Senin, 17 Februari 2020

7 Wisata Pati Pilihan Paling Populer Saat Ini

Wisata Pati Pilihan Paling Populer Saat ini, Tempat Wisata Daerah. Kabupaten Pati memiliki berbagai macam tempat wisata yang tak kalah menarik dibanding kabupaten lainnya. Sebelumnya bagi yang belum tahu, Kabupaten Pati merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Kabupaten Pati berdekatan dengan Kabupaten Kudus, Jepara, Rembang dan Grobogan. Saat ini di Kabupaten pati terdapat berbagai macam tempat wisata baik berupa wisata alam, wisata keluarga, wisata sejarah dll. Ada banyak sekali informasi tempat wisata di Pati yang ada di internet. Beberapa dari mereka menyebutkan sampai pluhan. Dalam artikel ini sengaja hanya kami tampilkan 7 lokasi wisata di Pati dengan pembahasan yang lebih detail. Kami tidak mau memasukkan lokasi yang sebenarnya bukan tempat wisata pati namun dianggap sebagai tempat wisata yang dikunjungi wisatawan.

Dibawah ini adalah 7 wisata Pati Pilihan Paling Populer saat ini :

Waduk Gunung Rowo

wisata pati Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo merupakan suatu waduk yang terdapat di desa Sitiluhur, kecamatan Gembong Kabupaten Pati Jawa Tengah. Waduk ini terdapat di lembah antara beberapa pucuk bukit di lereng Gunung Muria samping timur. Luas area dari waduknya adalah kira-kira +320 Ha. Berdasarkan catatan dari Kantor Dinas Permukiman serta Prasarana Wilayah Kabupaten Pati, waduk ini dibuat pada jaman pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1928. Waduk Gunung Rowo mempunyai luas +320 Ha serta dapat memuat air kira-kira 5,5 juta mtr kubik, sekaligus juga sebagai supply buat Waduk Seloromo. Dahulu Waduk Gunung Rowo bersama dengan Waduk Seloromo dapat mengairi sawah seluas seputar 10.000 hektare, yang menyebar di daerah Kecamatan Margorejo, Gembong, Wedarijaksa, Juwana, Tlogowungu, serta Pati.

Waduk Gunung Rowo tawarkan pesona alam pegunungan yang eksotis. Waduk berisi air yang luas serta berlatarkan pegunungan Muria adalah hal yang diunggulkan dari tempat wisata di desa Jolong Kabupaten Pati ini. Jika anda berada di Waduk Gunung Rowo Pati ini , kita bisa lihat jejeran pegunungan Muria yang menujulang tinggi saat menghadap mengarah barat. Keeksotisan bisa di nikmati saat kita ada di ruang taman yang berada di waduk Gunung Rowo. Taman ini dibuat tambah tinggi daripada bagian waduk biasanya.

Tidak hanya itu pengunjung dapat juga nikmati wahana permainan anak yang disiapkan pengelola. Tetapi pengunjung harus naiki tangga terlebih dulu bila ingin nikmati permainan serta rindangnya pohon-pohon. Di atas bukit itu, ada tulisan "I Love Gunung Rowo". Cukup banyak dari pengunjung yang berpose atau selfi di tulisan tempat itu. Spot foto selfie lainnya adalah sebuah bangunan di tengah waduk untuk mengukur ketinggian air yang dibuat semenjak kolonial Belanda.
Tidak hanya dimanja dengan beberapa pemandangan serta fasilitas yang lumayan lengkap  pengunjung dapat juga nikmati beberapa makanan menu ikan bakar atau goreng ciri khas bendungan dan minuman es kelapa muda di warung warung ada di tepi bendungana atau waduk. Jika anda menikmati pemandangan alam di Pati anda wajib coba berkunjung ke wsiata Pati Gunung Rowo ini.

Juwana Water Fantasy (JWF)


Juwana Water Fantasy (JWF)

Juwana Water Fantasy adalah fasilitas piknik yang bisa wujudkan fantasy anda baik berupa wahanan permainan danjuga wahana air. Juwana Water Fantasy  Pati terbagi dalam 37 wahana yang membuat tidak pernah jemu untuk terus hadir. Tujuan wisata pati buatan yang ada di Desa Bumimulyo ini memuat banyak pengunjung yang berdantangan tiap hari, baik itu dari Pati sendiri atau di luar wilayah. Dengan luas ruang 5 hektare, akan memanjankan pengunjung dengan permainan air dan lain-lain. Ada lapangan futsal rumput sintetis yang kualitas spesial. Pengunjung akan dimanja dengan kualitas spesial wahana disana. Tidak itu saja, arsitektur bangunannya yang seperti benteng ciri khas Eropa, membuat banyak pengunjung tidak jemu cari spot paling baik untuk menyimpan diri. Disamping itu, di JWF banyak disiapkan tempat selfie menarik untuk diupload di media sosial masing masing. Tidak itu saja, pada harga ticket masuk yang dapat dijangkau, pengunjung dari golongan mana saja bisa nikmati wahana yang ada.

