Tempat Wisata Terindah

Tempat Wisata Terindah di berbagai daerah Indonesia yang wajib dikunjungi

Wisata Bono Sungai Kampar

Apa anda tahu apa itu Bono? Bono adalah gelombang yang biasanya terjadi dimuara sungai Kampar, Riau pertiwa ini terjadi akibat pertemuan arus sungai kelaut dan air laut kesungai karena pasang. Untuk para perselancar anda bisa bersencar di Bono Kampar ini. 

Wisata Bono Sungai Kampar

Menurut penduduk, wisata bono sungai kampar memiliki muara sungai tempat bono terjadi disebut penduduk sebagai kuala kampar memiliki ombak Bono yang dapat mencapai ketinggian 6-10 meter tergantung titik lokasi. Bono ini terdapat di dua tempat yaitu di muara sungai kampar dan muara sungai rokan. Karena gelombangnya yang kecil muara sungai rokan sering disebut "bono betina" sedangkan muara sungai Kampar disebut "bono jantan". Bono biasanya terjadi pada setiap tanggal 10-20 bulan Melayu pada tahun Arab biasanya masyarakat menyebutnya “Bulan Purnama”. Dan bono atau ombak terbesar biasanya terjadi pada tanggal 13-16 bulan Melayu tahun Arab atau pada musim penghujan.

Wisata Bono Sungai Kampar

Ombak Bono Tujuh Hantu, gulungan ombak  ini menurut cerita masyarakan setempat merupakan perwujudan dari tujuh penampakan hantu yang sering menghancurkan kapan atau sampan yang melintas di muara Kampar. Gulungan ombak tujuh hantu ini biasa terjadi pada satu titik pada muara Kampar. Sehingga masyarakat banyak yang takut untuk melewati atau menyebrang muara tersebut. Kecepatan gelombang ombak Bono mencapai 40 km/jam tetapi kecepatan dan kebesaran ombak bono tergantung dengan lokasinya dan gelombang yang terjadi biasanya akan berwarna putih dan coklat mengikut warna air Sungai Kampar.

Wisata Bono Sungai Kampar

Untuk sampai dilokasi tempat wisata daerah Ombak Bono bisa dilakukan dengan dua jalur yaitu jalur darat dan jalur air. Jika dengan jalur darat pengunjung berangkat dari kota Pekanbaru menuju ke Pangkalan Kerinci dengan tariff Rp. 25.000,-, lalu menuju Desa Teluk Marant dengan tarif RP. 50.00,-. Bisa ditempuh dalam waktu 5-6 jam. Jika melalui jalur air dari Pelabuhan Pangkalan Kerinci menuju Desa Teluk Meranti dengan menggunakan speedboad dalam waktu tempuh 4-5 jam serta biaya Rp.125.000/orang.

Selamat menikmati keindahan berselancar di tempat wisata Bono Sungai Kampar, tetapi anda harus hati – hati juga dengan gelombangnya. Terima kasih 

Popular Post