Selasa, 10 Februari 2015

Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Tempat Wisata Terindah – Pulau Merah merupakan sebuah pantai dan menjadi salah satu objek pariwisata favorit yang banyak di kunjungi wisatawan diseluruh belahan dunia. Pantai ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai tersebut juga terkenal karena adanya sebuah bukit kecil berwarna hijau dengan tanahnya yang berwarna merah yang terletak di dekat pantai bibir. Bukit tersebut bisa menjadi jajakan favorit oleh para wisatawan ketika air laut tengah surut. Di bukit tersebut juga terdapat sebuah Pura yang sengaja di bangun untuk tempat ibadah para warga masyarakat yang beragama Hindu.



Biasanya mereka akan melakukan sebuah upacara khusus yaitu upacara Mekiyis. Kawasan wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi di kelola oleh anggota Perum Perhutani Unit II di Provinsi Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan. Abdullah Azwar Anas selaku Bupati di daerah Banyuwangi banyak mencurahkan  perhatian penuh kepada pengembangan di wilayah wisata tersebut.

 Contoh perhatian yang di berikan Bapak Bupati tersebut adalah memperbaiki setiap akses jalan yang di gunakan menuju ke lokasi pariwisata di Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Tak hanya itu bentuk perhatian yang dicurahkan, di tahun 2012 silam, Pemerintah Kabupaten sudah memperkenalkan Pantai Pulau Merah ke seluruh belahan dunia dengan cara menyelenggarakan kompetisi lomba balap dengan menggunakan sepeda, dimana kompetisi lomba tersebut dinamakan “Banyuwangi Tour de Ijen”. Sebelum diadakannya ajang kompetisi balap sepeda tersebut, akses jalan menuju ke lokasi pariwisata pantai ini sangatlah rusak berat. Banyak jalan berbatu dan curam yang cukup membahayakan untuk di lewati para pengunjung yang hendak singgah. Nama dari Pulau Merah sendiri tersebut tertuju kepada senuah bukit mungil yang berada di sekitar tepian pantai. Bukit tersebut mempunyai tinggi mencapai 200 m.

Bukit tersebut mempunyai ciri khas khusus yaitu warna merah pada tanahnya dan di tutupi dengan banyak varietas vegetasi hijau yang menyebabkan tanah merah pada bukit tersebut tidak terlalu tampak. Bukit ini biasa di akses  oleh pemerintah kepada para pengunjung pada saat air surut. Pantai Pulau Merah Banyuwangi memiliki pasir yang berwarna putih dan ombak lautnya pun juga tidak terlalu tinggi, sehingga pantai ini sangat cocok menjadi referensi bagi anda sekeluarga, karena juga tidak berbahaya apabila anak – anak anda ingin berenang di hamparan air pantai ini. Banyak para wisatawan asing dari mancanegara yang berkunjung ke pantai ini, seperti turis dari negara Australia, Germany dan Perancis. Biasanya mereka akan melakukan surfing, sebab ombak di Pantai Pulau Merah ini juga cukup menantang. Jro Made Supatra Karang selaku Presiden Asosiasi Selancar di Indonesia ( INSA ) menyatakan bahwa panorama alam dan ombak laut di wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi adalah salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia.

Dirinya juga mengungkapkan kekagumannya terhadap pemandangan di pantai tersebut, pertama kali datang ke tempat ini, matanya sudah di takjubkan oleh keindahan pasir putih dan warna hijau kebiruan dari air laut yang bersih. Hal ini harus selalu di jaga dan diperhatikan kelestarian da kebersihan lingkungannya, agar semakin banyak lagi para wisatawan asing yang berkunjung ke wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi.