Selasa, 31 Maret 2015

Wisata Pantai Sembukan di Wonogiri Jawa Tengah

Wisata Pantai Sembukan di Wonogiri Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Tempat wisata pantai di Wonogiri yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Pantai ini bernama Pantai Sembukan. Panorama tempat wisata Pantai Sembukan memang sangat menawan sehingga pantai ini sudah cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Ciri khas dari Pantai Sembukan di wonogiri ini adalah banyaknya batu karang yang mendominasi di bibir pantai. Hal ini menyebabkan pantai ini kurang nyaman apabila digunakan untuk mandi dan bermain air. Namun pemandangan di sekitar yang berupa bukit-bukit kapur akan menambah eksotisme pantai di Wonogiri ini.

Wisata Pantai Sembukan

Ada mitos yang berkembang di Pantai Sembukan Wonogiri ini, bahwa pantai ini merupakan salah satu jalur yang digunakan Nyi Roro Kidul untuk memasuki Keraton Kasunanan Surakarta. Sehingga bagi pihak Keraton Surakarta sendiri Pantai Sembukan merupakan salah satu tempat yang dikeramatkan. Pada malam 1 Suro di Pantai Sembukan diadakan upacara Larung Ageng, yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Keraton Kasunanan Surakarta dan masyarakat sekitar Kecamatan Paranggupito.

Untuk menikmati keindahan alam Pantai Sembukan Wonogiri ini anda cukupmembayar tiket sebesar 5000 rupiah. Masih tergolong murah bukan ? Apabila di pantai merasa haus, jangan khawatir, karena di pinggir pantai banyak yang menjajakan Es Kelapa muda beserta gorengan untuk mengganjal perut. (Baca Juga : Tempat Wisata Terindah di Wonogiri )