Rabu, 09 Agustus 2017

Kali Cemara : Wisata baru Bernuansa Sungai Simo Boyolali

Wisata Kali Cemara Boyolali, Tempat Wisata Terindah - Kabupaten Boyolali merupakan sebuah kabupaten yang berdekatan dengan Kota Solo di Jawa Tengah. Kabupaten Boyolali terkenal sebagai penghasil susu sapi. Dalam postingan kami sebelumnya, kami telah banyak membahas tentang Tempat Wisata Unggulan di Boyolali. Namun seiring denagn berjalannya waktu ternyata ada banyak tempat wisata baru di Boyolali yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar. Salah satu tempat wisata baru di Boyolali yang akan kita bahas disini adalah Kali Cemara yang terletak di Simo Boyolali. Tempat wisata ini sangat unik karena dirintis oleh pemuda-pemudi dari Karang Taruna di wilayah setempat. Jika anda berkunjung ke tempat wisata ini anda dapat menikmati indahnya suasana sungai yang bersih dan masih alami, juga dapat belajar bagaimana semangat yang dimiliki sebuah organisasi karang taruna dalam menjaga kelestarian alam sekitar dan mengembangkan sebuah wisata yang dapat menggerakkan perekonomian di pedesaan. Tentunya karena tempat wisata ini masih baru, fasilitas yang ada belum selengkap tempat wisata yang sudah dikembangkan sebelumnya. Namun kami yakin dengan dukungan berbagai pihak khususnya dari pemerintah, Tempat wisata kali Cemara di Boyolali ini dapat menjadi salah satu alternatif wisata alam yang bagus buat masyarakat.

Wisata Alam Kali Cemara di Simo Boyolali

Tidak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Boyolali sebelum datang ke Kali Cemara. Wisata bernuansa sungai di Simo Boyolali ini menawarkan pesona sungai menjadi latarnya pada spot - spot foto yang kreatif. Kali Cemara secara resmi buka sejak bulan Juni lalu tahun 2017. Untuk masuk ke tempat wisata Boyolali ini terbilang murah. Dengan tarif hanya Rp. 2.000 untuk tiket parkir dan tidak ada tiket masuknya kamu bisa berfoto di beberapa spot yang disediakan.

Sejarah Wisata Kali Cemara Boyolali

Adalah Karang Taruna Ristansari Dukuh Tanjungsari RT 13 Desa Blagung, Simo, Boyolali yang menginisiasi dibukanya Tempat wisata Kali Cemara ini. Sungai yang juga dikenal dengan nama Kali Cemoro ini sebenarnya melintasi Kecamatan Simo dan Nogosari sekitar 16,2 KM pada titik Blagung RT 13 dinamakan "Kali Cemara".


Upaya pembersihan sungai dan pembuatan spot dimulai sekitar bulan Maret 2017, setelah dua bulan berjalan akhirnya Kali Cemara mulai dibuka untuk umum. Meskipun hingga saat ini Kali Cemara bermodalnya swadaya, areal wisata tersebut selalu ditingkatkan yang kini telah memiliki deretan spot foto seperti Tanggul Belanda, Kupu - kupu, 2 Gardu Pandang, Plang "Kali Cemara", papan - papan tulisan kekinian, tanaman gantung, pohon impian, sepeda klasik, hammock, dan ayunan.Disela - sela kamu mengambil foto, kamu juga bisa duduk - duduk atau jajan dulu di tempat - tempat yang telah disediakan.

Rute Menuju Wisata Kali Cemara Boyolali

Untuk menuju Kali Cemara hanya membutuhan waktu sekitar 40 menit dari pusat kota Boyolali. Rute yang dapat dilalui adalah Boyolali, Bangak, Sambi, dan Simo. Dari Tugu Macan Simo menuju arah Timur atau arah Andong sektiar 15 menit tepatnya di Jl. Simo - Kacangan KM.06 Dukuh Tanjungsari RT 13, Desa Blagung, Simo, Boyolali. Ancer - ancernya adalah masuk gang yang agak menurun selatan jalan sebelum Tugu Jam Ngeplang atau MIM Gebang. Di Tepi jalan sudah ada gapura dengan aksara Jawa "sugeng rawuh kali cemara". Tak perlu bingung karena sudah ada petanya di Google Map, blog kalicemara.blogspot.com, dan IG @kalicemara_.

Foto di Wisata Kali Cemara Boyolali

Wisata Kali Cemara Boyolali

Wisata Kali Cemara Boyolali

Wisata Kali Cemara Boyolali

Foto yang lain bisa di ambil di blog www.kalicemara.blogspot.com atau IG @kalicemara​_

Hadirnya Kali Cemara menambah jajaran wisata baru Boyolali. Yang patut diapresiasi adalah bagaimana pemuda - pemudi Ristansari bisa mewujudkan adanya suatu wisata. Lebih dari itu Kali Cemara dapat memberikan gambaran indahnya sungai jika dijaga kebersihanya.

Artikel ini merupakan kontribusi dari Karang Taruna Ristansari Boyolali