12 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Layak Dikunjungi

shares |

12 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Layak Dikunjungi, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Rembang merupakan salah satu Kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Rembang merupakan ujung utara timur dari Provinsi Jawa Tengah dan di bagian timurnya sudah berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Jawa Timur. Selengkapnya, batas Kabupaten Rembang adalah sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pati, Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Blora dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Ada beberapa tempat wisata yang terdapat di Kabupaten Rembang. Wisata ini ada yang berupa wisata alam dan ada juga berupa wisata sejarah. Memang tempat wsiata di Rembang ini belum sepopuler dengan tempat wisata di Kabupaten lan. Namun bagi warga masyarakat Rembang sendiri dan sekitarnya dapat dijadikan sebagai alternatif wisata dalam menghadapi liburan yang pendek. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Layak Dikunjungi selengkapnya.

1. Makam Raden Adjeng Kartini

Raden Adjeng Kartini atau R.A Kartini merupakan pahlawan emansipasi wanita yang lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Hari lahirnya kemudian ditetapkan sebagai Hari Kartini, dimana hari itu didedikasikan untuk menghormati jasa-jasa beliau dalam memperjuangkan emansipasi wanita, dimana pada waktu itu kedudukan wanita masih dianggap rendah dibanding dengan kaum pria. Lalu kenapa makam R.A Kartini berada di Rembang ? Sepertinya tak banyak yang tahu bahwa semasa hidupnya RA. Kartini menikah dengan seorang Bupati Rembang yang menjabat waktu itu yaitu K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. R.A. Kartini Wafat di Rembang pada 17 September 1904 dan makamnya dimakamkan di desa Bulu Kecamatan Bulu terletak 17,5 Km ke arah selatan kota Rembang. Makam RA Kartini ini menjadi salah satu wisata bersejarah di Kabupaten Rembang. Pada musim liburan, tak ada salahnya membawa keluarga anda untuk berkunjung dan berziarah ke makam RA Kartini ini sambil belajar sejarah tentang jasa-jasa beliau.

2. Pantai Dampo Awang

Pantai Dampo Awang merupakan satu dari sekian wisata unggulan yang ada di Kabupaten Rembang. Lokasi tempat wisata pantai di Rembang ini sangat strategis karena terletak di jantung Kota Rembang tepatnya di sebelah timur Kantor Pemerintahan Kabupaten Rembang. Pantai Dampo Awang juga dikenal dengan sebutan Taman Kartini atau bahkan ada juga yang menyebut Pantai Kartini. Kadang memang rancu dengan Pantai Kartini yang ada di Kabupaten Jepara. Namun kedua pantai ini merupakan pantai yang berbeda. Kabupaten Rembang dan Kabupaten Jepara memang 2 kota yang sangat lekat dengan keberadaan Pahlawan Nasional RA. Kartini. Sehingga wajar saja apabila banyak lokasi yang dinamai dengan nama "Kartini".
Pantai Dampo awang di Rembang merupakan tempat wisata yang sudah dilakukan pengembangan sedemikian rupa sehingga menjadi obyek wisata yang sangat potensial. Pemandangan yang ditawarkan disini tidak hanya sebatas pantai saja, namun ada juga taman, berbagai koleksi hewan langka, kolam renang dll.

3. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe merupakan tempat wisata di Rembang yang masih tergolong baru dan akhir-akhir ini menjadi primadona di Kabupaten Rembang. Mendengar namanya cukup unik ya. Pada waktu pertama kali kami mendengar nama Karang Jahe, kami berpikir mungkin nama itu diambil dari alamat di sekitar pantai ini. Namun ternyata desa tempat pantai ini berada bukanlah Desa Karang Jahe. Pantai Karang Jahe sendiri berada di Desa Punjulharjo, Rembang Jawa Tengah. Ternyata pertanyaan seputar nama Karang Jahe ini terjawab saat kami berkunjung di sana. Di lokasi wisata Pantai Karang Jahe banyak ditemui serpihan karang yang berbentuk mirip jahe. Pemandangan di Pantai Karang Jahe sendiri tidak lah mengecewakan. Pantainya berpasir putih dan sangat bersih serta belum banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga dapat bermain di pantai sepuasnya.

