Jumat, 26 Januari 2018

Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Keindahannya Bikin Takjub

Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Keindahannya Bikin Takjub, Tempat Wisata Terindah - Hallo sobat traveller, sudah sejauh mana perjalanan wisata Anda. Sudahkah menjelajah wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi yang asyik untuk liburan keluarga ini.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi, dari namanya saja sudah terdengar unik. Dinamakan Pantai Pulau Merah bukan berarti air lautnya atau pasir di pantainya berwarna merah ya. Melainkan karena adanya bukit kecil yang ada di tengah laut yang tak jauh dari pantai memiliki tanah berwarna merah dan apabila menjelang sore hari pantai ini akan terlihat agak merah. Nah kira-kira seperti itulah asal muasal nama pantai unggulan di Banywangi tersebut menurut kabar yang tersebar.
Pantai Pulau Merah berlokasi di ujung selatan Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi. Rute menuju pantai pulau merah banyuwangi ini tidaklah sulit, transportasi dan jalanan yang dilewati pun sangat bagus.

Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi



Pantai Pulau Merah ini memiliki hamparan pasir putih nan lembut yang sangat luas. Panorama di sekitar pantai sungguh indah. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat bukit kecil yang sangat cantik nan memukau, di bagian Timurnya para pengunjung akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang terpampang gagah, lalu di bagian Baratmya disajikan pemandangan sunset yang sangat indah manjakan mata, menakjubkan pokoknya sunsetnya! Tak hanya itu, pemandangan ombaknya di tempat wisata di banyuwangi yang bagus sangat menarik perhatian wisatawan yang datang.  Ombak di Pantai Pulau Merah dikenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Banywangi.

Aktivitas Menarik di Pantai Pulau Merah Banyuwangi


Terdapat beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Pulau Merah di antaranya:

1.    Bermain Pasir di Pulau Merah Banyuwangi

Berkunjung ke pantai manapun rasanya tidak sempurna tanpa bermain pasir. Begitu pun di pantai Pulau Merah ini, Anda bisa bermain pasir sepuasnya, apalagi pasir lembutnya menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki pantai Pulau Merah.

2.    Surfing di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Kondisi ombak di Pantai Pulau Merah sangat pas untuk wisatawan yang hoby berselancar (surfing). Spot surfing untuk pemula hingga profesional banyak tersedia, selain itu di pantai ini juga tidak banyak bebatuan sehingga cukup aman untuk bermain selancar. Saat Anda melancong ke pantai ini, jangan kaget ya apabila banyak menemui peselancar dunia. Pasalnya ombak di panti ini begitu menraik untuk ditakhlukkan.

Di pantai ini sudah banyak tersedia lengkap jasa penyewaan alat selancar, jadi jangan khawatir jika Anda tidak punya alat selancar atau malas bawa alat selancar ketika berwisata ke pantai ini. Anda cukup menyewanya saja. Karena ramainya kegiatan surfing di pantai ini, pengelola pantai biasanya mengadakan kegiatan/ event surfing rutinan setiap tahunan yang melibatkan peserta dari berbagai negara.

3.    Snorkeling di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Aktivitas Snorkeling juga sangat seru dilakukan di Pantai Pulau Merah ini. Untuk bisa snorkeling Anda bisa menggunakan peralatan sendiri atau juga menyewa alat snorkeling dipenyewaan yang banyak teredia di sekitar pantai. Harga sewa alat snorkeling di pantai ini tidak semahal tempat sewa pada umumnya lho.

4.    Memancing di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Memancing bukan hal yang sulit dilakukan di Pantai Pulau Merah, dengan memanfaatkan jasa perhau tradisional nelayan yang bisa disewa. Anda bisa menyisir tepi laut untuk menyalurkan hobi pancing Anda. Tapi ingat Anda harus membawa alat pancing sendiri, karena di Pulau Merah ini belum tersedia tempat penyewaan peralatan pancing. Saat memancing mengitari periran laut, tidak hanya banyak ikan yang didapat tapi juga pengalaman baru dan spot foto yang unik juga akan Anda dapatkan.

