Rabu, 02 Juli 2014

Keindahan Taman Nasional Tesso Nilo


Di Indonesia banyak terdapat Taman Nasional salah satunya adalah Taman Nasional Tesso Nilo. Taman Nasional Tesso Nilo terdapat di Jl. Raya Langgan KM 4, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Provinsi Riau -Kepulauan Sumatra. Taman Nasional Tesso Nilo ini diresmikan pada tanggal 19 Juli 2004. Yang memilki luas 38.576 hektar  dan sekarang diperluas menjadi 83.067 hektar. DiTaman Nasional Tesso Nilo terdapat banyak jenis flora dan fauna. Taman Nasional Tesso Nilo juga merupakan salah satu tempat tinggal dari 60 – 80 ekor gajah dan merupakan kawasan konservasi  gajah Sumatra. 

Keindahan Taman Nasional Tesso Nilo

Keindahan Taman Nasional Tesso Nilo merupakan bentang alam yang yang dialiri sunga tessi dan nilo. Tesso Nilo juga merupakan salah satu zamrud katulistiwa yang penuh pesona dengan keindahan dan keunikan hutan hujan tropis dataran rendah khas Pulau Sumatera, sebagai bagian jantung hutan tropis paparan sunda. Menurut Gilliso tempat wisata daerah ini memiliki kekayaan tumbuhan vaskular tertinggi di dunia, bahkan mengalahkan kawasan hutan-hutan lainnya termasuk hutan amazon. Disini juga ditawarkan berbagai macam wahana keluarga seperti  :

Keindahan Taman Nasional Tesso Nilo
  1. Elephant care, pada kegiatan ini pengunjung bisa ikut memberi makan pada gajah, meliat ketrampilan atau atraksi gajah dan memandikan gajah. Pengunjung bisa melakukan semual hal tersebut dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 1.200.000,- pergroup/8 jam (maksimal 6 orang)
  2. Safari gajah , safari ini diperuntuhkan bagi pengunjung dan anak - anak diatas 5 tahun. Disini pengunjung bisa naik gajah disekitar camp flying squad, waktu safari ini adalah 30 menit. Biaya yang harus dikeluarkan RP.500.000,- pergroup/1 jam (maksimal 6 orang)
  3. Sialang ecotour, disini pengunjung dapat melihat pohon sialang dan sarang lebah madu juga dapat meliat proses pengemasan madu hutan, tapi pengunjung tidak dapat melihat proses panen madunya. Dengan biaya Rp.500.000,- pergroup/ 3 jam.
  4. Susur sungai Nilo, pengunjung dapat menikmati sunai nilo dengan menggunakan pemompong. Susur sungai nilo dapat dilakukan dalam waktu 1 – 3 jam sesuai jarak yang ditempuh. Dengan biaya sewa pompong/klotok Rp. 250.000,- per orang/hari.
  5. Bersepada (Paddle tour), kegiatan ini diperuntuhkan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Taman Nasional Tesso Nilo di track tesso nilo dengan menggunakan sepeda. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan guide, tetapi disini tidak menyediakan sepeda. Biaya Rp. 100.000,- per group/3-4 jam.
  6. Ada kegiatan tambahan juga disini yaitu tarian tradional adat mlayu dan pencak silat.

Keindahan Taman Nasional Tesso Nilo

Demikian info yang bisa saya tulis diaktikel ini tentang Keindahan Taman Nasional Tesso Nilo. Selamat berkungjung dan menikmati wahana di Taman Nasional Tesso Nilo. 