Rabu, 04 Maret 2015

Wisata Seru Naik Sepur Kluthuk Jaladara

Wisata Seru Naik Sepur Kluthuk Jaladara, Tempat Wisata Terindah - Tahukah kamu keunikan Kota Solo ? Jawabannya banyak, salah satunya adalah kereta uap Jaladara. Kereta dalam bahasa jawa disebut dengan sepur, sedangkan kluthuk artinya kuno. Oleh karena itu orang solo lebih familiar menyebut kereta uap Jaladara dengan Sepur Kluthuk Jaladara. Sepur Kluthuk Jaladara ini merupakan salah satu terobosan dari Pemerintah Kota Solo untuk menarik perhatian para wisatawan, sehingga wisatawan lebih banyak berkunjung ke Kota Solo.

Sepur Kluthuk Jaladara diluncurkan mula tanggal 27 September 2009 yang merupakan kereta api buatan Jerman tahun 1896 dengan gerbong terbuat dari kayu. Dalam satu rangkaian kereta uap Jaladara ini terdiri atas satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16. Pada saat peresmian dihadiri oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo Joko Widodo bertempat di Loji Gandrung, Rumah Dinas Walikota Solo. Kereta ini menggunakan bahan bakar dari kayu dan untuk sekali jalan membutuhkan sekitar 3 kubik kayu. Lumayan besar biaya yang harus dikeluarkan untuk ukuran transportasi masal. Namun karena tujuannya untuk pariwisata, tidak ada salahnya memberikan kepada pengunjung pengalaman tersendiri yaitu menaiki kereta api model lama yang begitu klasik.

Rute yang dilewati Sepur kluthuk Jaladara ini adalah dari Stasiun Purwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah yang kira-kira berjarak 5.6 kilometer melewati Jalan Slamet Riyadi. Dalam perjalannya Sepur Kluthuk Jaladara ini juga akan singgah di beberapa lokasi wisata Kota Solo seperti  Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, Gladak, dan lain-lain.

Lantas pertanyaannya adalah berapa tarif tiket Sepur Kluthuk Jaladara ini ? Tarif Kereta Uap Jaladara ini bisa dibilang cukup mahal. Untuk menaikinya pun juga tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri,  namun harus dipesan secara rombongan. Sepur Kluthuk Jaladara dapat membawa maksimal 80 penumpang dengan biaya Rp 3.250.000,00. Biaya ini dipergunakan untuk membiayai bahan bakar berupa lima meter kubik kayu jati dan 3 masinis serta 3 asisten masinis yang menyalakan kereta tersebut. Untuk menikmati fasilitas paket layanan ini, tarif satu kali perjalanan pulang pergi biaya yang dikenakan Rp 360.000,00 per orang (paket 25 penumpang), Rp 290.000,00 (paket 35 orang penumpang), dan Rp 150.000,00 (paket 80 orang penumpang).

Baca : 12 Tempat wisata Solo Paling Ramai

Demikian tadi informasi wisata Solo tentang Wisata seru naik sepur Jaladara. Semoga dapat memberikan informasi yang ekurat tentang wisata Solo untuk liburan anda selanjutnya.