Minggu, 10 Juli 2016

Wisata Gunung Batok, Wisata yang sudah Identik dengan Kawasan Bromo

Wisata Gunung Batok, Wisata yang sudah Identik dengan Kawasan Bromo, Tempat Wisata Terindah - Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang berada di wilayah Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang memang sangat terkenal di wilayah Jawa Timur. Salah satu yang membuatnya terkenal yaitu karena hadirnya objek wisata Gunung Bromo. Akan tetapi sebenarnya di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga terdapat satu wisata gunung yang menarik yaitu wisata Gunung Batok.

Wisata Gunung Batok ini tidak kalah indah dengan Gunung Bromo. Yang paling menarik dari Gunung Batok adalah pesona sunrise dan sunset yang indah yang ditawarkan oleh Gunung Batok ini. Lain daripada itu Anda bisa menyaksikan hijaunya alam di Gunung Batok dengan balutan udara yang dingin menusuk tulang. Dan bagi Anda yang tertarik untuk berwisata di Gunung Batok, berikut informasi lebih lanjut yang bisa kami berikan.

Wisata Gunung Batok di Kawasan Bromo


 Wisata Gunung Batok di Kawasan Bromo



Wisata Gunung Batok yang Indah Di Kawasan Bromo Tengger Semeru

Gunung Batok. Ya, Nama Gunung Batok sendiri sangat berkaitan erat dengan legenda dan bentuk dari gunung itu sendiri. Dalam bahasa Jawa, kata batok memiliki arti tempurung kelapa dan memang menggambarkan bentuk seperti tempurung kelapa. Gunung ini juga masih memiliki keterkaitan dengan cerita Rara Anteng dan Joko Seger selaku keturunan awal Suku Tengger. Gunung Batok memiliki cerita tentang kisah asmara dari Rara Anteng dan juga Joko Seger semasa mereka belum menjadi sepasang suami isteri.

Menurut kisah, suatu hari Rara Anteng yang jatuh cinta kepada Joko Seger dilamar oleh pembajak yang sakti namun jahat. Karena tak berani menolak secara terang – terangan maka Rara Anteng meminta dibuatkan lautan di tengah gunung dalam waktu semalam. Karena merasa sakti, pembajak laut tersebut menyanggupi permintaan Rara Anteng. Dengan batok kelapa ia menggali tanah di sekitar gunung. Karena kesaktiannya tinggal sedikit lagi pekerjaan selesai dan Rara Anteng akhirnya mencari cara agar tidak bisa dipersunting si pembajak. Ia juga mulai menumbuk padi di tengah malam sampai membangunkan ayam – ayam yang sedang tidur. Ayam ini kemudian berkokok karena dikira sudah pagi. Karena pembajak itu gagal menunaikan perintah Rara Anteng dengan marah ia melempar batok kelapa yang ia gunakan sampai jatuh tertelungkup di samping Gunung Bromo. Dan akhirnya gunung itu disebut Gunung Batok.

Meninggalkan kisah tentang Gunung Batok, wisata ini menawarkan keindahan alam yang cantik dan tiada bandingnya. Bahkan keindahannya tak kalah dengan wisata Gunung Bromo. Dari atas puncak yang berpasir cukup luas Anda bisa menyaksikan puncak Semeru yang berada di kejauhan. Kabut tampak indah mengelilingi sekitar dan suasana sejuk akan Anda temukan. Panorama sunset dan sunrise juga bisa Anda temukan disini.

Demikian sedikit cerita dan informasi daya tarik wisata Gunung Batok, Wisata yang sudah Identik dengan Kawasan Bromo. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Wisata Gunung Batok yang Indah Di Kawasan Bromo Tengger Semeru bermanfaat.