Tempat Wisata Terindah

Tempat Wisata Terindah di berbagai daerah Indonesia yang wajib dikunjungi

10 Destinasi Wisata di Solo yang Lagi Hits Cocok Untuk Liburan

10 Destinasi Wisata di Solo yang Lagi Hits, Tempat Wisata Terindah - Selain Jogja, Surakarta atau kota yang lebih dikenal dengan nama Solo ini sudah menjadi magnet wisata tersendiri di Jawa Tengah. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata kuliner, hingga berbagai wisata budaya yang mengedukasi tersedia lengkap di kota Solo yang ramah ini. Dalam pembahasan kali ini kami akan tampilkan 10 tempat wisata hits di Solo da sekitarnya. Kenapa pakai kata sekitarnya ? Karena tidak semua 20 tempat wisata ini berada dalam wilayah administrative Kota Solo, namun ada yang dari daerah sekitar Solo seperti Sragen, Sukoharjo dll. Namun karena kedekatannya dengan Kota Solo, orang sudah terlanjur menganggapnya bagian dari Kota Solo.

Rangkaian perjalanan wisata di Solo sangat sayang jika mengunjungi satu atau dua tempat wisatanya saja. Berikut ini adalah daftar Destinasi Wisata Solo yang sedang ngehits 2018 yang wajib Anda kunjungi untuk liburan seru dan mengasyikkan.

1.    Taman Balekembang



Taman Balekembang sangat seru dikunjungi bersama keluarga. Taman seluas 10 hektar ini memiliki pesona alam yang bersih dan hijau. Taman yang mulau berfungsi sejak tahun 2008 ini memiliki suasana yang sejuk dan menenangkan. Taman ini memiliki dua wilayah, yang pertama yaitu adanya taman Air Partini yang dapat digunakan untuk bermain dengan menaiki perahu dan wilayah yang kedua yaitu Hutan Partinah, taman yang dipenuhi beragam jenis tanaman langka. Selain itu, taman Balakembang ini juga sering diselenggarakan berbagai jenis kesenian semisal Ketoprak Lesung. Taman ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 18.00. Anda dapat menikmati pesona taman Balekembang ini cukup dengan 12.000 rupiah saja. 

2.    Taman Sriwedari




Taman Sriwedari adalah destinasi wisata ngehits di Solo selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi di Kota Solo. Taman dengan cerita sejarah yang tersimpan di dalamnya memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi banyak wisatawan. Taman ini buka setiap hari  dari pukul 10.00 siang hingga 10.00 malam. Cukup dengan uang 10.000 hingga 12.000 rupiah saja Anda dapat melihat pertunjukkan kesenian wayang yang ada di lokasi taman Sriwedari ini dengan mengusung tema Ramayana dan Mahabarata. Taman ini berlokasi di jalan Slamet Riyadi, kecamatan Laweyan, Sriwedari, Kota Surakarta.

3.    Keraton Surakarta




Wajib dikunjungi nih, Keraton Surakarta merupakan sebuah destinasi sejarah yang ada di kota Solo. Berkunjung ke keraton ini, Anda akan melihat berbagai peninggalan sejarah zaman dahulu.
Cukup dengan uang Rp. 10.000,- rupiah Anda dapat menyusuri perjalanan sejarah bangsa Indonesia yang wajib diketahui.

4.    Tugu Lilin Solo




Keberadaan Tugu Lilin Solo ini sebagai lambang dari perjuangan pemuda-pemudi Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Keberadaan monumen ini juga sebagai peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Di balik bentuknya yang unik, tersimpan makna yang mendalam dari Tugu Lilin ini. Berdirinya tugu ini sebagai lambang pengabdian dan kobaran semangat dalam memerjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tugu Lilin ini dapat Anda temukan di jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Tempat ini cocok untuk Anda yang suka berfoto ria. Selain mendapatkan hasil jepretaan foto yang bagus, Anda juga secara tidak langsung menghargai perjuangan setiap para pejuang yang berjuang memerdekan Indonesia.

5.    Galabo Solo



Kepopuleran Solo dengan wisata kulinernya memang tidak diragukan lagi. Di Galobo Solo ini Anda akan menemukan beragam kuliner khas Solo. Galabo Solo adalah tempat berkumpulnya para penjual berbagai aneka kuliner khas Solo. Ragam jajanan yang disajikan begitu menggoda untuk dicicipi. Dari mulai jajanan Bakso, Tahu Kupat, Mie Toprak, wedang hingga susu segar bisa Anda santap di tempat ini. Galabo ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga 24.00. Anda dapat menemukan Galabo Solo di jalan Mayor Sunaryo.

