Wonderful, Panorama Saat Mendaki Gunung Rinjani

shares |

Wonderful, Panorama Saat Mendaki Gunung Rinjani, Tempat WIsata Terindah - Siapa yang tak kenal Gunung Rinjani? Gunung yang wajib didaki oleh pendaki gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Di samping itu, gunung ini memiliki pemandangan yang sangat menarik sehingga wajar apabila Gunung Rinjani menjadi tujuan pendakian bagi para pendaki dan pecinta alam di seluruh Indonesia.

Gunung yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.  Objek andalan yang paling digemari wisatawan adalah puncak Gunung Rinjani itu sendiri.
Bagi setiap pendaki, dapat mendaki sampai ke puncak gunung merupakan kebanggaan tersendiri. Selain itu, jika dilihat dari puncak gunung akan nampak Pulau Lombok yang didominasi bagian utara.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani

Untuk mendaki Gunung Rinjani maka perlu dipersiapkan terlebih dahulu jalur mana yang akan ditempuh. Jalur pendakian Gunung Rinjani yang paling terkenal yaitu pendakian yang dimulai dari Senaru dan diakhiri di Sembalun Lawang yang membutuhkan waktu pendakian selama 4 sampai 5 hari. Dengan jalur yang terkenal itu, para pendaki mulai dengan lereng kawah yang sangat menakjubkan di Senaru, kemudian turun melalui danau kawah yang eksotik dan dilanjutkan ke Sembalun Lawang.

Tips Mendaki Gunung Rinjani

Nah, untuk pendakian Gunung Rinjani sendiri ada beberapa tips yang dapat anda lakukan. Di antaranya wajib membawa pakaian hangat, dikarenakan udara di lereng kawah sangat dingin dan juga berangin. Anda juga membutuhkan sepatu boot yang bagus selama pendakian berlangsung. Gunakan jasa pemandu wisata yang biasanya ada di lokasi pendakian. Hal ini sangat disarankan karena mendaki seorang diri sangat tidak direkomendasikan. Di samping itu, jangan anda datang pada saat musim hujan. Hal ini dikarenakan jalur pendakian licin sehingga dapat terjadi longsoran batu yang tentunya sangat berbahaya bagi anda.

Selain puncaknya yang sangat indah, pesona Gunung Rinjani yang tak kalah adalah Danau Segara Anak. Segara Anak merupakan danau kawah yang terdapat di Puncak Gunung Rinjani. Untuk mencapai lokasi tersebut ada dua jalur resmi, yaitu jalur pendakian Sembalun dan jalur pendakian Senaru.
Dengan berjalan kaki diperkirakan akan menempuh waktu 8 sampai 10 jam dengan mengambil jalur pendakian Sembalun, namun jika anda menggunakan jalur pendakian Senaru dibutuhkan waktu sekitar 7 sampai 10 jam tergantung kecepatan anda.

Anda juga dapat berkemah di sekitar Danau Segara Anak ini, karena terdapat tempat yang cukup luas dan juga datar. Selain itu, anda juga dapat memancing di danau tersebut, atau sekedar berendam di sumber air panas  yang airnya mengandung belerang.

Tempat Indah di Sekitar Gunung Semeru

Selain itu ada pula beberapa objek wisata di sekitar Danau Segara Anak, yaitu Hulu Sungai Koko Puteq, Goa Manik, Goa Payung, dan juga Goa Susu yang sangat dipercaya sebagai tempat meditasi serta tempat bercermin diri.

Bagi anda yang akan mendaki Gunung Rinjani hendaklah tidak lupa membawa kenang – kenangan dari Gunung Rinjani, dikarenakan di sana banyak dijual beraneka ragam souvenir dan kerajinan tangan yang dapat dijadikan buah tangan atau untuk diri sendiri.

Photo Gallery Pemandangan Gunung Rinjani

 

Jadi, jika anda memang pendaki jangan sebut anda pendaki jika anda melewatkan mendaki Gunung Rinjani yang memiliki panorama indah di antara gunung yang ada di Indonesia.

Wisata Yang Berhubungan