Jumat, 07 Agustus 2015

Kawah Sikidang Dieng Wonosobo, Wisata Unggulan di Dieng

Kawah Sikidang Dieng Wonosobo, Wisata Unggulan di Dieng, Tempat Wisata Terindah - Ada berbagai macam tempat wisata di Kawasan Dataran TInggi Dieng. Salah satu obyek wisata di Dieng yang banyak diminati oleh para wisatawan adalah Kawah Sikidang. Bersama dengan Candi Arjuna dan Telaga warna, Kawah Sikidang Wonosobo ini menjadi Destinasi wisata unggulan di Dieng Plateau. Kawah Sikidang merupakan cekungan berisi kawah yang timbul karena aktivitas Gunung Berapi di Dataran TInggi Dieng. Lokasi dari kawah Sikidang ini berada di tanah yang lumayan datar, sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan asap yang keluar dari Kawah Sikidang ini. Hal ini lah yang kemudian menarik perhatian dari para pengunjung karena dapat melihat secara langsung fenomena aneh yang tidak mungkin dapat disaksikan di daerah lain.

Namun perlu diingat bahwa seperti pada kawah-kawah yang lain, Kawah Sikidang ini mengandung kandungan belerang yang tinggi sehingga gah yang keluar juga mengandung belerang sehingga sangat beracun dan dapat berbahaya bagi kesehatan. Untuk tujuan keamanan bagi pengunjung di sekitar kawah Sikidang sudah dibangun pagar yang terbuat dari kayu, yang fungsinya sebagai pembatas agar tidak ada pengunjung yang tercebur dalam kawah atau terkena dampak dari gas beracun Kawah Sikidang. Sebagai tindakan pencegahan sebaiknya anda tidak berada melewati batas pagar kayu serta selalu gunakan masker pelindung hidung yang banyak dijual di sekitar parkiran Kawasan Wisata Kawah Sikidang Dieng.


Kawah Sikidang Dieng Wonosobo


Keistimewaan Kawah Sikidang Dieng

Seperti telah disinggung diatas bahwa keistimewaah kawah sikidang adalah lokasinya yag terletak di sebuah tanah yang datar sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas adanya letupan di permukaan kawah serta adanya gas yang meuncul dari Kawah Sikidang ini. Biasanya kawah dari sebuah gunung terletak di puncak gunung sehingga menyulitkan dalam mencapainya. itu pun kadang kawah yang ada terletak jauh di kedalaman kubah sehingga tidak mudah untuk melihatnya.
Di Kawasan Kawah Sikidang Wonosobo ini sebenarnya tidak hanya terdapat satu kawah saja. Kawah SIkidang adalah kawah yang paling jelas terlihat di kawasan itu. Di sekitarnya terdapat beberapa kawah yang bentuknya hanya kecil serta terdapat beberapa kawah yang sudah mati. kawah kawah yang kecil ini selalu berpindah pindah seperti kidang (kijang). Makanya Kawah ini dinamakan warga sekitar dengan Kawah Sikidang. Namun ada juga versi lain yang menceritakan tentang asal usul Kawah Sikidang yaitu Legenda Kawah Sikidang yang kemudian berhubungan dengan kondisi anak-anak di Dieng yang sering terdapat anak yang memiliki rambut gimbal.

Di sekitar Kawah Sikidang juga terdapat dua kawah lainnya yang juga dijadikan sebagai tempat wisata. Temmpat wisata berupa kawah yang terletak di sekitar kawah Sikidang adalah kawah Sileri dan kawah Candradimuka.

Lokasi Kawah Sikidang Dieng

Kawah SIkidang termasuk dalam kawasan wisata Dieng Plateau yang secara administratif termasuk dalam Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Harga TIket Masuk Kawah Sikidang Dieng

Untuk memasuki lokasi obyek wisata Kawah Sikidang DIeng ini maka anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 6000,-.



Demikian tadi adalah informasi seputar Kawah Sikidang Dieng Wonosobo yang merupakan Wisata Unggulan di Dieng Wonosobo Jawa Tengah. Kunjungi terus blog kami dan dapatkan Informasi 12 Tempat Wisata di Kawasan Dieng yang Indah.