Selasa, 02 Mei 2023

Wisata Ziarah ke Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah Dengan Pemandangan Gunung Muria yang Indah

Ziarah ke Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Di Kabupaten Kudus Jawa Tengah ada dua buah makam Walisongo yang sangat terkenal, yaitu Makam Sunan Kudus dan Makam Sunan Muria. Kedua makam ini banyak dikunjungi oleh masyarakat baik warga Kudus sendiri maupun masyarakat diluar Kudus. Makam Sunan Muria setiap harinya banyak dikunjungi oleh para peziarah. Namun akan lebih ramai lagi pada hari Kamis Wage karena pada hari itu dipercaya sebagai hari neton Sunan Muria. Makam Sunan Muria merupakan makam yang cukup unik karena berlokasi di lereng Gunung Muria. Akses ke lokasi makam lumayan berat karena berada di puncak sebuah bukut. Untuk sampai ke lokasi makam, anda harus menempuh perjalanan yang naik turun. Namun  anda jangan khawatir karena disini banyak sekali ojek yang siap mengantarkan anda ke lokasi Makam. Biaya ojek di Makam Sunan Muria tidak lah mahal, yaitu sekitar Rp. 8000 sekali jalan, itu sudah diantar sampai ke lokasi Makam.
Update Mei 2023 : Saat ini tarif ojek menuju Makam Sunan Muria sebesar Rp. 20.000,-

Lokasi Makam Sunan Muria di Kudus

Makam Sunan Muria terletak di lereng Gunung Muria di Kabupaten Kudus Jawa Tengah atau tepatnya beralamat di Desa Colo Kecamatan Dawe Kab. Kudus. Dari Terminal Kudus, anda dapat naik angkutan kota yang langsung menuju ke Muria, yaitu jurusan Colo.

Sejarah Makam Sunan Muria di Kudus

Nama asli dari Sunan Muria adalah Raden Umar Said atau Raden Said. Menurut beberapa riwayat, Raden Said adalah putra dari Sunan Kalijaga hasil pernikahan beliau dengan Dewi Soejinah, putri Sunan Ngandung. Raden Said dikenal sebagai Sunan Muria karena beliau dimakamkan di Gunung Muria, yaitu sebuah gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Kudus, Jepara dan Pati. Sunan Muria merupakan salah satu penyebar agama Uslam di Pulau Jawa bersama sembilan Sunan lainnya yang lebih dikenal dengan sebutan Walisongo.

Agrowisata Makam Sunan Muria di Kudus

Di sekitar Makam Sunan Muria, anda juga dapat menikmati berbagai produk asli dari warga sekitar, yaitu misalnya kopi, pisang byar, jeruk pamelo, rambutan, durian dll. Namun produk yang bisa dibilang unik adalah buah parijoto. Parijoto merupakan buah asli Gunung Muria. Masyarakat setempat percaya bahwa seorang ibu yang sedang mengandung apabila memakan buah parijoto maka anak yang dilahirkan akan apabila perempuan maka akan menjadi cantik dan apabila laki-laki maka akan memiliki wajah yang tampan. Cantik dan tampan ini masih simpang siur apakah dalam arti fisik maupun perangainya. Ya, namanya juga mitos yang berkembang di masyarakat, khususnya di seputar Makam Sunan Muria. Saat ini buah parijoto dapat dinikmati langsung dalam bentuk buah segar ataupun dapat dinikmati menjadi sirup parijoto yang banyak ditemui di warung- warung sekitar Makam Sunan Muria.

gambar buah parijoto
Buah Parijoto


Selain itu anda juga menikmati sajian Wisata Kuliner yang sangat menarik, yaitu pecel pakis Colo. Pakis merupakan tanaman khas pegunungan yang dimanfaatkan oleh warga sekitar menjadi masakan yang enak.

Tarif Retribusi Makam Sunan Muria Kudus

Jika anda berkunjung ke Makam Sunan Muria maka anda akan melewati pos retribusi yang dikelola oleh Pemerintah Daerah setempat. Untuk Tarif retribusi masuk makam Sunan Muria ini adalah sebesar 2000 rupah untuk sepeda motor dan 10.000 untuk kendaraan roda 4.

Foto Makam Sunan Muria di Kudus

Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah

Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah


Makam Sunan Muria di Kudus Jawa Tengah