Sabtu, 07 Februari 2015

Istana Maimun Medan Sumatera Utara Yang Indah

Istana Maimun Medan Sumatera Utara Yang Indah, Tempat Wisata Terindah – Di setiap wilayah di Indonesia biasanya memiliki sebuah icon khas yang bisa menjadi sebuah tanda pengenal dari kota tersebut dan juga menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Di kota Medan sendiri, salah satu icon yang menjadi kebanggaan dari warga masyarakatnya adalah Istana Maimun. Istana Maimun merupakan ciri khas dari kota Medan. Lokasi Wisata Istana Maimun berada di Jl. Brigjen Katamso, kelurahan Sukaharja, Kota Medan, Sumatera Utara.
Gambar Istana Maimun di Medan
Gambar Istana Maimun di Medan


Luas dari tempat wisata Istana Maimun ini mencapai 2.800 meter persegi dam terdapat sekitar 30 ruangan yang bisa di jadikan sebagai sebuah wisata yang telah banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Bangunan Istana Maimun banyak di dominasi dengan warna – warna kuning emas yang mana warna – warna tersebut adalah warna khas dari orang – orang melayu. Istana Maimun adalah sebuah peninggalan dari Kerajaan Deli. Istana ini di bangun Sultan Maimun Al – Rasyid Perkasa Alamsyah, yaitu seorang raja yang masih berketuruna di kesultanan Delhi.

Istana Maimun ini didirikan pada tanggal 26 – 8 – 1888 serta di resmikan tepatnya pada tanggal 18 – 5 – 1891. Ciri khas lain dari Istana Maimun adalah bangunannya yang menghadap ke arah timur dan terdapat 2 lantai dengan dilengkapi 3 bagian bangunan induk. Sedangkan di bagian depan istana, telah berdiri sebuah Masjid Al – Maksum atau yang biasa di sebut dengan Masjid Raya Medan. Istana maimun adalah salah satu dari sekian banyak istana indah yang terdapat di tanah air.

Istana ini dibangun dengan pemilihan arsitektur yang unik dan di padu padankan dengan unsur – unsur kebudayaan masyarakat Melayu yang cenderung bergaya Islam, India, Spanyol dan Italia. Pencampuran padu padan tersebut menyajikan keunikan tersendiri yang menjadikan sebuah karakter kuat pada bangunannya. Gaya Eropa sangat terlihat kental pada pemilihan ornamen kursi, lampu, meja, jendela, almari hingga pemilihan pintu dorong. Sedangkan pintu dengan gaya Spanyol merupakan salah satu bagian karakter khas dari istana ini. tidak hanya itu, anda juga bisa melihat gaya arsitektur Belanda yang terdapat pada ukiran bentuk jendela dan pintu yang condong lebih lebar dan tinggi.

Terdapat juga prasasti dari marmer yang berada di depan tangga dan di tuliskan dengan menggunakan huruf Latin dalam bahasa Belanda. Pengaruh budaya Islam bisa di temukan dengan adanya sebuah bentuk lengkung ( arcade ) yang terdapat di bagian atap yang berbentuk seperti perahu terbalik. Istana Istana Maimun yang megah ini buka setiap hari pada jam 8 pagi dan tutup pada jam 5 sore. Tarif masuk untuk anak - anak adalah Rp. 3.000 dan untuk orang dewasa sebesar Rp. 5.000. Berjarak sejauh 10 kilometer  dari Bandara Internasional Polonia. Dan untuk mengelilingi wilayah istana Maimun, anda bisa memakai transportasi umum seperti menyewa mobil, bus atau taksi. Anda bisa merencanakan rencana liburan yang menyenangkan di Istana Maimun.