Selasa, 16 Juni 2015

Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri

Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri, Tempat Wisata Terindah - Secara resmi, makam Imogiri memiliki nama resmi seperti yang terdapat di gapura, yaitu Pasareyan Dalem Para nata Pajimatan Girirejo Imogiri. Intinya bahwa di tempat ini terdapat makam para Raja Kasultanan Mataram Islam. Kerajaan Mataram Islam adalah cikal bakal Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta yang sampai saat ini masih berdiri. Kerajaan Mataram didirikan oleh Panembahan Senopati. Makam Imogiri ini sampai saat ini dibuka untuk umum, sehingga bagi siapa saja boleh mengunjungi kompleks makam dan berziarah ke Para Raja Kerajaan Mataram ini.
Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri

Lokasi Pemakaman Imogiri

Makam Raja-raja Imogiri terletak di Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Makam Imogiri

Pembangunan Makam Imogiri diprakarsai oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo yang merupakan Raja ke-3 Kerajaan Mataram pada tahun 1632 - 1640. Makam ini memang disiapkan untuk makam Raja-raja Kerajaan Mataram yang telah wafat beserta keturunannya. Ada cerita menarik seputar pemilihan lokasi Makam Raja Mataram ini. Pada waktu itu Sultan Agung belum memiliki gambaran lokasi Makam yang akan di bangun. Beliau kemudian melemparkan segenggam pasir yang diperolah dari Tanah Arab. Pasir ini kemudian jatuh ke daerah Imogiri dan tempat jatuhnya pasir itu kemudian digunakan sebagai lokasi pemakam kerajaan. Raja Mataram yang pertama yang dimakamkan di Pemakaman Imogiri yaitu Sultan Agung Hanyokrokusumo sendiri.
Dalam sejarah selanjutnya Kerajaan Mataram pecah menjadi 2 kerajaan yaitu Kasultanan Yogyakarta dan Kasunana Surakarta. Hal itu juga berpengaruh terhadap tata kelola pemakaman Imogiri yaitu tata letak pemakaman kemudian dibagi menjadi 2, sebelah timur untuk pemakaman raja-raja dari Kasultanan Yogyakarta dan sebelah barat untuk pemakaman raja-raja dari Kasunanan Surakarta.

Raja yang Dimakamkan di Imogiri

Selain Sultan Agung ada 23 Raja yang dimakamkan di pemakaman Imogiri ini. Mereka dibagi dalam 8 kelompok, yaitu

    Kasultanan Agungan (Makam Sultan Agung, pemaisuri, Hamangkurat Mas dan Hamangkurat Amral.
    Paku Buwanan ( Makam Paku Buwono I dan Paku Buwona II dan Hamangkurat Jawi )
    Kasuwargan Yogyakarta ( Makam HB I dan HB III )
    Besiyaran Yogyakarta ( Makam HB IV, HB V dan HB VI )
    Saptorenggo Yagyakarta ( Makam HB VII, HB VIII dan HB IX )
    Ksuwargan Surakarta ( Makam PB III, PB IV dan PB V )
    Kapingsangan Surakarta ( Makam PB VI, PB VII dan PB IX )
    Girimulya Surakarta ( Makam PB X, PB XI dan PB XII )
Demikian tadi sekilas tentang Ziarah ke Makam Para Raja Mataram di Imogiri Bantul Yogyakarta. Anda dapat menemukan berbagai informasi wisata menarik di Link tentang Tempat Wisata Kabupaten bantul dan Obyek Wisata Yogyakarta Lengkap.