Rute Jalan untuk menuju Juwana Water Fantasy tidaklah susah, sebab terletak di jalan pantura. Tidak hanya jumlahnya angkutan biasa ke arah JWF, pengunjung yang memakai kendaraan pribadi tidak kewalahan, karena telah disiapkan ruang parkir yang luas.

Wahana Juwana Water Fantasy diantaranya sbb:
– Kolam Tumpah – Bumper Car
– Kolam Air – Bioskop 3D
– Kolam Renang Dewasa – Miniatur Keajaiban Dunia
– Kolam Arus – Lapangan Futsal
– Seluncuran Air – Becak Mini
– Becak Air – Viking Kora-Kora
– Gua Hantu – Panggung Gembira
– Rotary Coaster – Trambolin
– Playground – Family Karaoke
– Arena Bermain Anak – Dan Wahana Lainnya
– Mini Train
– Gokart
– Flying Fox

Wisata Pati Jolong I


Wisata Pati Jolong I

Wisata Agro Jollong ada di Desa Jollong, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kenapa namanya Jolong I memangnya ada berapa Jolong di Kabupaten Pati ? Di Kabupaten Pati ada dua wisata Jolong. Jolong I menampilkan wisata yang indah di sekitar pabrik kopi Jolong. Sedangkan Jolong II terdapat kebun buah naga yang juga dikelola oleh manajemen PTPN IX Pati.
Rute menuju Wisata Pati Jolong I adalah Bila kamu dari Kota Pati, carilah jalan ke utara ke arah Jl. Raya Tlogowungu kemudian belok ke kiri pada pertigaan yang ada petunjuknya ke arah Wisata Jolong. Yakinkan kondisi tubuh serta kendaraan kamu dalam kondisi bugar y, karena rute perjalanan wisata Jolong ini agak berkelok dan melewati jalur pegunungan.

Wisata Agro Jollong ialah satu object wisata komplet cocok untuk didatangi bersama dengan bagian keluarga. Wisata kebun kopi ini termasuk mendidik, sebab kamu dapat liburan sekalian belajar bagaimana proses pemrosesan kopi. Situasi di sini benar-benar sejuk yang asri sebab ada dibawah pucuk Gunung Muria.

Kamu dapat berkeliling-keliling lihat tanaman kopi yang demikian luas, memetiknya serta membawanya ke pabrik untuk diolah. Di sini tedapat pabrik pemrosesan kopi, yang diurus oleh PT. Perkebunan Nasional IX.

Pabrik ini telah termasuk sangatlah tua, sebab dibuat pada saat penjajahan Belanda. Walau telah berusia, tetapi mesin – mesinnya masih dapat bekerja dengan baik seperti saat ini. Sebab bagian pengelola serta warga seputar tetap jaga serta melestarikannya.

Bagi beberapa orang-tua yang bawa anak kecil, kamu tidak perlu khawatir, sebab di sini ada juga permainan anak seperti mobil mini, istana balon, ruang flying fox, kolam therapy ikan, rumah 3D Tricky Art serta kolam renang.

Bukan wisata jika tidak mencicip wisata kulinernya. Ada beberapa jenis makanan ciri khas Kota Pati salah satunya ada nasi gandul, mangut ndas manyung, soto kemiri, petis kambing runting serta masih banyak.
Untuk oleh – olehnya, kamu dapat beli jenang landoh, batik bakaran, kopi ciri khas Pati serta bandeng presto sebagai jagoan di Kota Pati.

Wisata Pati Jolong II

Wisata Pati Jolong II

Wisata Pati Jolong II yang didalamnya terdapat Kebun naga sekarang sudah jadi daya tarik baru tujuan wisata di Pati. Indahnya panorama bersatu kebun buah naga jadi pilihan wisata di Pati buat anda yang ingin memperoleh udara fresh. Wisata ini benar-benar menarik untuk didatangi, baik beberapa anak, keluarga, atau beberapa remaja. Dulu, tempat ini terhitung perkebunan kopi, dan kemudian disulap jadi perkebunan buah naga.

Bukit naga adalah lokasi agrowisata Jolong II, berdiri seputar tiga tahun waktu lalu serta diurus oleh PT Perkebunan Nusantara IX punya BUMN. Lokasi wisata alam ini terdapat disamping barat kota pati persisnya di Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong. Menariknya, lokasi ini terdapat dikaki gunung Muria sehingga memiliki udara yang sejuk.

