam yang berhubungan dengan aktivitas vulkanologi. Termasuk diantaranya adalah telaga warna, yang memiliki kandungan belerang yang tinggi, yang hanya dapat ditemui di kawasan gunung api.

Selain Telaga Warna, di Kawasan wisata Dieng ada juga telaga lain yang tak kalah menariknya, yaitu Telaga Merdada. Telaga Merdada di Dieng merupakan telaga terluas di Kawasan dieng ini. Luas Telaga Merdada adalah 25 hektar dan merupakan sebuah telaga yang banyak memberikan manfaat bagi masyarkat di sekitarnya. Telaga ini difungsikan sebagai sumber irigasi bagi lahan pertanian di sekitarnya serta dijadikan sebagai obyek wisata. Selain itu di telaga ini juga banyak terdapat ikan air tawar, ssehingga di tempat-tempat tertentu terdapat warga yang berusaha memancing di Kawasan wisata Telaga Merdada Dieng ini.
Wisata Telaga Merdada Dieng

Lokasi Telaga Merdada di Dieng

Wisata Dieng Telaga Merdada ini terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Jangan khawatir, apabila anda sudah sampai di Kawasan Dataran Tinggi Dieng pasti orang akan tahu arah menuju ke wisata ini. Tinggal mengikuti arah yang diberikan kepada anda. Meskipun memang akses jalan untuk menuju Wisata Telaga Merdada ini masih perlu banyak pembenahan, agak leih banyak wisatawan yang berminat berkunjung ke telaga yang indah di Dieng ini.

Keunikan dan Keindahan Telaga Merdada Dieng

Obyek wisata Telaga Merdada memiliki pemandangan yang sangat indah. Telaga di depan mata dengan air yang jernih serta dikelilingi oleh perbukitan yang hijau alami menjadikan suasana di telaga ini tampak asri dan sejuk. Di sekitar telaga dapat anda lihat beberapa lahan pertanian yang sedang dikerjakan warga dan dimanfaatkan untuk menanam berbagai macam sayuran. Kita tahu bahwa kawasan Dieng ini sangat cocok untuk ditanami berbagai macam sayur seperti wortel, kentang, cabe, termasuk tanaman legendaris Dieng yang sangat terkenal, buah carica.

Wisata Dieng Telaga Merdada memiliki keunikan tersendiri dibanding telaga lainnya. Perhatikan pada bentuk telaga ini.Jika diperhatikan bentuk telaga ini menyerupai sebuah cekungan bekas kaldera letusan gunung berapi yang besar. Kemungkinan awal terbentuknya telaga ini adalah karena aktivitas vulkanologi berupa letusan gunung berapi yang dahsyat di masa lalu, yang kemudian meninggalkan bekas cekungan yang sangat lebar dan menjadi sebuah telaga.

Demikian tadi informasi berharga mengenai Wisata di Telaga Merdada Dieng, Telaga Terluas Di Dieng yang Unik. Jangan lupa kunjungi juga Destinasi Wisata Dieng Jawa Tengah Yang Menjadi Unggulan.