5.    Mendaki bukit di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Mendaki bukit kecil di tengah laut yang tidak jauh dari bibir pantai bisa Anda pilih untuk menambah keseruan berwisata di Pantai Pulau Merah. Anda bisa melakukannya saat laut sedang surut, cukup hanya berjalan kaki ke tengah laut Anda akan menemui bukit kecil yang bisa Anda daki. Dari bukit tersebut, Anda bisa menyaksikan keindahan dan eksotisme Pantai Pulau Merah yang memanjakan mata.

6.    Menikmati Kuliner/ jajanan khas Banyuwangi

Setelah melakukan berbagai aktivitas pantai yang menguras tenaga dan fisik, Anda bisa menikmati makanan dan minuman serta masakan kuliner lainnya yang tersedia di sekitar pantai Pulau Merah untuk mengisi kembali tenaga Anda. Banyak masakan yang bisa Anda santap, misalnya rujak soto, rujak bakso, rawon,  dan sajian khas lainnya.

7.    Mandi di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pengunjung bisa mandi atau bermain air sepuas-puasnya dengan catatan cuaca sedang bagus dan saat ombak memiliki ketinggian tidak lebih 2 meter. Apabila lebih, aktivitas yang boleh dilakukan hanyalah berselancar. Itupun hanya diperbolehkan untuk para profesional saja.
Keamanan di Pantai Pulau Merah dianggap sebagai salah satu aspek yang sangat diutamakan, terbukti dengan adanya beberpa petugas yang menjaga dan mengamankan serta siaga jika terjadi kecelakaan atau sesuatu yang tak diinginkan, terutama pada wisatawan yang melakukan renang dan surfing di pantai tersebut.

Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi


Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi


Harga Tiket Masuk Pulau Merah Banyuwangi


Sebelum bisa memasuki kawasan wisata untuk menikmati segala pesonanya, pengunjung yang datang diharuskan membayar/ membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket Pulau Merah Banyuwangi ini hanya Rp8.000/ orang (sewaktu-waktu bisa berubah).Harga tiket yang sangt murah, apabila dibandingkan dengan keindahan pemandangan dan keseruan berwisata yang akan Anda dapatkan di pantai Pulau Merah.

Fasilitas di Pantai Pulau Merah Banywangi


Fasilitas yang tersedia pantai ini cukup memadai.
> Rescue (life Guard)
> Menara Pandang untuk melihat pemandanagn
> Persewaan alat. Seperti Alat surfing, snorkeling bahkan perhau sudah tersedia di sana
> Tempat berjemur
> Kios makanan
> Parkir yang luas
> Toilet/ tempat bilas yang memadai
> Penginapan

Tips Berwisata di Pantai Pulau Merah


Agar perjalan wisata Anda di Pantai Pulau Merah ini berjalan seru dan berkesan, ada bebrapa tips/ aturan wisata yang wajib Anda patuhi.

Ø    Jangan buang sampah sembarangan di area pantai dan lautnya
Demi menjaga kebersihan dan keasrian tempat wisata, buanglah sampah pada tempatnya. Apabila susah untuk menemukan tempat sampah, kantongi dulu sampahnya untuk di buang sewaktu menemui tempat sampah diperjalanan pulang dari pantai.

Ø    Perhatikan keselamatan
Anda yang ingin bermain air atau pun melakukan aktivitas pantai lainnya. Sebainya perhatikan terlebih dahulu tingkat keamanannya. Terlebih bagi yang membawa anaknya, pastikan anak Anda dalam penjagaan Anda.

Itulah review singkat wisata Pantai Pulau Merah di Banyuwangi tempat asyik liburan keluarga. Jangan tunggu apa-apa lagi segera rencanakan perjalanan wisata Anda menuju tempat secantik, seindah, semenarik Pantai Pulau Warna.