Senin, 04 September 2017

30 Wisata Banyumas Jawa Tengah Paling Populer

30 Wisata Banyumas Jawa Tengah Paling Populer, Tempat Wisata Terindah - Pernah mendengar nama Kabupaten Banyumas ? Bagaimana kalau Kota Purwokerto yang merupakan tempat dibangunnya Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) ? Kebanyakan orang lebih mengenal Purwokerto daripada Kabupaten Banyumas. Purwokerto merupakan nama Ibukota Kabupaten Banyumas jawa Tengah. Dalam artikel ini yang akan kita bahas tidak hanya tempat wisata yang ada di Kota Purwokerto namun juga di kabupaten Banyumas pada umumnya. Kabupaten banyumas berbatasan dengan Brebes di sebelah utara, berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen di sebelah timur, serta berbatasan dengan Kabupaten Cilacap di sebelah selatan dan barat. Kabupaten Banyumas menggunakan bahasa jawa dengan dialek yang sangat khas. Orang menyebutnya dengan bahasa ngapak. Selain banyumas, wilayah di sekitarnya juag menggunakan bahasa Ngapak seperti Tegal, Pemalang, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo dll. Berikut adalah 30 Wisata Banyumas jawa Tengah yang paling Populer saat ini.


30 Wisata Banyumas Paling Terkenal


1. Obyek Wisata Baturraden

Obyek Wisata Baturraden



Wisata Baturraden di Purwokerto merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Purwokerto. Wisata ini berlokasi hanya sekitar 14 km dari pusat Kota Purwokerto. Kawasan Baturraden terletak di lereng Gunung Slamet. Disini memiliki pemandangan alam yang indah. Di dalamnya juga terdapat spot wisata lain yang bisa dikunjungi. Selain pemandangan yang indah Baturraden juga menawarkan suasana pegunungan yang sejuk serta beberapa fasilitas yang menarik seperti Sepeda air, wanawisata, taman bermain, kolam renang dll.

2. Sumber Air Panas Pancuran Tiga

Sumber Air Panas Pancuran Tiga


Sumber Air Panas Pancuran Tiga merupakan obyek wisata yang berlokasi tidak jauh dari Baturraden. Di Sumber Air Panas Pancuran Tiga anda dapat menyaksikan adanya sumner mata air panas yang berjumlah tiga. Air panas yang kelur dari sumber mata air ini mengandung belerang yang dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Hal itu menjadikan banyak warga yang menyempatkan mandi di Sumber Air Panas Pancuran Tiga ini.

3. Sumber Air Panas Pancuran Tujuh

Sumber Air Panas Pancuran Tujuh



Berbeda dengan pancuran tiga, disini sumber mata air panasnya berjumlah tujuh buah sehingga dinamakan Sumber Air Panas Pancuran Tujuh. Sumber Air Panas Pancuran Tujuh juga masih berada di Kawasan Baturraden. Di Sumber Air Panas Pancuran Tujuh pengunjung dapat mrnikmati mandi dengan air panas secara pribadi karena di sekitar Sumber Air Panas Pancuran Tujuh ada beberapa yang menyewakan bilik kecil untuk mandi. Lokasi Pancuran Pitu sendiri terdapat di Lokawisata Baturraden Ketenger Purwokerto kabupaten banyumas.

4. Goa Sarabadak

Goa Sarabadak



Wisata Goa Sarabadak Purwokerto ini terletak berdekatan dengan tempat pancuran 7, persisnya 50 meter di bawah tempat pancuran 7. Goa yang jadi lokasi  rekreasi Purwokerto ini adalah lokasi pertemuan aliran air panas yang berisi sulfur dengan air dingin yang menyebabkan bebatuan sekeliling mejadi berwarna keemasan. Selain udaranya yang sangat sejuk, Goa Sarabadak juge dikenal dengan pemandangan yang amat mengagumkan.

5. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi



Wisata Banyumas Telaga Sunyi Baturaden ialah suatu lokasi wisata yang sangat cocok buat menyendiri dengan menikmati keadaan alam dan juga gemercik air. Namanya pula telah bisa anda artikan sendiri “telaga sunyi” bermakna memang telaga ini hening  dan juga senyap. akan tetapi bila kamu senang dengan hal alam yang semacam itu, ini telaga sunyi Baturaden ini lah lokasi rekreasi yang tepat buat kamu. Kealamian telaga sunyi masih amat terawat degan baik. Alam yang lagi hijau, suara gemercik air telaga dan juga airnya yang bening menyebabkan anda dapat relaksasi dengan sempurna. Tempat rekreasi telaga sunyi baturaden ini terletak kurang lebihnya dua km dari Lokaswisata Baturaden. Alamat dari telaga sunyi ialah Limpakuwus, sumbang, Banyumas , Jawa Tengah, Indonesia.

6. Curug Telu

Curug Telu



Masih di area kecamatan Baturraden, curug telu ini jadi salah satu curug yang dipakai buat menyediakan kebutuhan air masyarakat. Akan tetapi curug ini mempunyai pemandangan yang amat bagus sehingga membuat penduduk di sekitarnya untuk mengelola curug ini menjadi lokasi wisata yang ramai didatangi oleh pengunjung.

7. Curug Bayan

Curug Bayan



Tempat Wisata di Banyumas Curug Bayan ini pun masih terletak di area Baturraden dan juga amat sesuai buat beristirahat bersama-sama keluarga. Disamping curug, di tempat ini juga sudah ada hotel dengan pondok-pondok yang istimewa.

8. Curug Gomblang

Curug Gomblang



Curug Gomblang ialah salah satu air terjun yang berada di lereng Gunung Slamet. Meskipun tak amat tinggi akan tetapi debit air di Curug Gomblang cukup kencang dengan aliran air yang bersih. Curug Gomblang adalah air terjun yang masih alamiah, keadaan ini kelihatan dengan rimbunnya pepohonan di seputar air terjun yang menyebabkan keadaan bertambah asri. Bila anda amati, bentuk dari Curug Gomblang sepintas mendekati dengan Air terjun Tiu Kelep di lombok, cuma saja lebih besar dan juga lebih kencang. Alamat Curug Gomblang adalah di Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

9. Curug Ceheng


Curug Ceheng


Wisata Banyumas Curug Ceheng ini mempunyai ketinggian 13 m yang terletak di lereng sisi tenggara Gunung Slamet. Gunung Slamet ialah gunung yang diketahui angker oleh masyarakat seputar Purwokerto. Air terjun Ceheng jadi salah satu bagian dari aliran deras sungai Pelus. Sungai alamiah ini mengalir menuju ke kawasan hilir hingga seputar sumbang dan juga Sokaraja. Curug dengan pemandangan bagus ini terletak di dukuh Gandatapa, Kecamatan sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

10. Curug Cipendok

Curug Cipendok



Curug ini jadi salah satu lokasi wisata menarik di Purwokerto jateng yang terdapat di Kecamatan Cilongok. Curug ataupun air terjun Cipendok ini mempunyai aliran yang amat tinggi alhasil menyebabkan pemandangan seputar curug ini jadi amat luar biasa. Curug yang terletak di tengah hutan dan juga pepohonan hijau asri ini amat memanjakan mata. Kamu pun dapat main air di aliran curug ini, akan tetapi mesti berwaspada dan juga tak dapat terlalu dekat dengan curug karna aliran airnya amat deras.

11. Batur Agung Mount of Fun

Batur Agung Mount of Fun



Desa wisata Batur Agung Mount of Fun terdapat di Baseh, Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Batur Agung Mount of Fun diresmikan bupati Mardjoko pada 13 Juni 2010, menjadi salah satu pilihan wisata Banyumas. Di sini terdapat berbagai permainan dan juga situs purbakala. Di lokasi Batur Agung Mount of Fun terdapat water park dengan air yang digunakan langsung dari asal sungai Logawa. Wahana lainnya yang juga terdapat di Batur Agung Mount of Fun adalah arung jeram di Logawa River dengan arah yang melintasi tebing-tebing yang exotic dan juga air hulu sungai Logawa yang airnya 100% belum tercemar apapun dan juga masih bersih.  Situs purbakala Batur Agung berupa petilasan Raden Kamandaka yang dalam sejarahnya ialah penyiar agama Islam di Banyumas. Lokasi Batur Agung ini dikelilingi oleh pepohonan yang amat teramat tua dan juga tumbuh begitu besar.

12. Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden



Spot Wisata lain yang juga terdapat di Kawasan Wisata Baturraden adalah kebun Raya baturraden. Kebun Raya Baturraden terdapat di Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata Baturraden kemutung Lor Purwokerto Banyumas. Di Kebun Raya ini anda dapat melihat berbagai macam koleksi tanaman seperti Tanaman perdu, tanaman perambat, tanaman anggrek, pepohonan besar dll.

13. Mandala Wisata Baturraden


Mandala Wisata Baturraden


Wisata Baturraden Purwokerto lainnya adalah mandala Wisata baturraden. Mandala Wisata Baturraden juga dikenal dengan Taman Kaloka Mandala yang didalamnya berisi kebun binatang mini. Koleksi kebun binatang yang ada disini lumayan banyak seperti harimau, Orangutan, Buaya, Komodo dll. Lokasi dari Mandala Wisata Baturrden sendiri berada tak jauh dari lokasi WIsata Baturraden yaitu di jalan Raya baturraden KM 10 Baturraden karangtengah Banyumas.

14. Dreamland Waterpark Ajibarang

Dreamland Waterpark Ajibarang



Dreamland Waterpark Ajibarang merupakan wisata banyumas yang cukup populer yang terletak di Ajibarang. Di Dreamland Waterpark Ajibarang ini terdapat beberapa kolam renang yang dapat anda nikmati bersama keluarga anda. Air yang ada di dalamnya sangat segar karena menggunakan mata air alami. Selain kolam renang juga sudah dibuat beberapa wahana yang siap memanjakan anda bersama keluarga. Loaksi dari Dreamland Waterpark Ajibarang sendiri adalah di Desa Pancasan KEcamatan Ajibarang Banyumas.

15. Alun-alun Purwokerto

Alun-alun Purwokerto



Keberadaan alun-alun merupakan hal yang biasa di tiap Kabupaten Kota di Indonesia. yang menjadikan alun-alun Porwokerto menjadi menarik karena konsep yang ditawarkan yaitu sebagai Modern Citizen park sehingga sangat nyaman untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong yang bagus. Di Alun-alun Purwokerto terdapat air mancur warna warni yang dapat menambah semaraknya pemandangan terutama di malam hari.

16. Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia



Tahukah anda bahwa Bank Rakyat Indonesia didirikan pertama kali di Purwokerto ? baru tau kan ? betul bahwa Bank Rakyat Indonesia atau BRI pertama kalididirikan di Purwokerto. Kalrena hal itu maka di Purwokerto didirikan sebuah museum untuk menyimpan benda-benda bersejarah jaman dahulu. Di Museum Bank Rakyat Indonesia ini tersimpan berbagai macam alat kuno yang dahulu digunakan dalam operasional BRI seperti brangkas, mesin penghitung uang, pesawat telepon dll. Lokasi dari Museum Bank Rakyat Indonesia sendiri adalah di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 57 Kedungwuuh Purwokerto Banyumas. Wisata Edukasi di Banyumas ini layak anda kunjungi sebagai penambah wawasan anda dan juga keluarga anda.

17. Crossworld Paintball 

Crossworld Paintball



Permainan paintball merupakan permainan perang-perangan menggunakan senjata senapan mainan. Permainan ini snagat cocok dimainkan beramai-ramai. Di Purwokerto juga sudah ada jenis permainan seperti ini yaitu terdapat di Crossworld paintball Purwokerto. Loaksi alamat Crossworld Paintball Purwokerto adalah di Jalan RIngin Tirto no 69 Purwokerto banyumas.

18. Depo Bay Pelita Purwokerto

Depo Bay Pelita Purwokerto



Depo Bay merupakan wisata keluarga di Purwokerto yang snagat bagus untuk liburan. Disini ada berbagai macam fasilitas yang ditawarkan seperti kolam ombak yang luas, supermarket, mushola, factory outlet dll.

19. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal



Selain wisata alam yang amat banyak di Banyumas juga terdapat wisata sejarah yang luar biasa yaitu Masjid Saka Tunggal. Masjid Saka Tunggal merupakan masjid yang bersejarah di Banyumas. Kabarnya Masjid Saka Tunggal adalah masjid tertua di Indonesia. Masjid ini dibangun jauh sebelum masa walisongo atau sekitar tahun 3293. Dinamakan Masjid Saka Tunggal karena awalnya masjid ini hanya memiliki satu Saka atau tiang. Lokasi dari Masjid Saka Tunggal adalah di Desa Cikakak Kecamatan Wangon banyumas.

20. Miniatur Dunia Purwokerto (Small World)

Miniatur Dunia Purwokerto



Satu lagi Obyek wisata di Purwokerto yang layak anda kunjungi yaitu Miniatur Dunia Purwokerto. Di tempat ini anda dapat melihat berbagai macam bangunan indah dari penjuru dunia seperti Menara Eiffel, Menara Pisa, Patung Liberty, Taj Mahal dll. Namuntentunya bukan dalam ukuran yang asli, namun hanya berupa miniatur saja. Disini anda dapat berfoto dan membagikannya di sosial media anda. Lokasi Taman Miniatur Dunia adalah di Jalan Raya Baturraden Barat Nomor 270 Ketenger Karangmangu Purwokerto.

Selain 20 wisata diatas, Kabupaten Banyumas masih memiliki berbagai macam tempat wisat yang harus anda kunjungi. Sebagian besar dari Tempat wisat di Banyumas ini memiliki pemandanagn yang bagus sehingga sangat instagramable. Berikut adalah wistaa lainnya yang juga terdapat di Banyumas Jawa Tengah.

Baturraden Adventure Forest
Lokasi dari Baturraden Adventure Forest adalah di Karangsalam, Baturraden, Banyumas.

Baturraden Adventure Forest


Taman Rekreasi Andhang Pangrenan
Alamat dari Taman Rekreasi Andhang Pangrenan adalah di Jalan Gerilya, Purwokerto Selatan, Karangklesem, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Taman Rekreasi Andhang Pangrenan


Kebunku Waterpark
Lokasi dari Kebunku Waterpark adalah di Omah Keboen Serayu, Perumahan Semampir Indah, Jl. Serayu XV No. 123A, Sumampir, Purwokerto Utara, Purwokerto, Jawa Tengah

Kebunku Waterpark


Taman Satria Purwokerto

Alamat dari Taman Satria Purwokerto adalah di Berkoh, Purwokerto, Banyumas

Taman Satria Purwokerto



Taman Balai Kemambang
Alamat dari Taman Balai Kemambang adalah di l. Karang Kobar No.9, Bancarkembar, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

Taman Balai Kemambang



Bukit Bintang Baturraden
Lokasi dari wisata Banyumas Bukit Bintang Baturraden adalah di Desa Karangmangu KM. 12, Baturraden, Kemutug Lor, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

 Bukit Bintang Baturraden




Curug Nangga
Alamat Tempat Wisata Banyumas Curug Nangga adalah Petahunan, Pekuncen, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

 Curug Nangga



Bendungan Gerak Serayu
Lokasi dari Bendungan Gerak Serayu adalah di Gambarsari, Kebasen, Banyumas

Bendungan Gerak Serayu



Bukit Watu Meja

Alamat dari Tempat Wisata Banyumas Bukit Watu Meja adalah di Jl. Raya Patikraja - Kebasen, Tumiyang, Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Bukit Watu Meja




Bukit Tranggulasih
Lokasi Wisata Bukit Tranggulasih Banyumas adalah di Windujaya, Kedung Banteng, Banyumas

 Bukit Tranggulasih


Baca Juga :
27 Wisata Purbalingga Paling Bagus
12 Tempat Wisata di Kebumen Paling Indah

Demikian Tadi adalah 30 Wisata Banyumas Jawa Tengah Paling Populer. Semoga dapat bermanfaat bagi anda sekalian