Minggu, 22 Maret 2015

Wisata Taman Pintar Di Kota Yogyakarta

Wisata Taman Pintar di Kota Yogyakarta, Tempat Wisata Terindah - Ingin berwisata yang lebih menarik, sembari menambah pengetahuan Anda agar lebih luas? Mungkin objek wisata Taman Pintar yang ada di pusat kota Yogyakarta ini bisa Anda jadikan tujuan Anda berwisata. Sebab Taman Pintar ini merupakan sebuah tempat wisata yang menyuguhkan sebuah laboratorium yang telah di kemas sebagai tempat rekreasi yang sangat menarik yang juga akan sangat bermanfaat bagi para pelajar. Taman pintar inilah tempat di mana para pelajar dapat dengan bebas dan juga lebih leluasa untuk mendalami pelajaran sains yang ada di sekolahnya melalui sebuah pengamatan secara langsung. Bagaimana? Sambil berlibur Anda akan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan yang bermanfaat kan buat pendidikan Anda? Selain baik untuk para pelajar, Tempat Wisata Taman Pintar Yogyakarta juga sangat cocok untuk putra-putri kita yang masih kecil untuk mengenalkan berbagai macam ilmu pengetahuan. Untuk itulah akan sangat baik jika Anda menjadikan Taman Pintar ini sebagai tujuan Anda berlibur nantinya. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya wisata Taman Pintar di kota Yogyakarta, silakan ikuti ulasan berikut ini. (Baca Juga : Informasi Pariwisata di Yogyakarta )
Gambar Depan Taman Pintar Yogyakarta
Gambar Depan Taman Pintar Yogyakarta

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta terletak di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta INDONESIA 55122, telp: +62-274-583631, 583713 fax: +62-274-583664. Taman Pintar berdekatan dengan Jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta, dan Shoping.

Tarif Masuk Taman Pintar Yogyakarta

Untuk bisa menikmati wahana dan belajar di Taman Pintar ini Anda harus membayar terlebih dulu tiket masuknya sebesar Rp.15.000,00 untuk orang dewasa dan Rp.8.000,00 untuk anak-anak, harga tiket yang terbilang sangat murah tersebut tentunya tidak menyulitkan Anda kan untuk bisa menikmati segala wahana dan juga fasilitas yang ada di Taman Pintar tersebut.

Wahana di Taman Pintar Yogyakarta

Play Ground
Zona penyambutan dan permainan serta sebagai ruang publik bagi pengunjung. Adapun beberapa bagian play ground adalah sebagai berikut:
    Tapak Presiden Republik Indonesia
    Gong Perdamaian
    Taman Air Menari
    Koridor Air
    Desaku Permai
    Spektrum Warna
    Dinding Berdendang
    Sistem Katrol
    Forum Batu
    Parabola Berbisik
    Rumah Batik
    Rumah Gerabah
    Wahana Bahari

Gedung Paud
Zona ini memiliki bagian yang disebut dengan zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak-anak usia pra sekolah hingga taman kanak-kanak. Adapun beberapa ruangan yang disediakan antara lain:

    Ruang Computer Kids
    Ruang Petualangan
    Ruang Profesi
    Ruang Pertunjukan
    Ruang Perpustakaan Anak
    Ruang Religi dan Budaya
    Ruang Susun Balok

The Adventure of Science
Gedung Oval
Lantai 1
Lantai ini menjadi zona untuk pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan. Adapun beberapa wahana yang disediakan antara lain:

    Aquarium air tawar
    Dome Area
    Kehidupan Prasejarah
    Titian Sains
    Harmoni Alam
    Sistem Tata Surya

Lantai 2
Lantai ini digunakan sebagai zona untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun beberapa wahana yang ada antara lain:

    Zona Ilmu Bumi
    TV Cube
    Zona Teknologi Konstruksi
    Zona Teknologi Mesin dan Energi
    Zona Teknologi Telekomunikasi
    Zona Nuklir
    Zona Kelistrikan
    Zona Teknologi Komputer

Gedung Kotak
Gedung ini terdiri atas 3 (tiga) lantai yang fungsinya berbeda satu sama lain. Ketiga lantai tersebut antara lain:

Lantai 1:
Lantai ini berisi saran dan prasarana pelengkap bagi pengunjung yang terdiri atas:

    Exhibition Hall
    Ruang Audio Visual
    Radio Anak Jogja
    Food Court
    Souvenir Counter
    Amusement Center

Lantai 2
Lantai  ini terdiri atas berbagai fasilitas untuk mempelajari materi dasar yang terkait dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Beberapa zona yang disediakan antara lain:

    Zona pengolahan minyak dan gas bumi
    Zona agro
    Zona air untuk kehidupan
    Zona warisan leluhur
    Zona teknologi pengolahan susu
    Zona teknologi informasi dan komunikasi
    Zona teknologi otomotif roda dua

Lantai 3
Lantai ini menjadi zona kreativitas dan berisi:

    Wahana Animasi
    Zona Science and Technology
    Theater 4 Dimensi

Gedung Memorabilia
Gedung ini berisi dokumen dan foto-foto yang berkaitan dengan sejarah antara lain:

    Sejarah kesultanan Yogyakarta
    Sejarah tokoh pendidikan nasional
    Sejarah presiden R.I.
Bermain air di Taman Pintar Yogyakarta
Bermain air di Taman Pintar Yogyakarta

Fasilitas di Taman Pintar Yogyakarta

Tidak hanya sebuah laboratorium yang akan Anda temukan di tempat ini, beberapa wahana rekreasi dan belajar pun juga di sediakan di Taman Pintar ini, dan untuk menunjang fasilitas objek wisatanya, di sini juga di sediakan food court, area bermain atau playground, ruang audiovisual, dan juga ruang pertemuan yang multifungsi atau exhibition hall. ? Nah, jika Anda ingin berlibur ke Taman Pintar ini Anda cukup datang ke jalan Senopati Nomer 1-3 kota Yogyakarta.

Dengan berlibur ke Taman Pintar ini Anda akan menjadi lebih pintar karena mendapatkan berbagai macam pengetahuan yang ada di sekolah dengan cara melakukan pengamatan secara langsung, sehingga Anda akan lebih mudah mencerna pengetahuan tersebut. Sekian wisata Taman Pintar di kota Yogyakarta semoga manfaat.