Kamis, 11 Juni 2015

Wisata Pantai Parangkusumo Bantul yang Penuh Mistis

Wisata Pantai Paranngkusumo Bantul yang Penuh Mistis, Tempat Wisata Terindah - Pantai Parangkusumo merupakan sebuah pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul Provinsi DIY dan masih dalam satu deretan dengan Pantai Parangtritis. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta pantai ini berjarak sekitar tiga puluh kilometer. Pantai ini berhubungan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang deras, sehingga bagi pengunjung harus berhati-hati. Selain ombaknya yang deras, pantai ini juga memiliki daya tarik lain berupa hamparan pasir putih yang luas serta keunikan budayanya, yang ditunjukkan dengan adanya penyelenggaraan ritual khusus pada waktu-waktu tertentu.

 Wisata Pantai Parangkusumo Bantul

Wisata Pantai Parangkusumo Bantul



Cerita Mistis Pantai Parangkusumo

Ada cerita yang berkembang di Pantai Parangkusumo, yaitu seputar Batu Cinta yang terdapat di pantai tersebut. Batu Cinta yang ada di Pantai Parangkusumo ini terdapat dalam sebuah bangunan yang bernama Cepuri. Dua buah batu ini menurut mitos yang beredar di masyarakat meruoakan tempat bertemunya Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Ratu Kidul. Dalam pertemuan itu Panembahan Senopati memohon kepada Ratu Kidul untuk dapat memerintah Mataram. Ratu Kidul menyanggupi, namun syaratnya Panembahan Senopati dan keturunannya harus menjadi suaminya. Panebahan Senopati pun menyetujui, asalkan dalam hubungan itu tidak akan menghasilkan anak. Dan memang fakta sejarah membuktikan Panembahan Senopati dapat memerintah Mataram dan menjadikan Mataram sebagai oenguasa di Tanah Jawa serta disegani oleh kerajaan disekitarnya.

Mitos di Pantai Parangkusumo

Keberhasilan Panembahan Senopati dalam bersemedi di Pantai Parangkusumo kemudian menginspirasi masyarakat umum. Mereka percaya kalau mau tirakat di Pantai Parangkusumo maka semua keinginannya dapat terkabul. Oleh karena itu tak heran pada saat-saat tertentu di batu Cinta ini banyak orang yang memanjatkan doa untuk memohon permintaan dengan berbagai macam cara.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangkusumo

Tiket masuk yang berlaku di Pantai Parankusumo adalah tiket retribusi di gerbang depan. Tiket ini sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Parangtritis karena memang kedua pantai ini masih dalam satu kawasan.
Tiket masuk Rp. 3.000,- per orang
    Tarif masuk motor Rp.1.000,-
    Tarif masuk mobil Rp.5.000,-
    Tarif parkir motor Rp. 2.000,-
    Tarif parkir mobil Rp. 5.000,-
    Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- per 15 menit
    Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- per 1 kali putaran

Demikian tadi sekilas tentang Wisata Pantai Parangkusumo Bantul yang Penuh Mistis. Pastikan anda berkunjung ke pantai ini saat pergi berwisata ke Yogyakarta.

Link terkait yang bermanfaat :
Info Wisata Pantai Parangtritis
12 Tempat Wisata di Kabupaten Bantul Yogyakarta
Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta Lengkap