Rabu, 01 Juli 2015

Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta yang Indah

Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta yang Indah, Tempat Wisata Terindah - Bicara tentang pariwisata di Kulon Progo Yogyakarta maka tak bisa dilepaskan dari Waduk Sermo yang sangat terkenal ini. Seperti bangunan waduk pada umumnya, Waduk Sermo ini dibangun untuk tujuan penyediaan air bersih dan irigasi. Namun karena memiliki pemandangan yang indah maka sekaligus dapat pula dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang potensial. Para wisatawan dapat menikmati keindahan waduk Sermo serta dapat berkeliling waduk dengan menggunakan perahu wisata serta dapat pula memancing ikan di waduk bagi yang hobi memancing.

Selain bagus untuk obyek wisata saat liburan, Waduk Sermo juga sangat bagus untuk wisata pendidikan. Dalam hal ini dapat digunakan oleh para akademisi untuk belajar tentang berbagai hal terkait waduk Sermo baik dari aspek teknis bangunan, geologi, sosial, dll. Waduk Sermo memang sering dijadikan sebagai lokasi field trip atau study banding para mahasiswa terutama yang ingin mempelajari teknis pembangunan Waduk Sermo ini.


Lokasi Waduk Sermo Yogyakarta

Waduk sermo ini terletak di Desa Hargowillis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempat Waduk Sermo ini dari pusat kota Yogyakarta berjarak sekitar 32 kilometer.

Sejarah Pembangunan Waduk Sermo

Waduk Sermo dibangun pada masa Pemerintahan Presiden Soeharto atau pada masa orde baru. Waduk Sermo dibangun dengan membendung Kali Ngrancah dengan biaya pembangunan sekitar 22 M dan diperlukan waktu pembangunan sekitar 2 tahun 8 bulan. Lokasi awal sebelum dibangunwaduk adalah berupa lahan pertanian dan pemukiman penduduk, sehingga pada saat pembangunan, Pemerintah memfasilitasi warga yang bertempat tinggal di lokas pembangunan Waduk Sermo untuk transmigrasi Bedol Desa. pada waktu itu sejumlah 100 Kepala Keluarga ditransmigrasikan ke Tak Toi Bengkulu dan 7 KK ditransmigrasikan ke Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Kelapa Sawit Riau. Tujuan pembangunan waduk ini adalah untuk suplesi sistem irigasi daerah Kalibawang yang memiliki cakupan areal seluas 7.152 Ha. Sistem irigasi tersebut merupakan interkoneksi dari beberapa daerah irigasi. Pada tanggal 20 November 1996 pembangunan Wisata Waduk Sermo Kulon Progo Yogyakarta yang Indah telah selesai dibangun dan diresmikan oleh Presiden Soeharto.
Link Terkain Waduk Sermo yang sangat bermanfaat :
Tempat Wisata di Kulon Progo
Tempat Wisata di Provinsi DIY