Sabtu, 27 Juni 2015

12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta

12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta, Tempat Wisata terindah - Kulon Progo merupakan nama sebuah kabupaten di Provinsi Yogyakarta. Letak Kabupaten ini adalah sebelah barat Kota Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta memiliki ibu kota di Wates. Kabupaten ini memiliki batas dengan  Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudera Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara. Ada beberapa destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Kulon Progo ini. Dalam artikel ini kami akan mencoba membahas hanya 12 tempat wisata di Kulon Progo Yogyakarta yang tentunya sangat menarik dan dapat dijadikan salah satu tujuan wisata ketika musim liburan mendatang. Berikut adalah 12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta.

12 Wisata Kulon Progo Yogyakarta Paling Menarik

1. Pantai Glagah

Pantai Glagah


Obyek wisata di Kabupaten Kulon Progo yang menjadi sudah terkenal adalah Obyek wisata Pantai Glagah. Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia yang terdapat di Kulon Progo. Lokasi pantai ini adalah sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta atau jika dari Kota Wates jaraknya 15 km. Wisata pantai di Kulon Progo ini sangat potensial sekali untuk dikembangkan lebih lanjut. Pantai Glagah ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan baik mancanegara maupun lokal terutama saat musim liburan tiba.

2. Pantai Trisik

Pantai Trisik


Pantai Trisik di Kulon Progo merupakan pantai yang terkenal dengan pemandangan alamnya berupa hamparan pantai yang luas dengan pasirnya berwarna hitam. Pantai Trisik ini dibatasi oleh muara Sungai Progo, salah satu sungai besar yang ada di Yogyakarta. Di Pantai ini terdapat banyak perahu milik nelayan, karena sejak dulu di pantai ini dijadikan sebagai transit perahu nelayan warga setempat. Pada saat-saat tertentu anda dapat menyaksikan secara langsung aktivitas dari para nelayan ini.

3. Pantai Congot

Pantai Congot


Tempat wisata di Kulon Progo selanjutnya adalah Pantai Congot. Pantai Congot ini letaknya berdampingan dengan Pantai Glagah, sehingga apabila anda sudah sampai di Pantai Glagah alangkah baiknya anda juga sekalian pergi berkunjung ke Pantai Congot ini. Pantai Congot berlokasi di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Salah satu hal yang mencolok dari Pantai Congot adalah di pantai ini merupakan pusat kegiatan para nelayan dari warga setempat. Jadi di pantai ini anda dapat dengan mudah menjumpai nelayan yang sedang membenahi perahu, menjahit jaring, dll. Nuansa perkampungan nelayan ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Congot ini.

4. Waduk Sermo

Waduk Sermo


Waduk Sermo merupakan salah satu wisata kebanggaan warga Kulon Progo Yogyakarta. Waduk Sermo Kulon Progo berada di atas sebuah perbukitan yang berada di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo Yogyakarta. Waduk ini memiliki pemandangan yang sangat indah serta udara yang sejuk sehingga sangat menarik wisatawan untuk datang mengunjunginya. Waduk Sermo ini sebenarnya dibangaun dengan tujuan utama untuk mendukung usaha pertanian di Kabupaten Kulon Progo. Obyek wisata Waduk di Kulon Progo ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996. Karena memiliki pemandangan yang indah Waduk Sermo kemudian dikembangkan sebagai obyek pariwisata yang menarik.

5. Air terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu


Nama Air Terjun Grojogan Sewu ternyata tidak hanya terdapat di Kabupaten Kranganyar Jawa Tengah, ternyata di Kulon Progo juga terdapat air terjun dengan nama yang sama. Air Terjun Gorjogan Sewu di Kulon Progo terdapat di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata Air terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini dapat dokategorikan masih sepi pengunjung, karena memang baru dikembangkan secara serius sebagai obyek wisata sekitar tahun 2013. Destinasi Wisata ini memiliki pemandangan air terjun yang sangat indah dan menawan sehingga cocok untuk mengisi liburan akhir pekan anda bersama kawan.

6. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo


Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh yang terdapat di Kulon Progo Yogyakarta. Tempat ini terkenal dengan pemandangannya yang indah serta adanya beberapa pertapan yang bersejarah. Dari puncak Suroloyo ini anda dapat melihat Candi Borobudur dari atas bukit. Di Puncak Suroloyo di Kulon Progo ini terdapat 3 buat pertapan yaitu Pertapaan Suroloyo, Pertapan Sariloyo dan Pertapan Kaendran. Keberadaan PuncakSuroloyo ini tak lepas dari sebuah kisah yang menyyelimutinya. Kisah ini beraal dari tulisan Ngabehi Yosodipuro dalam kitabnya Cabolek. Dalam kisah ini mengisahkan Mas Rangsang yang merupakan putra mahkota Kerajaan Mataram Islam yang menerima wangsit apabila ingin menguasai Tanah Jawa maka dirinya harus mau menempuh perjalanan dari KEraton Mataram ke arah barat sejauh 40 km. Dalam perjalannya tersebut Raden as Rangsang sampai di Perbukitan Menoreh. Karena kelelahan beliau pingsan di suatu tempat di puncak Bukit Menoreh. Dalam pingsannya Raden Mas Rangsang menerima wangsit lagi agar melakukan tapa atau semedi di tempat ia pingsan tersebut. Tempat pingsan ini berada di Puncak Suralaya yang kemudian dibangun pertapan ini. Sedangkan Raden Mas Rangsang sendiri di kemudian hari menjadi Raja Mataram dan diberi gelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Dalam masa pemerintahannya Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaan.

7. Hutan Wisata Kalibiru

Hutan Wisata Kalibiru


Tempat WIsata unggulan Kulon Progo selanjutnya adalah Hutan Wisata Kalibiru. Hutan Wisata Kalibiru merupakan sebuah wisata alam yang terdapat di Perbukitan Menreh Kabupaten Kulon Progo. Di Wisata alam Kalibiru ini pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah atau melakukan beberapa aktivitas outbound yang menyenangkan. Pemandangan yang paling menarik tentunya di salah satu spot dimana kita dapat melihat Waduk Sermo dari kejauhan. Wisata Kalibiru dibuka sekitar tahun 2008 dan konon katanya awalnya dibuka secara swadaya oleh penduduk desa setempat.

8. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo


Wisata Goa Kiskendo Kabupaten Kulon Progo menawarkan pemandangan alam yang sangat menawan berupa stalagtit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa yang membentuk gugusan yang sangat indah. Goa Kiskendo terdapat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Ada cerita menarik di balik keberadaan Goa Kiskendo ini, dimana menurut mitos yang dipercaya masyarakat, Goa ini merupakan tempat pertempuran antara Maesosuro-Lemusuro melawan Sugriwo-Subali, dimana kisah pertempuran ini diceritakan dalam dinding goa berupa relief.

9. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo


Bukan Puncak Bogor saja yang memiliki kebun teh, ternyata Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta juga terdapat kebun teh dengan pemandangan alam yang sangat menawan. Kebun teh di Kulon Progo ini bernama kebun teh Nglinggo. Kebun teh ini terdapat di Dusun Nglinggo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Pada saat liburan banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini untuk menikmati hamparan perkebunan teh yang berwarna hijau yang indah.

10. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo


Air Terjun Sidoharjo merupakan salah satu wisata alam di Kulon Progo yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi para wisatawan.  Air terjun Sidoharjo terletak di Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Air Terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 m, cukup lumayan bukan ?Adanya bunga-bunga liar yang tumbuh di sekitar air terjun akan menambah keelokan alam Air terjun Sidoharjo ini. Pada saat-saat tertentu anda juga akan dapat menyaksikan adanya kera ekor panjang yang sedang berkunjung di sekitar air terjun.

11. Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center


Dilihat dari namanya, Wildlife Rescue Center merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menampung dan menyelamatkan beberapa satwa liar yang hampir punah. Wildlife Rescue Center dahulu bernama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ) dan sampai sekarang masyarakat setempat masih familiar dengan nama yang lama tersebut. Koleksi hewan yang dipelihara di Wildlife Rescue Center ini kebanyakan adalah orangutan yang saat ini keberadaannya sangat memprihatinkan. Wildlife Rescue Center sangat cocok digunakan sebagai wisata pendidikan, apalagi di tempat ini juga sudah disediakan fasilitas seminar, pelatihan outbond, eco-wisata serta akomodasi.

12. Waduk Mini Kleco

Waduk Mini Kleco


Waduk Mini Kleco di Kulon Progo merupakan salah satu tempat wisata alternatif yang ada di Kulon Progo Yogyakarta. Waduk ini terletak di dusun ngesong, desa giripurwo, girimulyo kulonprogo yogyakarta. Bentuknya memang tidak besar, tidak seperti Waduk Sermo, namun pemandangan di sekitar Waduk Mini Kleco ini terbilang sangat indah. Wisata alam yang kecil ini dapat dijadikan sebagai pengisi liburan akhir pekan bersama teman atau keluarga anda. Yang pasti jika anda jeli anda dapat mendapatkan spot yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai background foto anda. Oh ya, karena memang belum banyak pengunjung, di lokasi Waduk Mini Kleco ini belum banyak warung yang menjajakan makanan, sehingga alangkah baiknya jika anda ingin berkunjung kesana, anda bawa bekal terlebih dahulu.
Baca juga Info Obyek wisata menarik lainnya :
Tempat wisata menarik di Yogyakarta

Demikian tadi 12 Obyek Wisata Menarik di Kulon Progo Yogyakarta. Beberapa wisata di Kulon Progo diatas sudah sangat terkenal di Yogyakarta sehingga banyak paket wisata di Yogyakarta yang memasukkan temat wisata di Kulon Progo sebagai salah satu destinasi wisata.