Senin, 19 Januari 2015

Kebun Raya Bogor, Cocok Untuk Wisata Pendidikan

Kebun Raya Bogor, Cocok Untuk Wisata Pendidikan, Tempat Wisata Terindah - Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun botani yang besar yang  terletak di Kota Bogor. Kebun Raya Bogor memiliki luas lahan sekitar 87 ha dengan memiliki koleksi berupa tanaman sekitar 15.000 jenis. Kompleks Kebun Raya Bogor selalu dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dunia. Sebagian pengunjung hanya sekeda ringin menyaksikan berbagai koleksi di Kebun Raya Bogor, sebagian lainnya untuk tujuan penelitian dan akademis. Didalam kompleks Kebun Raya Bogor terdapat beberapa museum yang berhubungan dengan pendidikan, seperti Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan lain-lain. Oleh sebab itu Kebun Raya Bogor banyak dikujungi oleh rombongandari sekolah yang ingin study tour karena memang sangat bagus untuk mengenalkan pada para siswa tentang tumbuh-tumbuhan yang sebagian sudah sangat langka. Alamat Kebun Raya Bogor berada di Alamat: Jalan Ir. Haji Juanda No.13, 16122, Indonesia, Telepon: +62 251 8322187.

Sejarah Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor awalnya merupakan sebuah hutan buatan yang sudah ada sejak pemerintahan Prabu Siliwangi kerajaan Sunda seperti halnya yang sudah diceritakan dalam Prasasti Batu Tulis.  Selanjutnya pada awal tahun 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang telah mendiami Istana Bogor dan juga memiliki minat besar dalam botani, sehingga telah tertarik untuk mengembangkan halaman istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik.( Baca : Tempat Wisata di Bogor )

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah Rp15.000,00 per orang. Harga tiket ini sudah termasuk bea masuk museum zoologi kebun raya bogor, sehingga bagi Anda yang telah membeli tiket Kebun Raya Bogor digratiskan untuk menikmati koleksi museum zoologi kebun raya bogor. Namun, jika wisatawan sekedar ingin mengunjungi Museum Zoologi (tidak mengunjungi kebun raya secara keseluruhan), pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk museum sebesar Rp1.500,00 per orang. Selain tiket masuk, pelancong yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tambahan parkir sebesar Rp5.000 untuk setiap kendaraan.

Apabila anda berkunjung ke Kebun Raya Bogor, anda dapat keliling ke Kebun Raya Bogor menggunakan kendaraan khusus yang disediakan. Namun ada tarifnya tersendiri ya. Dalam perjalanan keliling ini anda akan menyaksikan berbagai keistimewaan dan keunikan yang ada di Kebun Raya Bogor. Diantara pemandangan yang istimewa ini adalah pengunjung dapat melihat Istana Bogor yang halamannya penuh dengan rumput hijau dan ratusan Rusa. Rusa rusa ini dibudidayakan secara khusus, sehingga dapat menambah keindahan Istana Bogor. Di Kebun Raya Bogor anda dapat menyaksikan tanaman bunga yang sangat fenomenal, yaitu bunga Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai. Naun sayang, bunga ini tidak setiap saat mekar. Hanya waktu waktu tertentu saja bunga ini mekar, sehingga banyak pengunjung yang kecewa.

Selanjutnya terkait dengan pengembangan koleksi tanaman yang sesuai dengan iklim di Indonesia, untuk Kebun Raya Bogor ini telah membangun beberapa cabang kebun raya lainnya, diantaranya adalah :
Kebun Raya Cibodas yang berada di Jawa Barat. Dan untuk luasnya pun juga sekitar 120 hektar yang berada pada ketinggian 1400 mdpl. Kebun ini telah didirikan oleh Johannes Elias Teijsmann pada tahun 1866. Selain itu, kebun raya ini juga mempunyai koleksi tanaman khas dataran tinggi beriklim basah untuk daerah tropis dan juga sub-tropis. Sedangkan pada tahun 1891 Kebun ini telah dilengkapi dengan laboratorium untuk Penelitian flora dan juga fauna.

Kebun Raya Purwodadi yang terletak di Jawa Timur. Sedangkan luasnya sekitar 85 hektar dengan berada pada ketinggian 250 mdpl. Kebon raya purwodadi ini telah didirikan oleh Van Sloten tahun 1941. Selain itu juga mempunyai koleksi tanaman khas dataran rendah yang beriklim kering untuk daerah tropis.

Kebun Raya Eka Karya Bedugul-Bali yang telah didirikan tahun 1959 oleh Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo. Untuk luasnya 159,4 hektar berada pada ketinggian 1400 mdpl, juga mempunyai koleksi tanaman khas dataran tinggi yang beriklim kering.

Gambar Kebun Raya Bogor

 
Foto Lokasi Kebun Raya Bogor yang Luas
Foto Lokasi Kebun Raya Bogor yang Luas

Foto Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor
Foto Bunga Bangkai di Kebun Raya Bogor

Peta Kebun Raya Bogor
Peta Kebun Raya Bogor

Demikianlah ulasan tentang Tempat Wisata Kebun Raya Bogor Jawa Barat (Baca : Tempat Wisata Daerah Jawa Barat ).