4. Pantai Caruban Lasem

Seperti halnya Pantai Karang jahe di Rembang, Pantai Caruban yang letaknya di Kecamatan Lasem ini juga masih perlu banyak sentuhan pengembangan dari Pemerintah setempat. Pemandangan di Tempat wisata Pantai Caruban Lasem sendiri juga sangat indah namun fasilitas yang disediakan di tempat ini masih minim. Pengunjung juga belum banyak yang datang kesini, padahal sayang sekali jika tidak dikembangkan secara serius karena pemandangan disini sangat bagus. Wisatawan yang datang sendiri kebanyakan berasal dari lokal Kabupaten Rembang sendiri dan sekitarnya. Belum banyak wisatawan yang datang berasal dari daerah lain yang jauh.

5. Pantai Jatisari

Kabupaten Rembang sendiri ternyata memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selain Pantai Dampo Awang dan Pantai Karang Jahe, juga ada Pantai Jatisari. Pantai Jatisari berada di Kecamatan Sluke, Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Pantai Jatisari juga memiliki pemandangan berupa pantai yang masih alami serta belum banyak dikunjungi oleh masyarakat. Selain memiliki keindahan berupa pasir putih juga terdapat pemandangan berupa bebatuan yang menambah nuansa alami di pantai ini.

6. Pantai Binangun

Jika anda melintasi jalur Lasem-Rembang maka anda akan disuguhkan oleh sebuah pantai dengan pemandangan yang sangat indah. Pantai ini berada tepat di tepi Jalan raya, sehingga nuansa yang terdapat di pantai ini benar-benar beda dengan pantai di Kabupaten Rembang lainnya. Pantai ini dikenal dengan Pantai Binangun Rembang. Pantai Binangun sendiri berada di dekat dengan kompleks wisata religi Petilasan Sunan Bonang. Saat ini kawasan ini sedang dikembangkan menjadi kompleks wisata terpadu dengan penambahan berbagai fasilitas seperti rest area, hotel, restaurant, dll.

7. Petilasan Sunan Bonang

Sunan Bonang atau memiliki nama asli Raden Makdum Ibrahim merupakan salah satu dari walisongo yang merupakan penyebar agama Islam di Tanah Jawa. Di desa Bonang, Kecamatan Sluké, Kabupatèn Rembang terdpat sebuah petilasan Sunan Bonang atau lebih tepatnya pasujudan Sunan Bonang yang saat ini sering dikunjungi masyarakat. Pesujudan ini merupakan sebuah batu yang konon katanya dahulu digunakan oleh Sunan Bonang untuk bersujud agar dapat mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Saking lamanya sujud Sunan Bonang ini sehingga batu yang dijadikan alas sujudnya meninggalkan bekas. Pasujudan Sunan Bonang ini saaat ini dikeramatkan oleh warga dan menjadi wisata religi tersendiri bagi warga Kabupaten Rembang dan sekitarnya.

8. Wana Wisata Kartini Mantingan

Untuk anda yang menyukai wisata yang dekat dengan alam, maka anda dapat mencoba salah satu wisata yang indah di Kabupaten Rembang yaitu Wana Wisata kartini yang berada di desa Mantingan, kecamatan Bulu, kabupaten Rembang. Lokasi ini berada jauh dari perkotaan Kota Rembang. Mudahnya anda dapat mengambil jalur arah Kota Blora dan berjalan sekitar  ± 24 km dari kota Rembang. Lokasi wisata ini berdekatan dengan makam RA. kartini sehingga diberi nama Wana Wisata Kartini Mantingan. Ada berbagai macam keindahan yang ditawarkan di tempat wisata ini, khususnya adalah hutan wisata yag dikelola oleh Perhutani KPH Mantingan. Di lokasi ini juga sudah dikembangkan menjadi kawasan wisata dengan penambahan berbagai macam fasilitas termasuk taman bermain.

9. Karangsari Park

Selain terkenal dengan pantainya yang indah, di wilayah Kabupaten Rembang juga terdapat obyek wisata berupa bumi perkemahan atau Buper, tepatnya adalah Bumi Perkemahan Karangsari Park. Bumi Perkemahan Karangsari ini terletak di desa Karangsari kecamatan Sulang kabupaten Rembang yang dikelola oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Rembang. Di Bumi perkemahan ini pernah diselenggarakan kegiatan berupa Upacara HUT Pramuka Tingkat Jawa Tengah pada tahun 2003 dan Jambore Daerah XII Kwartir Daerah Jawa Tengah tahun 2007. Bumi Perkemahan Karangsari ini juga dikenal sebagai bumi perkemahan terbesar di Kabupaten Rembang.

10. Puncak Argopuro Lasem

Puncak Argopuro merupakan nama puncak Gunung dari Gunung Lasem di kabupaten Rembang. Gunung Lasem ini lebih mirip perbukitan yang berada di Lasem dengan ketinggian 806 mdpl. Meskipun ketinggiannya masih jauh lebih rendah dari Gunung lainnya di ulau jawa namun Puncak Argopuro ini selalu menjadi pilihan bagi pecinta alam di sekitar Kabupaten Pati, Rembang, Blora dan sekitarnya terutama pada malam tahun baru dan liburan sekolah. Meskipun terbilang pendek, ternyata jalur pendakian Puncak Argopur ini cukup melelahkan. Berdasarkan pengalaman dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke puncak Argopuro dengan jalan santai atau sekitar 1 jam an jika sudah pengalaman dengan medan di puncak ini. Untuk mendakinya anda dapat memulai dari jalur yang dimulai dari Ds.Ngroto Kec.Pancur Kabupaten Rembang.

11. Taman Wisata Alam Sumber Semen

Taman Wisata Alam Sumber Semen merupakan salah satu wisata di Kabupaten Rembang yang belum banyak dilirik oleh para wisatawan. Kondisi di tempat ini juga masih perlu banyak pembenahan sehingga dapat diandalkan menjadi tempat wisata yang potensial. Lokasi Wisata alam ini berada di Desa Gading Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Ada beberapa fasilitas yang sudah terbangun di obyek wisata ini yaitu taman terbuka, bumi perkemahan, sarana main anak, musholla, dan yang terutama kolam renang dua buah. Di lokasi ini memiliki keragaman flora dan fauna yang masih terpelihara dengan baik. Koleksi flora yang terdapat disana adalah Jati (Tectona grandis), Mahoni (Swietenia mahagoni), Miri (Aleurites moluccana), Kepel (Stelechocarpus burahol), Kesemek (Diospyros haseltii). Sedangkan fauna yang terdapat di Taman wisata ini adalah Lutung (Presbytis sp.) , Ayam hutan (Gallus sp.), Kutilang (Pycnonotus aurigaster), Kacer (Lepsypus saularis).

12. Situs Kota Sejarah Lasem


Kota Lasem yang terdapat di sebelah timur Kota Rembang merupakan kota yang unik di Kabupaten Rembang. Kota Lasem dikenal sebagai tempat pendaratan pertama warga etnis Tionghoa di Tanah Jawa. Jejak-jejak sejarah Kota Lasem ini sampai sekarang masih dapat dilacak dengan peninggalan berbagai macam bangunan yang masih terjaga keasliannya. Di Kota Lasem terdapat perkampungan Tinghoa yang sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah di Lasem. Adanya nuansa kental etnis Tionghoa ini menjadikan Lasem dijuliki sebagai "Tiongkok Kecil". Namun dalam perkembangannya Kota Lasem juga terpengaruh oleh Agama Islam yang disebarkan oleh para wali. Hal ini mengakibatkan jumlah muslim juga banyak di Kota ini, bahkan Kota Lasem juga dijuluki dengan Kota Santri, dimana di kota ini banyak terdapat pesantren yang bahkan diantaranya dipimpin Kyai Kharismatik seperti Sayid Abdurrahman Basyaiban (Mbah Sambu), KH. Baidhowi, KH. Khalil, KH. Maksum, KH. Masduki dll.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Layak Dikunjungi bagi anda wisatawan yang sedang berkunjung ke Kabupaten Rembang. Semoga seiring dengan berjalannya waktu berbagai tempat wisata di Kabupaten Rembang ini dapat dikelola dengan baik dan dikembangkan secara maksimal sehingga dapat menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah yag signifikan bagi pembangunan daerah. Selanjutnya baca artikel tentang Tempat Wisata Terindah di Kabupaten Pati.

Wisata Yang Berhubungan