12 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Menarik Untuk Dikunjungi

shares |

12 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Menarik Untuk Dikunjungi, Tempat Wisata Terindah - Jawa tengah memang merupakan daerah yang memiliki segudang obyek wisata yang sangat menarik dan indah. Salah satunya adalah di Kabupaten Kebumen. Kabupaten Kebumen merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di ujung bagian selatan Pulau Jawa. Kabupaten Kebumen berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di sebelah utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap di sebelah Barat, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di sebelah timur serta berbatasan dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Karena berbatasan dengan laut ini aka ada beberapa daerah yang memiliki pantai dan beberapa diataranya memiliki pemandangan yang indah sehingga dikembangkan menjadi tempat wisata.

Kebumen memiliki kondisi dan tekstur tanah yang agak keras dan cuaca panas. Tetapi meskipun demikian, Kabupaten Kebumen banyak memiliki wisata alam yang indah. Tempat wisata di kebumen dan sekitarnya selalu menjadi tujuan wisata terutama saat liburan tiba. Selain wisata pantai, juga terdapat goa, gunung, waduk dan tempat wisata lainnya yang dapat anda kunjungi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 12 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Menarik Untuk Dikunjungi.

1. Pantai Ayah

Pantai Ayah merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Kebumen. Pantai Ayah memiliki nama lain Pantai Logending. Pantai Ayah banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pemandangnnya yang indah. Di pantai ayah ini pengunjung dapat menyewa perahu dan berkeliling di sekitar pantai sambil menikmati pemandangan air laut dan juga perbukitan di sekitar laut. Selain itu Pantai Ayah juga dijadikan sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan sehingga pada saat-saat tertentu akan dijumpai nelayan yang membawa ikan hasil dari melaut. Jika berminat pengunjung Pantai Ayah dapat membeli ikan-ikan dari nelayan ini. Lokasi Pantai Ayah adalah di Desa Ayah, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen dan hanya berjarak 53 km dari pusat Kota Kebumen.

2. Pantai Karangbolong

Selain Pantai Ayah, tempat wisata menarik di kebumen lainnya adalah Pantai Karangbolong. Dinamakan Karangbolong karena di obyek wisata di Kebumen berupa pantai ini terdapat sebuah karang yang berlubang atau bolong. Pantai Karangbolong memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dibanding wisata lainnya. Tebing karang di sekitar Pantai Karangbolong ini banyak disinggahi burung walet, sehingga warga sekitar banyak yang berburu sarang burung walet di sekitar pantai.

3. Pantai Menganti

Tempat wisata Pantai di Kebumen ini dapat anda tempuh dari kecamatan Gombong dengan jarak kurang lebih 40 km atau tepatnya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Di tempat ini, anda dapat menikmati pemandangan laut dengan udara sejuk dari atas mercusuar, yang ada di kawasan obyek wisata. Bagi anda yang takut dengan ketinggian yang mencapai 20 meter ini, jangan khawatir. Anda masih tetap bisa menikmati pemandangannya dari dasar atau tepian pantai. Yang tentunya tidak kalah indah dan mempesona.

4. Pantai Rowo di Lembupurwo

Tempat wisata di Kebumen ini memang tidak sepopuler pantai-pantai yang lainnya, seperti Pantai Ayah, Pantai Menganti dan Pantai Karang Bolong. Akan tetapi Pantai Rowo di Lembupurwo ini mempunyai pemandangan alam pantai yang juga sangat indah dan tak kalah menarik. Anda akan puas setelah mengunjunginya. Selain pemandangan yang indah berupa hamparan pasir hitam, di kawasan pantai di kebumen jawa tengah ini juga ada danau rawa serta pepohonan cemara yang rindang di sekitar pantai. Wisata pantai kebumen Pantai Rowo ini beralamat di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen.

5. Goa Jatijajar

Kabupaten Kebumen dilewati oleh pegunungan karst yang dinamakan Kawasan Karst Gombong Selatan. Hal ini menyebabkan di kawasan ini terbentuk beberapa goa yang menarik untuk dikunjungi. Goa yang terdapat di Kebumen ini salah satunya adalah Goa Jatijajar. Goa Jatijajar memiliki pemandangan yang eksotis yaitu berupa gugusan stalagtid dan stalagmit yang indah. Selain dapat melihat stalagtid, wisatawan juga dapat melihat adanya sendang atau mata air di dalam goa. Ada 4 mata air dalam Goa Jatijajar yaitu Sendang Mawar, Kantil, Jombor dan Sendang Puserbumi. Sendang Mawar dipercaya memiliki khasiat dapat membuat awet muda, sehingga banyak pengunjung yang menyempatkan untuk cuci muka di Sendang Mawar ini. Goa ini oleh masyarakat sekitar berhubungan dengan seorang tokoh legenda bernama Raden Kamandoko dalam cerita Lutung Kasarung. Hal itu kemudian divisualisasikan dalam sebuah diorama yang dibuat di dalam Goa jatijajar. Lokasi destinasi wisata di Kebumen Goa Jatijajar sendiri terdapat di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

6. Goa Barat

Tidak jauh dari lokasi wisata Kebumen Goa Jatijajar terdapat goa lain yang tak kalah unik yaitu Goa Barat. Pengunjung dari Goa Barat ini tidak sebanyak Goa Jatijajar karena pada dasarnya Goa Barat ini termasuk wisata adventure. Untuk menyusurinya diperlukan peralatan khusus dan harus didampingi oleh pemandu caving yang tersedia di lokasi Goa Barat. Untuk menyusuri goa ini tiap peserta dikenai biaya 30 ribu per orang dan akan mendapatkan seperti helm, sepatu, senter dll. Setelah memasuki mulut goa anda akan disuguhi dengan pemandangan goa yang sangat indah. Stagtid dan stalagmit yang kokoh berjajar sangat indah. Di dalam Goa Barat juga terdapat banyak sekali air terjun dengan berbagai ketinggian. Air terjun yang paling terkenal adalah yang paling deras yang oleh para petualang diberi nama superman's Big Sister.

