Kamis, 26 Maret 2015

Wisata Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen

Wisata Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen, Tempat Wisata Terindah - Pemandian air panas biasanya terletak di dekat gunung api. Kabupaten Sragen yang memiliki wilayah yang cukup jauh dari gunung api ternyata memiliki sumber air panas yang kemudian dijadikan sebagai pemandian. Pemandian air panas ini adalah Pemandian Air Panas Bayanan. Wisata Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen sudah angat dikenal oleh msyarakat sekitar Sragen. Air yag keluar dari Pemandian air panas ini dipercaya dpat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik, gatal-gatal, dan penyakit lainnya. Selain untuk menyembuhkan penyakit menurut pengakuan pengunjung, mandi di pemandian air panas Bayanan dapat menurunkan kolesterol, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas, menghilangkan capek an menyebabkan awet muda. Oleh warga sekitar zaman dahulu pemandian ini dikenal dengan nama 'Hyang Tirto Nirmolo'. Sekarang dinamakan Pemandian Bayanan karena lokasinya di Desa Bayanan.

Pemandian Air Panas Bayanan di Sragen


Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan Sragen

Tempat wisata Pemandian Air Panas Bayanan Sragen berlokasi di Bayanan Desa Jambean KEcamatan Sambirejo Sragen. Lokasi pemandian ini sekitar 17 km ke arah tenggara dari Kota Sragen. Akses untuk menuju Pemandian Bayanan sangat mudah. Untuk menuju kesana anda dapat menggunakan Angkudes dengan jalur Sragen – Ngarum – Blimbing – Bayanan.

Fasilitas Pemandian Air Panas Bayanan

Tempat wisata Pemandian air panas Bayanan sragen sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas untuk pengunjung, diantaranya adalah Kamar Mandi Air Panas, Tempat Parkir Kendaraan, Taman Rekreasi dan bermain untuk anak, Hutan Wisata, Warung makan, Ruang Informasi dan juga Mushola.

Sejarah Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan atau Hyang Tirto Nirmolo dahulu merupakan sebuah tepat tetirah orang kaya Belanda pada masa penjajahan dahulu. Pemandian ini dibangun pada tahun 1808 oleh Tan Praul yang merupakan salah satu saudagar Belanda terkenal waktu itu. Pada tahun 1978 oleh Pemerintah Indonesia pemandian ini direnovasi untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Demikain sedikit informasi kami tentang tempat wisata pemandian air panas Bayanan, untuk mendapat informasi tentang tempat wisata di Sragen lainnya anda dapat melihat infonya disini.