Tanah Toraja Negerinya Orang Mati

shares |

Tanah Toraja, dikenal sebagai Negerinya Orang Mati Yang Hidup. Tana Toraja dihuni oleh Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias.
Tanah Toraja Negerinya Orang Mati
Tanah Toraja memiliki banyak keunikan yang menarik para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata  Tanah Toraja Negerinya Orang Mati. Keunikan – keunikan tersebut diantaranya adalah terdapatnya. 
  • Buntu Kalando, merupakan tongkonan/rumah tempat Ruang Sangalla’ (Raja Sangalla’). Tempat ini merupakan tempat peristirahatan Puang Sangalla’ dan juga merupakan istana pemerintahan pada masa itu. Saat ini tongkongan ini dijadikan Museum penyimpanan benda – benda bersejarah kerajaan Sangalla’.
  • Pallawa, juga merupakan rumah adat yang sangat menarik di Tana Toraja ini, yang berda di antara pepohonan bambu di puncak bukit. Tongkongan ini didekorasi semenarik mungkin dengan sejumlah tanduk mkerbau di depan tongkonan.
  • Londa, merupakan bebatuan curam yang berada disis makam khas Tana Toraja. Salah satunya terletak di tempat yang tinggi dari bukit . terletak sekitar 5 Km kea rah selatan dari Rantepo.
  • Batu Tumonga, pada kawasan ini anda dapat menemukan sekitar 56 batu menhir di dalam satu lingkaran dengan empat pohon dibagian tengah. Ditempat ini anda juga bisa melihat keindahan Rantepoa dan lembah disekitar Batu Tumongoa.
  • Lemo, lemo ini yang menjadi keunikan Tana Toraja. Lemo merupakan Goa yang dijadikan kompleks pemakaman yang biasa disebut sebagai Rumah Para Arwah. dsini anda dapat melihat mayat yang disimpandi udara terbuka, di tengah bebatuan yang curam. Komplek pemakaman ini merupakan perpaduan antara kematian, seni dan ritual. Dan pada waktu tertentu pakaian dari mayat – mayat ini akan diganti dengan melakukan upacara Ma’Nene.
Tanah Toraja Negerinya Orang Mati
Selain kelima keunikan yang ada di tempat wisata daerah Tanah Toraja ini juga terdapat objek wisata yang mempesona di Desa Kete Kesu yaitu tongkonan, Lumbung padi dan juga bangunan megalitikum. Tanah Toraja menjadi salah satu tempat terindah di Indonesia yang menyimpan daya magis dalam kultur extravaganza Tana Toraja serta bebatuan megalitik Lore Lindu.

Sambil menelusuri tempat ritual yang terdapat pada wisata daerah Tanah Toraja Negerinya Orang Mati, anda bisa menikmati hidangan khas Tanah Toraja yang tersedia di restoran dan warung  yang terdapat di sepanjang jalan . Tapi kurang rasanya jika anda berkunjung ke Tanah Toraja tidak membeli souvenir atau oleh – oleh khas Tanah Toraja. Anda bisa belanja oleh – oleh khas tanah toraja di Pasar Tradisoinal Bolu, Rantepao.

Wisata Yang Berhubungan