Jumat, 24 Januari 2020

Inilah Jadwal Pasar Imlek 2020 di Pati

Inilah Jadwal Pasar Imlek 2020 di Pati, Tempat WIsata Daerah - Pada tanggal 25 Januari 2020 nanti warga Tiong Hoa akan merayakan Hari Raya Imlek 2571. Di Kabupaten Pati Jawa Tengah perayaan Imlek dilakukan dengan meriah. Yang menjadi agenda rutin perayaan Imlek di Pati adalah digelarnya Pasar Imlek yang berlokasi di sekitar Kelenteng Hok Tik Bio Pati. Pasar Imlek di Pati ini sudah 3 tahun tidak dilaksanakan atau vakum karena ada beberapa alasan. Tahun ini Pasar Imlek akan dilaksanakan dengan sangat meriah. Pasar Imlek Pati dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 26 Januari 2020 di sekitar Kelenteng Hok Tek Bio. Di Pasar Imlek Kabupaten Pati ini digelar berbagai kerajinan, pakaian dan juga beragai macam jajanan dan makanan. Menurut panitia Pasar Imlek Pati, ada sekitar 90 stand yang berpartisipasi dalam Pasar Imlek ini dari Pati sendiri dan juga sekitarnya.

Adanya Pasar Imlek ini sendiri tentunya sangat menyenangkan bagi warga Pati. Bagi pengunjung agenda tahunan ini bisa dijadikan sebagai ajang refreshing dan wisata kuliner yang sangat menghibur. Sedangkan bagi pedagang agenda ini dapat meningkatkan income mereka karena apabila mereka berjualan di event yang banyak pengunjung maka barang dagangan mereka pun akan bisa terjual laris.

Selain mengadakan Pasar Imlek, puncak perayaan Tahun Baru Imlek di Pati akan diadakan Kirab Budaya Tahun Baru Imlek yang dilaksanakan pada Hari Sabtu 25 Januari 2020 dimulai pukul 12.00 WIB. Di dalam Kirab ini akan didukung dengan kelompok kesenian dari Pati dan sekitarnya seperti Barongsai, berbagai tarian, Drum Band dll.  Untuk rute yang akan dilewati dalam Kirab Budaya Imlek di Pati ini adalah start dari Jalan Pemuda - Simpang Lima - Jalan Sudirman - Jalan Kyai Saleh - Jalan RA Kartini - Jalan Dr Wahidin, Jalan Tondonegoro - Jalan KH Ahmad Dahlan dan kemudian Finish di Kelenteng Hok Tik Bio.
Untuk lebih jelasnya mengenai Rute Kirab Imlek Kabupaten Pati ini bisa dilihat pada denah berikut ini :



rute kirab budaya imlek pati 2020

Menurut Ketua Kelenteng Hok Tik Bio Pati Eddy Siswanto Imlek tahun ini mengusung tema " Menyapa Bangsa Di Taman Hati Dengan Meneguhkan Persaudaraan Untuk Kemajuan NKRI). Dalam acara Perayaan Imlek di Pati ini juga dibagikan 2 ton kue keranjang yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Jauari pukul 14 WIB. Selain itu nantinya juga akan dilaksanakan santunan kepada anak yatim, doa lintas iman dll.

Perayaan Tahun Baru imlek pati 2020

Perayaan Tahun Baru imlek pati 2020


Suksesnya acara perayaan Imlek yang digelar di Pati tiap tahun ini dan juga besarnya animo masyarkaat dalam menghadiri pasar Imlek menunjukkan bahwa kehidupan toleransi antarumat beragama di Kabupaten Pati ini sudah sangat baik. Pengunjung pasar Imlek Pati ini tentunya bukan saja dari warga Tiong Hoa saja, namun juga banyak dari warga agama lainnya. Untuk itu jika anda inginmerasakan sensasi pasar Imlek di Pati anda dapat menghadiri acara Pasar Imlek dan juga Kirab Budaya dalam rangka memperingati Tahun baru Imlek di Kota Pati.