Untuk ke arah ke lokasi diperlukan waktu seputar 40 menit perjalanan dari kota Pati dengan jarak menempuh 15 Km. Selama ini akses untuk ke arah lokasi agrowisata bukit naga ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, serta belum ada untuk jalan kendaraan biasa.

Lokasi Wisata Pati Jolong II bukit naga ini mempunyai bentangan kebun buah naga seputar 10Ha. Pengunjung bisa berjalan berkeliling-keliling kebun lewat jalan setapak yang dibuat berundak-undak. Saat musim panen datang, pengunjung bisa lakukan wisata petik buah, yang tentu saja harga buah naga sesuai pada harga dipasar serta condong tambah murah. Tidak cuma disuguhi panorama pohon buah naga, pengunjung bisa nikmati keindahan alam seputar lewat gardu pandang. Dari sini pengunjung akan dimanja panorama keindahan dua waduk (waduk gunung rowo serta waduk seloromo) serta bentangan kota Pati dari atas. Pengunjungpun bisa nikmati bentangan kebun kopi yang ada di sekitar bukit naga.

Wisata Pati Goa Pancur

Wisata Pati Goa Pancur
Objek Wisata Pati Goa Pancur terdapat di samping selatan Kota Pati, persisnya di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen. Rute yang anda lalui untuk menuju Wisata Pati Goa Pancur ialah dari Pati ke selatan arah Kayen/ Purwodadi, dari Pati ke Kayen ditempuh dengan jarak seputar 19 km.. Sampai di muka SMA N 1 Kayen belok ke kiri, dari sini masih masuk ke tempat seputar 3,3 km.. Jalan masuk tempat telah di aspal hotmix semua. Jadi dari Pati ke tempat tempat wisata Goa Pancur anda tempuh jarak 23,2 km.
Untuk ticket masuk ke Wisata Pati Goa Pancur adalah untuk sepeda motor Rp. 3.000, sesaat untuk mobil Rp. 6.000. Masuk ke mulut Goa, kita akan disuguhi panorama mengagumkan, untaian stalagtit serta stalagmit yang balut tetesan air terkesan benar-benar alami, didalamnya ada mata air yang mengalir selama musim serta tidak pernah kering.

Batuan kapur yang membuat stalagtit serta stalagmit ini mempunyai keindahan tertentu, di goa ada stalagmit yang berupa Petak Sawah, bentuk ini ialah favorite beberapa penggemar alam. Ada pula stalagtit yang dinamakan Batu Gorden atau Batu Sayap. Masuk 127 mtr. dari mulut Goa ada grojogan pertama yang bisa di nikmati.

Bukit Pandang Duren Sawit

Bukit Pandang Duren Sawit

Bukit pandang kayen sekarang adalah salah satunya tujuan wisata yang laku manis didatangi beberapa pelancong Indonesia. Bukit pandang kayen yang berada di kabupaten pati adalah salah satunya object wisata yang tampilkan pemandangan alam dari ketinggian yang sekarang disukai masyarakat lokal. Di bukit pandang ini pengunjung bi sa lihat pemandangan alam yang berada di seputar kayen dengan ketinggian 200 mtr.

Asal nama bukit ki santa mulya bukit santa dalam ejaan jawa dibaca sonto ada pas di atas tanjakan santa demikian masyarakat seputar menyebut tanjakan itu. Bukit pandang kayen ini jadi salah satunya pilihan wisata yang bagus dengan ticket masuk yang murah di wilayah pati. Tidak kecuali bukit pandang duren sawit kayen ini.

Di pucuk bukit kamu akan lihat dengan jelas pemandangan gunung kendeng. Jadi pasti benar-benar cocok untuk kamu yang hoby selfie serta ingin berekreasi tanpa ada kuras isi kantong hehe.

Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona

Di Pucuk paling tinggi dari Pegunungan Kendeng ini Anda bisa menelusuri dengan luas waktu berlibur dengan keluarga di sini, terletak cukup strategis untuk di raih sebab berada di tepian di antara kota Pati serta kota Grobogan.

Anda bisa nikmati pesona alam yang indah dari atas gardu pandang serta melihat keindahan alam yang berada di Rembang, Blora, Grobogan, Pati, serta Kudus semua akan kelihatan demikian eksotis serta mengagumkan buat Anda. Jadi ini benar-benar recommended untuk Anda yang mempunyai hoby photografi sebab banyak spot-spot indah di sini.
Untuk dapat hadir ke tempat ini, karena itu Anda dapat hadir ke Desa Beketel yang masuk di Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Demikian tadi adalah 7 Wisata Pati Pilihan Paling Populer Saat Ini. Ada banyak lagi wisata di Pati yang tidak dapat disebutkan dalam artikel ini. Namun kami percaya saat ini 7 wisata tersebut tadi yang paling banyak diminati oleh pengunjung saat ini.