7. Goa Petruk

Bagi anda yang suka dengan pemandangan goa, di Gombong selain Goa Jatijajar dan Goa Barat juga ada goa lain yang bisa anda kunjungi. Goa tersebut yaitu Goa Petruk. Keindahan dan keunikan dari tempat wisata di Kebumen ini adalah, goa  memiliki tiga lantai. Yang antara lain adalah Goa Dasar, Goa Hindu dan yang terakhir adalah Goa Petruk. Bagi anda yang ingin menelusuri goa ini sampai ujung, janganlah khawatir dan takut, karena di tempat wisata tersebut juga ada panitia pemandu, yang akan senantiasa mengantar anda. Alamat Wisata Kebumen Goa Petruk adalah di dukuh Mondoyono, Desa Candirengga, Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

8. Waduk Sempor

Kabupaten Kebumen memiliki dua waduk dengan pemandangan yang indah yaitu Waduk Sempor dan Waduk Wadaslintang. Wisata Kebumen Waduk Sempor terdapat di Desa Sempor Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Waduk ini memiliki pemandangan yang indah yaitu birunya air waduk serta pemandangan di sekeliling aduk berupa perbukitan yang hijau. Di dalam waduk sendiri anda dapat menyewa perahu yang dapat digunakan untuk berkeliling ke sekitar waduk.

9. Arung Jeram Padegolan

Tidak semua daerah memiliki wisata berupa arung jeram karena untuk membuat wisata ini diperlukan sungai dengan arus yang deras. Di Kabupaten Kebumen erdapat obyek wisata adventure berupa arung jeram yaitu Arung Jeram di Sungai Padegolan. Sungai Padegolan ini berada di hilir Waduk Wadaslintang. Sebagai titik awal arung jeram adalah di Desa Sendang Dalem Kecamatan Prembun dan berakhir di Bendungan Pajengkolan. Di sepanjang arus arung jeram anda dapat menyaksikan indahnya sungai padegolan dan deretan pepohonan di sepanjang sungai.

10. Gading Splash Water


Gading Splash Water merupakan tempat wisata keluarga di Kebumen yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi warga Kebumen dan sekitarnya. Gading Splash Water letaknya di pusat Kota Kebumen, tepatnya hanya 300 meter dari Alun-alun Kota Kebumen. Desain Kolam renang Gading Splash Water ini sangat artistik karena ada campuran antara budaya barat dan timur. Selain kolam renang, anda dan keluarga dapat menikmati berbagai amcam fsilitas pendukung dari cafe, minimarket, fitnes center dll.



11. Obyek Wisata Gunung Pranji

Tempat wisata di Kebumen ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati suasana romantisme di pegunungan bersama pasangan anda. Tempat Wisata Gunung Pranji ini terletak di desa Pengaringan dan Watulawang. Pemandangan gunung ini akan indah jika dilihat saat malam hari, ini karena anda akan disuguhkan dengan gemerlapnya bintang yang seolah mengelilingi kita. Selain itu, pantulan cahaya dari dasar gunung yang merupakan lampu dari rumah-rumah penduduk juga akan menambak eksotisme pemandangannya.


12. Benteng Van Der Wijk

Selain terkenal dengan Wisata alamnya, Kabupaten Kebumen juga terdapat sebuah wisata sejarah yaitu di Benteng Van Der Wijk. Benteng Van Der Wijk merupaka tempat yang sangat bersejarah karena merupakan peninggalan aman Kolonial Belanda. Nama Van Der Wijk diambil dari sebuah nama yang terdapat di pintu benteng. Kemungkina nama ini merupakan nama salah satu komandan yang memimpin Benteng Van Der Wijk pada masa itu. Benteng Van Der Wijk menjadi terkenal karena di lokasi ini pernah dijadikan sebagai lokasi film keren asal Indonesia yaitu The Raid 2 : Berandal. Jika anda pernah menonton film ,pastinya akan familiar dengan benteng ini. Ya, Benteng Van Der Wijk ini dijadikan lokasi pengambilan gambar saat adegan tawuran di dalam penjara.

Demikianlah 12 Tempat Wisata Di Kebumen Yang Menarik Untuk Dikunjungi. Perlu kami ingatkan bahwa Kabupaten Kebumen tidak hanya memiliki 12 obyek wisata diatas, namun ada banyak obyek wisata lainnya yang juga layak untuk dikunjungi. Semoga informasi di atas bisa membantu menambah referensi tempat wisata anda bersama keluarga. Jangan lupa apabila berkunjung ke Kebumen untuk menyempatkan membeli Oleh-Oleh Khas Kebumen yaitu berupa Jenang sabum, lanthing, sale pisang dll. Selamat berlibur dan semoga liburan anda menyenangkan.

Baca Tempat Wisata di Sekitar Kebumen Berikut :
12 Tempat Wisata di Dieng Paling Menarik
12 Tempat Wisata di Jawa Tengah Paling Diminati

Wisata Yang Berhubungan