Rabu, 11 Februari 2015

Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi yang Menakjubkan

Wisata Kawah Ijen di Banyuwangi yang Menakjubkan, Tempat Wisata Terindah – Kawah Ijen merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata keindahan alam di Indoneisa yang pesonanya sangat luar biasa dan banyak memikat para wisatawan lokal maupun asing yang ada di Indonesia untuk datang berkunjung ke tempat ini. Di Wisata Kawah Ijen anda bisa melihat sebuah danau dengan kawah yang luas dan menakjubkan, sebab pada malam hari anda bisa menyaksikan kobaran api yang berwarna biru.
Gambar Pemandangan Kawah Ijen Malam Hari
Gambar Pemandangan Kawah Ijen Malam Hari

Tak hanya sebagai tempat wisata alam yang di gunakan untuk naik gunung, Kawah Ijen di Banyuwangi juga dijadikan tempat untuk penambangan belerang yang masih di lakukan dengan cara tradisional yang banyak hilir mudik di kawasan wisata kawah yang pernah meletus dan sampai saat ini statusnya masih aktif. Gunung Ijen terletak di daerah Wisata Cagar Alam Taman Wisata di Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo Provinsi Jawa Timur. Gunung ini terletak 2.400 m di atas permukaan air laut yang mana puncaknya adalah jajaran dari gunung berapi yang ada di Jawa Timur yaitu, Gunung Bromo, Gunung Merapi dan Gunung Semeru.

 Kawah Ijen di Jawa Timur adalah tempat penambangan belerang yang paling besar yanga da di Jawa Timur dan mereka melakukan penambangan dengan cari tradisional. Ijen mempunyai sumber sublimat belerang yang bagaikan tak pernah habis meskipun dilakukan penambangan setiap hari dan berulang kali untuk di manfaatkan sebagai keperluan untuk industri kimia, penjernih gula dan masih banyak yang lainnya. Kawah Ijen adalah satu salah satu kawah terasam terbesar di dunia dan terdapat dinding kaldera yang tingginya mencapai 300 – 500 m dan luas dari kawahnya 5.548 ha. Kawah kaldera yang berada di tengah adalah kawah paling luas yang terdapat di Pulau Jawa dengan ukuran mencapai 20 km.

Gambar Kawah Ijen di Banyuwangi
Gambar Kawah Ijen di Banyuwangi
Ukuran kawah  Ijen mencapai 950 m x 650 m. Kawah ini berada di kedalaman lebih dari 300 m di bawah dinding kaldera. Panorama dari Tempat Wisata Kawah Ijen sangat menakjubkan dan mempesona terlebih saat terkena sinar matahari pagi, kawah ijen akan memancarkan kilauan warna hijau tosca. Untuk bisa sampai di Obyek wisata Kawah Ijen di malam hari untuk menyaksikan kobaran biru api yang sangat luar biasa menakjubkan mata anda bisa menyewa seorang pemandu yang sudah berpengalaman. Mereka akan menunjukan anda jalan pijakan yang tidak berbatu dan tempat yang tepat dan bagus yang di gunakan untuk berfoto. Jangan lupa untuk membawa masker penutup hidung sebab di tempat ini akan banyak asap yang tersapu ke arah jalur penurunan.
Jika mata anda dimasuki asap belerang dan menyebabkan mata terasa perih, usahakanlah untuk tidak mengusap mata karena hal tersebut justru akan menyebabkan iritasi walaupun tidak terlalu berbahaya. Biarkan untuk beberapa saat sambil menghindar di balik bbebatuan besar.
Untuk kuliner,  di objek wisata Kawah Ijen Banyuwangi banyak menyediakan makanan khas indonesia yang banyak di jual di warung – warung di sekitar kawasan kawah ijen. Seperti sebuah warung yang terdapat di depan stadiun Diponegoro daerah Banyuwangi yang menyediakan Rujak Soto yaitu perpaduan antara soto babat dan rujak cingur. Anda juga bisa memesan nasi tempong khas Banyuwangi, Dodol tape dan masih banyak lagi kuliner unik yang bisa anda temukan di kawasan wisata Kawah Ijen.