Jumat, 18 Agustus 2017

7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik

7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik, Tempat Wisata Terindah - Jika anda ingin mengunjungi Kota Semarang di Provinsi Jawa Tengah dalam waktu dekat, maka anda dapat mampir ke sebuah Kecamatan yang kaya akan tempat wsiata ini yaitu di Ambarawa. Ambarawa merupakan kota dari sebuah museum kereta api, yang juga menawarkan beberapa pilihan tempat wisata lainnya, yang tak kalah menarik. Ambarawa saat ini merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jika anda melintasi jalur Magelang-Semarang maka anda akan melewati Kota Ambarawa ini. Meskipun hanya sebuah kecamatan kecil di Jawa Tengah, namun nama Ambarawa sendiri sangat familiar bagi warga Jawa Tengah. Hal itu karena Ambarawa merupakan kota yang sangat bersejarah. Dahulu Ambarawa pernah dijadikan sebagai Ibu kota Kabupaten Semarang yang saat ini terletak di Ungaran. Pada Zaman Penjajahan Belanda Peran dari Kota Ambarawa juga sangat sentral kerena kota ini dijadikan sebagai jalur penghubung Kota Semarang, Yogyakarta dan Magelang yang saat itu menggunakan Kereta Api. Oleh karena itu Ada banyak tempat bersejarah yang dapat dieksplor di Kota Palagan ini.

7 Wisata Ambarawa Paling Menarik

Jika anda penasaran apa saja 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik, maka kami akan menjabarkannya di bawah ini.

1. Museum Palagan 

 Museum Palagan


Salah satu tempat wisata Ambarawa yang terkenal yaitu museum Palagan. Museum ini merupakan salah satu pilihan untuk wisata sejarah favorit yang ada di Ambarawa. Pernah mendengar sebuah pertempuran yang disebut dengan Pertempuran Palagan Ambarawa ? Palagan Ambarawa merupakan pertempuran yang terjadi pada tanggal 12 Desember - 15 Desember 1945. Pada waktu itu Indonesia dikuasai oleh Sekutu setelah memenangi Perang Dunia II. Namun karena kegigihan pejuang Indonesia maka Tentara Sekutu yang semula menguasai Magelang dapat didesak mundur ke Ambarawa. Di Ambarawa inni kemudian TKR dibawah komando Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Tentara Sekutu yang kemudian hari itu, tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Infanteri. Di Museum Palagan ini disimpan berbagai macam peninggalan jaman penjajahan Belanda dan juga Jepang.

2. Museum Kereta Api

Museum Kereta Api


Pada masa Penjajahan Belanda, Ambarawa merupakan Kota Militer. Untuk menghubungkan Kota Kota di Jawa Tengah maka dibuatlah Jalur Kereta Api. kota Ambarawa memiliki peranan yang penting karena merupakan persimpangan jalur Semarang, Solo dan juga Yogyakarta. Museum Kereta Api ini dulunya merupakan Stasiun Kereta Api yang karena tidak aktif lagi kemudian dialih fungsi menjadi museum. Di Museum Kereta Api ini pengunjung dapat melihat bekas bangunan Stasiun Kereta Api peninggalan Belanda dan juga dapat merasakan sensasi menaiki kereta uap kuno. Letak museum Kereta Api Ambarawa ini yaitu di Jalan Stasiun No 1 Panjang, ambarawa, Semarang Jawa Tengah.

3. Kampung Rawa 

Kampung Rawa


Kampung Rawa ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Ambarawa dan juga termasuk salah satu destinasi wisata yang masih tergolong baru. Objek wisata kampung rawa ini adalah komplek perumahan dari sejumlah Pondok Rumah Makan. Bila anda ingin datang ke tempat ini, anda tidak perlu repot-repot mencarinya, karena tempat ini terletak di tepi jalan lingkar Ambarawa. Selain itu tempat ini juga memiliki ciri khas yaitu bangunannya beratap Joglo serta lokasinya berada di kawasan sawah dan rawa-rawa sehingga sangat mudah sekali untuk ditemukan. Hal yang menarik dari Kampung Rawa ini yaitu bangunannya yang terapung serta dibangun diatas semacam rakit yang terbuat dari drum plastik bekas. Jika anda datang ke Kampung Rawa Ambarawa anda bisa menyantap wisata kuliner yang lezat dan juga akan disuguhi pemandangan hamparan perbukitan yang melingkupi kawasan rawa.