6.    Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu




Grojongan Sewu Tawangmangu adalah salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di Solo. Air Terjun Grojogan Sewu masuk dalam wilaya administrative kabupaten karanganyar. Jaraknya sekitar 37 kilometer dari pusat kota Solo. Sesampainya di kawasan air tejun, Anda akan melewati beberapa anak tangga untuk mencapainya. Perjalanannya cukup melelahkan, tapi tenang rasa lelah tersebut akan terbayar lunas dengan nuansa pemandangan yang masih sejuk alami. Air terjun yang jernih yang seakan tak pernah lelah untuk mengalir akan membasuh keringat Anda, keseruan bermain air dan berfoto ria akan Anda dapati di sana

Untuk memasuki area wisata Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Anda dikenakan tarif sebesar Rp18.000,-. Tapi, untuk wisata asing harga tiketnya beda lagi, tarifnya bisa mencapai 160.000 rupaiah per-orangnya.

7.    Air Terjun Jumog




Meskipun keberadaannya terletak di tengah pulau, ternyata Solo memiliki air terjun yang menawan dan sayang untuk dilewatkan. Sekitar 40 kilometer dari kota Solo, pesona air terjun yang menawan ini dapat Anda temukan. Lokasi Tempat Wisata Jumog berdekatan dengan Lokasi Wisata Grojogan Sewu. Wisata alam ini cocok untuk Anda yang ingin menenangkan diri. Udaranya yang menyegarkan dan panorama alamnya yang elok bisa Anda dapatkan hanya dengan 5.000 rupiah saja. Cukup murah bukan untuk membayar keindahan pesona alam yang menakjubkan ini.

8.    Pandawa Water World Solo Baru




Wisata air yang disuguhkan Pandawa Water World Solo Baru dijamin akan memanjakan liburan Anda. Berbagai macam wahana bermain tersedia di tempat ini. Tempat yang selalu ramai pengunjung ini bisa Anda kunjungi setiap hari dengan tiket masuknya seharga Rp50.000,- untuk weekday dan untuk weekend  seharga Rp100.000,-. Lokasi dari pandawa Waterworld adalah di Wilayah Sukoharjo jawa Tengah yang juga dekat dengan Kota Solo.

9.    Kampung Batik Kauman




Berikutnya adalah salah satu destinasi budaya yang terdapat di kota Solo yakni kampung Batik kauman. Untuk Anda pecinta batik, tempat ini wajib dikunjungi. Berkunjung ke tempat ini tidak hanya melihat berbagai koleksi batiknya yang bagus, tapi juga Anda dapat melihat bagaimana cara pembuatan batiknya. Ciri khas dari Batik Kauman adalah memiliki motif modern dengan warna yang gelap. Produk batik Kauman ini tidak hanya dinikmati wisata lokal saja tapi berbagai wisata asing pun banyak yang berlangganan membeli batik Kauman. Jangan salah, harga batik di Kampung Batik Kauman bisa mencapai jutaan rupiah, harga yang fantastis dan sebanding dengan proses pembuatan batik tersebut.

10.     Museum Manusia Purba Sangiran




Museum ini sudah sangat populer di Solo. Museum Manusia Purba Sangiran merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Sangiran, Sragen Jawa Tengah.  Museum ini cocok untuk liburan Anak bersama keluarga. Di museum ini, Anda akan menyaksikan berbagai fosil manusia purba yang telah berumur hingga ratusan ribu tahun. Benar-benar pemandangan yang langka. Sekitar 13.000 koleksi fosil manusia purba terdapat di museum ini. Tak heran jika museum ini dikategorikan sebagai museum manusia purba terlengkap se-Asia. Tidak hanya fosil manusia purba yang Anda temukan di tempat ini, berbagai fosil lainnya pun seperi fosil hewan, tumbuhan, batu-batuan serta alat-alat yang digunakan para manusia purba bisa Anda temui di tempat wisata ini.

Itulah 10 destinasi wisata di Solo yang lagi hits, Segera tentukan wisata Solo yang mana yang akan Anda singgahi terlebih dahulu

Popular Post