Rabu, 17 Juni 2020

Wisata Banda Aceh yang Menarik dan Patut Dikunjungi

Di ujung barat negara Indonesia ada suatu provinsi yang sangat terkanal di nusantara yaitu Nanggroe Aceh Darussalam, dimana provinsi ini dikenal sebagai Serambi Mekkah. Selain itu di Aceh juga memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pegunungan maupun pantainya.
Setelah mengalami kerusakan yang fatal akibat adanya tsunami pada tahun 2004 yang lalu, Aceh bisa kembali bangkit dan menata sektor pariwisata lainnya dengan baik dan sempurna, jika anda berencana ingin berlibur ke Aceh maka anda tidak perlu bingung-bingung, karena kami akan menjabarkan beberapa tempat wisata Aceh yang layak untuk Anda kunjungi.

1.    Masjid Raya Baiturrahman

Wisata Banda Aceh


Masjid yang dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda ini telah menjadi salah satu icon Nanggroe Aceh Darussalam, bangunan utama dari masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar yang dikelilingi oleh tujuh menara, selain itu Anda bisa melihat megahnya masjid ini dengan adanya kolam besar dan juga Pancuran air yang ada di depan masjid, yang mengingatkan pada tas mahal yang ada di India.

Selain itu masjid ini bisa digunakan sebagai tempat wisata religi Aceh, hal ini terjadi karena masih memiliki keindahan yang tak terhingga, untuk itu warga Aceh harus bangga memiliki Masjid Raya Baiturrahman ini. Jika anda ingin membeli souvenir untuk oleh-oleh anda bisa datang ke pasar Aceh yang ada di belakang masjid, kemudian Anda juga bisa berwisata kuliner, karena aceh memiliki segudang makanan khas yang wajib untuk anda coba ketika berlibur di aceh.

2.    Air Terjun Blang Kolam

Jika anda datang ke Aceh maka Sangat disayangkan apabila anda melewatkan air terjun ini, letak dari air terjun Blang kolam ini yaitu di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Lhokseumawe, jika anda datang ke tempat ini maka anda bisa melihat air terjun kembar yang memiliki tinggi 75 meter yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Selain itu Anda bisa bermain air di tempat ini, ada pula kolam-kolam tampungan air terjun yang bisa anda gunakan berendam atau bersantai di tepinya.

Jika anda ingin lebih merasakan pengalaman yang berbeda, anda bisa membawa perlengkapan berkemah, karena tarif di sini sangat murah yaitu Rp5.000 per orang, namun jika anda hanya berkunjung saja anda cukup membayar Rp2.500 per orang, agar anda bisa merasakan keindahan alam di air terjun ini.

3.    Air Terjun Suhom
Selain air terjun Blang kolam, ada pula air terjun yang tak kalah indahnya yaitu Air terjun suhom, yang berada di desa saham , Kecamatan lhoong, Aceh Besar. Jika anda ingin mencapai tempat ini anda perlu melewati jalan naik turun dengan pemandangan pegunungan Paro dan Kulu, namun anda tidak perlu kaget bila banyak monyet berkeliaran di sini, karena biasanya monyet yang ada di sini hanya minta buah-buahan atau makanan ringan, jika ada menggunakan jalan untuk melewat ketinggian dari air terjun ini yaitu 50 meter yang dibagi menjadi 3 tingkat, namun anda tidak diperbolehkan untuk naik ke tingkat dua maupun tiga agar tetap bisa menjaga keselamatan anda, karena disana ada pembangkit listrik bertenaga tinggi. Air terjun ini juga disediakan Gazebo, yang ditujukan agar pengguna bisa menikmati makanan yang di jual di sekitar lokasi Air Terjun tersebut.

4.    Pantai Lampu
Meskipun Bali terkenal dengan pantai indah, namun warga Aceh tidak perlu iri, karena mereka juga memiliki pantai yang tak kalah indahnya salah satunya yaitu Pantai Lampu atau bisa disebut Pantai Kuta di Aceh. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 5 km dari selatan ke utara, dengan pasir putih yang lembut dan juga tebing karang di ujung pantai, Anda bisa melakukan banyak kegiatan di pantai ini mulai dari berjemur,  berenang, berselancar, dan juga main banana boot. Selain itu kegiatan menarik bisa anda lakukan di tempat ini yaitu pelestarian penyu, Anda bisa melepas Tukik ke laut lepas, jika Anda belum puas bermain di tempat ini maka anda bisa menginap di kota yang ada di kawasan pantai.
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Wisata Banda Aceh yang Menarik dan Patut Dikunjungi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.