4. Rawa Pening 

Rawa Pening


Jika anda datang ke Kampung Rawa anda bisa melihat pemandangan indah Rawa Pening ini. Rawa Pening sangat erat kaitanya dengan kota Ambarawa tersebut, karena kota ini sendiri berasal dari kata Amba yang berarti luas dan juga Rawa. Jadi arti dari kota Ambarawa ini yaitu kawasan Rawa yang luas sehingga keberadaan Rawa Pening ini sendiri juga selalu dikaitkan dengan sejarah Ambarawa di masa lalu. Jika anda bosan dengan tempat wisata yang itu-itu aja, anda bisa mengunjungi Rawa yang ada di Ambarawa ini. Agar anda lebih bisa menikmati obyek wisata Rawa ini, anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling, kemudian anda juga bisa melihat tumbuhan eceng gondok yang tertata rapi membentuk suatu pola yang cantik.

5. Eling Bening

Eling Bening


Eling Bening merupakan salah satu tempat wisata baru di Ambarawa yang saat ini sedang ngehits. Wsata ini sebenarnya merupakan sebuah resort yang menyediakan fasilitas berupa penginapan dan juga tempat makan di atas perbukitan. Namun belakangan banyak masyarakat yang ingin merasakan sensasi makan bersama di atas perbukitan dengan melihat pemandangan alam berupa Rawa Pening dan juga persawahan. Fasilitas lain yang juga tersedia di Eling Bening adalah kolam renang dengan air yang sejuk. Jika anda berminat dapat langsung saja mengunjungi alamat Eling Bening di Jalan Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Semarang Jawa Tengah.

6. Benteng Willem I

Benteng Willem I


Benteng ini memiliki nama resmi Benteng Fort Willem I atau juga dikenal dengan nama Benteng Pendem Ambarawa. Jika anda melintasi jalur lingkar Mabarawa amka anda dapat menyaksikand engan jelas keberadaan Benteng ini. Benteng ini meruoakan salah satu tempat bersejarah di Kota AMbarawa. seperti kami jelaskan di awal artikel bahwa Ambarawa merupakan Kota yang strategis. Pada masa penjajahan Belanda Kota ini memiliki fungsi yang sangat vital oleh karena itu penting bagi Belanda untuk membangunBenteng di mabarawa unguk mempertahankannya dari serangan musuh. Benteng ini berlokasi tak jauh dari museum Kereta Api dan dibangun mulai tahun 1834 sampai dengan 1845. Jika anda penyuka tempat-tempat bersejarah aka anda wajib berkunjung ke Benteng Willwm I di Ambarawa ini.

7. Kawasan Bandungan

Kawasan Bandungan


Tidak hanya wisata sejarah yang ada di Kecamatan Ambarawa, Semarang Jawa Tengah namun wisata alamnya juga sangat memukau. Kecamatan Ambarawa memiliki salah satu wilayah dengan nama Bandungan. Di Kawasan bandungan yang berhawa sejuk ini banyak menyimpan tempat wisata yang sangat memukau. Tempat wisata yang ada di Kawasan Bandungan diantaranya adalah Pasar Bandungan, Candi Gedong Songo, New Bandungan Indah Water Park, Umbul Sidomukti, Susan Spa dll. Kami telah membahas tentang Wisata Bandungan di artikel berjudul 10 Obyek Wisata di Sekitar Kawasan bandungan. Anda dapat membuka link artikel tersebut untuk lebih jelasnya.

Nah, untuk anda yang tertarik mengunjungi 7 Wisata Ambarawa Semarang Jawa Tengah Paling Menarik ini, anda bisa menjadikan artikel ini referensi ketika mau berliburan ke Kota Ambarawa. Sekian, semoga bermanfaat.
Baca Juga : Tempat Wisata di Kabupaten Semarang Pilihan