Rabu, 25 Maret 2015

12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah

12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah dan masuk dalam eks karesidenan Surakarta. Lokasi Kabupaten Wonogiri adalah di sebelah selatan dari Kota Solo. Kabupaten Wonogiri berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Sukoharjo di sebelah utara, bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo, Pacitan dan Magetan Jawa Timur serta bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul Yoyakarta. Wilayah selatan Wonogiri yang berbatasan dengan Laut selatan menyebabkan Kabupaten Wonogiri memiliki beberapa obyek wisata pantai yang cukup indah. Namun karena kurangnya penataan dan promosi dari pemeritah menyebabkan tempat wisata pantai di Wonogiri kurang begitu ramai dikunjungi. Berikut adalah 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah selengkapnya :

12 Wisata Wonogiri Jawa Tengah Pilihan

1. Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri


Bicara tentang wisata di Wonogiri rasanya tak lengkap kalau tidak membahas Waduk Gajah Mungkur. Tempat Wisata Waduk Gajah Mungkur telah menjadi salah satu ikon wisata di Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur letaknya hanya berjarak sekitar 3 km dari Kota Wonogiri. Waduk ini merupakan waduk buatan yang dibangun untuk tujuan pertanian. Waduk Gajah Mungkur mulai dibangun pada tahun 1970 dan selesai pada tahun 1978. Waduk Gajah Mungkur memiliki luas sekitar 8800 ha dan dapat mengairi ribuan hektar sawah di Kabupaten sukoharjo, Sragen, Karanganyar dan Klaten. Saat ini di okasi Waduk Gajah Mungkur dijadikan sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah. Wisatawan dapat menikmati panorama waduk yang indah serta menikmati berbagai hasil ikan dari waduk yang sangat lezat.

2. Pantai Nampu

Pantai Nampu


Tempat Wisata Pantai Nampu di Kabupaten Wonogiri ini memiliki pemandangan pasir putih dan batu karang yang sangat indah. Pantai ini bisa dibilang masih asri dan belum banyak terjamah manusia. Udara pantai yang segar dan bersih menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Nampu ini berada di Kecamatan paranggupito Wonogiri, untuk mencapainya dapat dilakukan dengan naik bis umum dari Kota Solo ke arah Kecamatan paranggupito. Tiket masuk sangat murah yaitu hanya sebesar 2000 rupiah.


3. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo




Tempat wisata pantai di Wonogiri yang satu ini juga terdapat di Kecamatan Paranggupito. Tepatnya Pantai Banyutowo terdapat di Gudangharjo kecamatan Paranggupito Wonogiri. Nama pantai ini "Banyutowo" memiliki arti air tawar. Berarti di pantai ini terdapat air tawar yang berasal dari sejumlah sungai di sekitarnya. Di pantai ini juga terdapat pemandangan berupa batu karang yang indah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

4. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan


Selain Pantai Nampu dan Banyutowo teryata di Kecamatan Paranggupito juga ada pantai lainnya yaitu Pantai Sembukan. Pantai ini selain memiliki pemandangan yang indah juga dijadikan sebagai tempat bermeditasi dan ngalap berkah bagi penduduk sekitar pantai. Pada waktu tertentu di lokasi Pantai Sembukan ini diadakan acara larung dan wayangan sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta. Selain untuk tempat wisata, di Pantai Sembukan juga dijadikan lokasi memancing yang tentunya mengasyikkan.


5. Air Terjun Setren

Air Terjun Setren


Kalau di Kabupaten Karanganyar memiliki Air Terjun Tawangmangu, di Wonogiri juga memiliki tempat wisata berupa air terjun yaitu Air Terjun Setren. Air Terjun Setren terdapat di Desa Setren Kecamatan Slogohimo Wonogiri. Letak air terjun ini sekitar 30 km arah timur dari Kota Wonogiri. Setiap hari lokasi wisata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang biasanya oleh pasangan muda-mudi serta para pecinta alam.

6. Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Arena Papan Luncur Olahraga Gantole


Gantole dan paralayang merupakan salah satu olahraga yang cukup menantang sehingga diperlukan nyali yang tinggi. Di Kabupaten Wonogiri juga terdapat tempat khusus yang dapat digunakan untuk olahraga gantole ini. Tempat ini berada di bukit Desa Sendang. Arena papan luncur ini sudah biasa digunakan oleh atlet gantole dan paralayang tingkat jawa Tengah. Ada 2 tingkat ketinggian, yaitu 200 meter dan 400 meter. Bagi anda yang ingin mencoba olahraga ini dapat langsung datang ke Wonogiri.


7. Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata Spiritual Kahyangan


Wisata Spiritual ini biasanya digunakan oleh warga masyarakat untuk nenepi dan tirakat. Dalam adat Jawa tirakat ini biasanya untuk meraih suatu tujuan. Wisata Spiritual Kahyangan terdapat di Kecamatan Tirtomoyo wonogiri. Menurut warga sekitar, kahyangan merupakan tempat dimana pendiri kerajaan Mataram Sutowijoyo melakukan tirakat. Dalam tirakatnya ini Sutowijoyo dapat berkomunikasi dengan Ratu Kidul dan melakukan perjajian untuk membangun Kerajaan Mataram. Dalam sejarah memang Kerajaan Mataram ini akhirnya dapat menguasai tanah Jawa dan menjadi salah satu kerajaan yang disegani di nusantara.

8. Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono


Goa Putri Kencono memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa stalagtid dan stalagmid di sepanjang goa. Goa ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki luas sekitar 1000 m2 serta jalurnya yang dapat menmbus bukit disebaliknya. Goa Putri Kencono terdapat di Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau berjarak 40 km dari Kota Wonogiri.

9. Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia


Museum Wayang Indonesia yang berada di Wonogiri ini memiliki kemiripan dengan Museum Wayang yang berada di Jakarta yaitu sama-sama menyimpan koleksi berupa wayang yang merupakan warisan kebudayaan adiluhung masyarakat Jawa. Wayang yang menjadi koleksi museum ini ada berbagai macam diantaranya adalah wayang kulit, wayang suket, wayang golek, topeng dll. Dengan adanya museum wayang ini diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran bagi muda-mudi untuk mengenal salah satu kebudayaan asli Indonesia. Museum Wayang di Wonogiri ini tepatnya berada di Kecamatan Wuryantoro.

10. Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia


Museum karst Dunia ini berada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau berjarak sekitar 38 km dari Kota Wonogiri ke arah selatan. Pengertian Karst berdasarkan Wikipedia adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Karst yang berupa pegunungan kapur ini membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan. Museum Karst dunia dibangun untuk tujuan menyediakan informasi tentang kawasan karst kepada semua pihak untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan, wisata yang bersifat edukatif, konservasi dan pemberdayaan masyarakat.

11. Alas Kethu

Alas Kethu


Alas Kethu di Wonogiri merupakan sebuah hutan di di daerah Kota wonogiri seluas 40 ha yang dijadikan sebagai paru-paru Kota. Alas Kethu Wonogiri banyak ditumbuhi pepohonan yang telah berumur ratusan tahun seperti jati, mahoni dan kayu putih. Konon kabarnya dahulu pada saat pembangunan KEraton Surakarta, salah satu material yang dipapai adalah kayu dari Alas Kethu Wonogiri. Kayu-kayu ini dihanyutkan melalui Bengawan Solo sampai ke Solo. 

12. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah


Air Terjun Binangun Watu Jadah merupakan tempat wisata yang masih tersembunyi di Wonogiri. Tempat ini belum banyak orang yang tahu, karena untuk mencapai tempat ini dibutuhkan perjalanan darat dengan berjalan kaki sekitar satu jam, melewati sawah dan perbukitan Pegunungan Lawu Selatan. Air Terjun Binangun Watu Jadah ini terletak di wilayah Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri.

Demikian tadi 12 Tempat Wisata di Kabupaten Wonogiri yang Indah serta mamiliki potensi pengembangan wisata yang tinggi. Tempat wisata Wonogiri tersebut apabila di garap dan dipromosikan dengan serius akan dapat menambah Pendapatan asli Daerah yang cukup besar. (Baca juga : 12 Tempat Wisata di Jawa Tengah )